iklan

Siapa Bilang Anak Kos Tak Dapat Menabung? Ini Caranya

“Anak kos” yaitu sebutan bagi seseorang yang indekos atau tinggal di rumah orang lain untuk sementara waktu. Biasanya, anak kos yaitu mereka yang jauh dari orangtua alasannya yaitu harus melanjutkan pendidikan atau kuliah di kota yang berbeda.


Karena masih mengandalkan biaya kebutuhan harian dari orangtua, anak kos setiap bulan niscaya menerima sejumlah kiriman uang. Berapa pun jumlah kiriman tersebut, sering kali masalahnya yaitu selalu kurang atau tidak pernah cukup. Padahal, jikalau dihitung-hitung, uang tersebut kadang-kadang dipakai untuk hal-hal yang tidak penting atau kurang berfaedah.


Nah, alangkah baiknya jikalau anak kos juga berguru untuk menabung demi membentuk kebiasaan. Setelah terkumpul, uang tabungan tersebut pun sanggup dipakai untuk sesuatu yang bermanfaat.


Berikut beberapa tips menabung bagi anak kos yang sanggup kau terapkan:


 


1. Masak Sendiri Dijamin Lebih Hemat


Pada beberapa kos, tersedia dapur umum yang sanggup dipakai secara bersama-sama. Ini yaitu salah satu opsi bagi kau yang ingin berhemat dengan tidak terlalu sering jajan di luar. Jadi, kau sanggup berbelanja stok materi makanan di pasar, kemudian simpanlah di kulkas. Kemudian, kau sanggup memasaknya sesuai porsi yang diharapkan setiap hari.


Memasak nasi sendiri juga sanggup lebih hemat dibandingkan membeli. Kamu sanggup memakai taktik membeli lauk untuk satu hari, kemudian membaginya untuk dimakan pada pagi, siang, hingga malam hari. Tentu saja, kau harus sanggup melawan rasa bosan alasannya yaitu makan sajian yang sama berturut-turut.


2. Atur Pengeluaran Harian


Mengatur pengeluaran harian sepertinya belum menjadi budaya bagi sebagian besar anak kos. Pasalnya, uang selalu tiba setiap bulan tanpa harus bersusah-susah. Ini menciptakan impian untuk membelanjakan uang lebih besar dan gampang dibandingkan menabungnya.


Nah, mulai kini cobalah untuk melaksanakan pengelolaan yang baik dan teratur. Beli buku khusus untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran. Dengan catatan tersebut, kau pun akan lebih tahu ke mana saja uang tersebut digunakan.


Pada ketika mendapatkan kiriman dari orangtua, kau perlu terlebih dahulu merancang pengeluaran. Tentukan pos-pos pengeluaran yang harus dipenuhi, ibarat biaya kuliah, biaya untuk sehari-hari, biaya untuk bergaul, biaya lain-lain, dan pastinya porsi uang untuk ditabung.


3. Kurangi Jadwal Main ke Mal


Siapa sih yang tidak suka main ke mal? Tempatnya berhawa sejuk, penuh dengan lampu-lampu dan dekorasi menarik. Kamu juga sanggup berbelanja dan menikmati banyak sekali jenis masakan dalam satu area. Sambil nongkrong bersama sobat di kafe langganan, main ke mal telah menjadi gaya hidup anak muda masa sekarang.


Namun, tahukah kau jikalau sering mengunjungi mal berarti ada banyak godaan yang harus ditangkis. Misalnya, ketika melihat sepatu yang berbentuk “lucu” dan elok atau jaket yang keren, kau niscaya tidak akan sanggup menahan impian untuk membelinya. Mumpung di dompet masih ada uang atau kartu debit masih terisi penuh, kau pun pribadi memutuskan untuk membelinya.


Jika sudah begini, impian untuk menabung akan tersingkirkan dengan mudah. Nah, untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya jauhkan diri dari mal. Namun, sesekali bermain ke mal untuk melepaskan kepenatan pikiran gotong royong tidak apa-apa.


4. Pilih Nonton Film di Kamar daripada di Bioskop


Kesan yang dirasakan ketika menonton film di bioskop memang berbeda dengan ketika menonton di rumah sendiri. Di bioskop, ada sound system yang sangat mendukung. Suasana pun begitu ramai. Tentu kau akan lebih tertarik untuk menonton di bioskop.


Namun, tahukah kau bahwa film yang sama sanggup dinikmati dengan duduk santai di depan televisi atau monitor komputer? Kamu hanya perlu mengakses aplikasi penyedia film dan drama terbaru yang kini banyak tersedia. Dengan pilihan ini, kau sudah hemat sebanyak beberapa puluh ribu yang sedianya akan dipakai untuk membayar tiket, camilan, dan transportasi.


5. Selalu Bawa Bekal Air Minum Saat Beraktivitas di Luar Ruangan


Begitu pula jikalau kau bepergian ke kampus atau kawasan lain, selalu bawalah air minum sendiri semoga tidak perlu lagi membelinya. Jika dalam sehari kau seharusnya membeli 3 botol air kemasan, itu berarti kau sudah menghemat uamg cukup banyak. Tambahkan uang tersebut dalam tabunganmu.


6. Stop Membeli Barang Tak Berguna


Kamu mungkin bukan tipe orang yang absurd berbelanja. Namun, kadang-kadang kau membeli beberapa barang yang gotong royong tidak dibutuhkan. Hal ini tentu bukan kebiasaan yang baik alasannya yaitu hanya membuang-buang uang yang seharusnya sanggup dipakai untuk keperluan lain.


Triknya, sebelum membeli sebuah barang, lakukan analisis sederhana terlebih dahulu. Renungkan apakah kau benar-benar membutuhkan barang tersebut atau tidak? Jika ya, lihat juga apakah benda yang dibeli tersebut sesuai dengan kebutuhan (mulai dari ukuran, warna, model, dan sebagainya).


Jadi, sesudah membelinya, kau benar-benar puas menggunakannya dan tidak ditelantarkan begitu saja.


7. Buat Tabungan Khusus


Kamu ingin lebih fokus menabung? Caranya yaitu dengan menciptakan tabungan khusus. Saat ini, ada jenis tabungan yang minim biaya manajemen sehingga kau tidak perlu membayar mahal. Biasanya, jenis tabungan ini juga mempunyai fitur terbatas sehingga tidak sanggup dipakai untuk kebutuhan gesek tunai.


Cara mendapatkannya tidak sulit, kok. Kamu hanya perlu tiba ke bank terdekat dan membuka tabungan baru. Nah, dengan pembagian ini, uang tabungan tidak bercampur dengan uang untuk kebutuhan sehari-hari.


8. Beli Emas Sebagai Tabungan


Kalau kau malas ke bank untuk buka rekening khusus untuk menabung. Kamu sanggup coba beli emas di Tamasia. Caranya gampang dan dengan aplikasi Tamasia kau sanggup beli emas mulai dari Rp10.000,- saja.


Kelebihan dari menyimpan emas sebagai tabungan yaitu nilai emas yang populer tahan terhadap inflasi. Sehingga sesudah kau lulus dan tidak jadi anak kos lagi kau akan terkejut yang sudah berhasil kau kumpulkan.


Selain itu alasannya yaitu emas tidak ibarat tabungan bank yang ber ATM, maka kau akan kondusif dari banyak sekali godaan berbelanja.


9. Tabung Uang Receh


Cara terakhir yang tak kalah efektif yaitu selalu menabung uang receh yang kau terima sebagai kembalian. Uang receh, meskipun nilainya kecil, niscaya akan semakin banyak jikalau dikumpulkan dalam jangka waktu yang lama. Jadi, jangan hingga dibuang-buang, ya.


Nah, itu ia beberapa cara menabung ala anak kos yang sanggup kau coba praktikkan. Semoga berhasil.




Oh iya, sudah coba aplikasi Tamasia? Aplikasi ini cocok banget buat anak kos atau siapa saja yang ingin mempunyai emas dengan budget minim. Karena di Tamasia kau sanggup beli emas mulai dari Rp10.000,- saja. Yuk, cobain beli emas pribadi dari smartphone kamu. Download aplikasi Tamasia sekarang:


 yaitu sebutan bagi seseorang yang indekos atau tinggal di rumah orang lain untuk sementa Siapa Bilang Anak Kos Tak Bisa Menabung? Ini Caranya





Sumber https://www.tamasia.co.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Siapa Bilang Anak Kos Tak Dapat Menabung? Ini Caranya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel