iklan

Pasar Modal Istrumen Dan Mekanismenya

Pasar Modal Istrumen dan mekanismenya - Tahukah Anda, apakah pasar modal itu? Coba Anda perhatikan ilustrasi peta konsep berikut ini!


 Coba Anda perhatikan ilustrasi peta konsep berikut ini Pasar Modal Istrumen dan Mekanismenya


Bagaimana kesimpulan Anda mengenai gambar tersebut? Gambar di atas menawarkan alur acara antara pihak pembeli dan pihak penjual di bursa pengaruh atau pasar modal. Dapatkah Anda ceritakan lebih lanjut mengenai acara mereka? Apa saja instrumen dan prosedur yang ada di dalamnya? Untuk mengetahui lebih jelas, pelajarilah bahan dalam kepingan ini!?

Ade yaitu salah satu individu yang ikut memeriahkan perdagangan saham di bursa pengaruh Jakarta. Sudah kurang lebih 4 tahun Ade selalu mengikuti dan bertransaksi saham. Semua keputusan dilakukan oleh dirinya sendiri dengan mengandalkan isu yang dilihat, didengar, maupun dibacanya. Berdasarkan penuturannya, ia memperoleh laba yang jauh lebih besar daripada jikalau ia hanya menempatkan uangnya di deposito.

Walau pasar masih dalam keadaan yang berfluktuasi, Ade melihat kesempatan di sana. Bersamaan dengan diberikannya perpanjangan waktu pembayaran utang Indonesia oleh Paris Club dan disertai dengan semakin menguatnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Jakarta (BEJ) juga ikut terdongkrak. Ade memperoleh laba dari pergerakan saham waktu itu.

Ade merupakan individu yang melihat juga potensi jangka panjang dari beberapa saham unggulan serta ia juga melaksanakan transaksi jangka pendek untuk mendapat keuntungan. Rasa-rasanya dari dongeng Ade tadi, kita dapat menyimpulkan bahwa Ade termasuk individu yang beruntung bermain di bursa saham.

Lain lagi dengan Susan. Ia juga investor individu yang turut berinvestasi di bursa saham. Ia melihat banyak sekali kemungkinan mendapat laba dari berinvestasi di saham. Akan tetapi selama lebih dari 3 tahun bermain saham, ia merasa bahwa belum mendapat laba yang diinginkan alias merugi. Walau ia juga melaksanakan analisis sendiri serta mengikuti banyak sekali isu yang diberikan oleh para pakar investasi atau analisis profesional.

Jadi, mungkin timbul pertanyaan, bagaimana menyiasati berinvestasi pada saham? Apa untung dan ruginya berinvestasi di saham? Mengapa pasar modal atau bursa saham berkembang hampir di semua negara di dunia? Apa manfaat keberadaan pasar modal? Dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan seputar investasi saham dan keberadaan pasar modal, khususnya di Indonesia. Dengan mempelajari kepingan ini, Anda akan mengenal lebih terperinci perihal pasar modal beserta hal-hal yang terkait dengannya.

Sumber http://ekonomisku.blogspot.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pasar Modal Istrumen Dan Mekanismenya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel