iklan

Pengertian Komunikasi Bisnis Berdasarkan Para Hebat “Unsur Dan Jenisnya Lengkap”

Pengertian dan Unsur Komunikasi Bisnis Menurut Ahli 


Pengertian dan Unsur Komunikasi Bisnis Menurut Ahli  Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli “Unsur dan Jenisnya Lengkap”

AkuntansiLengkap.com – Kunci sukses perusahaan mencapai tujuan atau sasaran yang di rencanakan yaitu bentuk kerjasama seluruh bab di dalam perusahaan. Kerjasama yang baik yaitu hasil dari komunikasi administrasi yang baik pula, jadi komunikasi yaitu hal yang penting dalam sebuah usaha.

Komunikasi bisnis adalah pertukaran gagasan, pendapat, informasi dan aba-aba yang disampaikan untuk tujuan tertentu yang disajikan secara personal atau impersonal melalui simbol-simbol atau sinyal.

Stephen Covey, komunikasi yaitu keterampilan yang penting dalam hidup manusia. Yang terpenting dalam komunikasi bukan sekedar apa yang kita tuliskan atau yang kita katakan, tetapi abjad kita dan bagaimana cara kita memberikan pesan kepada peserta pesan.

Bagi peserta pesan pun tidak hanya sekedar mendengarkan setiap kalimat yang disampaikan melainkan juga membaca dan menilai perilaku kita.

Jadi boleh dikatakan syarat utama dalam komunikasi yang efektif yaitu abjad kokoh yang dibangun dari watak serta fondasi integritas yang kuat.

Tidak perduli seberapa berbakatnya seseorang, betapapun berhasilnya sebuah tim bahkan seberapa kuatnya perkara hukum, keberhasilan tidak akan diperoleh tanpa menguasai keterampilan komunikasi yang efektif.

Keterampilan melaksanakan komunikasi yang efektif sangat berperan besar dalam mendukung tercapainya tujuan dari sebuah aktivitas.

Untuk sanggup melaksanakan komunikasi yang baik maka kemampuan untuk menjadi pendengar yang baik, penyampai pesan yang baik serta keterampilan memakai aneka macam media atau alat audio visual merupakan bab yang sangat penting.

Unsur – Unsur Komunikasi Bisnis


Komunikasi bisnis mempunyai 6 unsur diantaranya:

1. Memiliki tujuan

Komunikasi bisnis harus mempunyai tujuan yang ditetapkan sebelumnya sejalan dengan tujuan organisasi yang ingin dicapai.

2. Pertukaran

Komunikasi melibatkan paling tidak dua orang atau lebih yaitu komunikator dan komunikan.

3. Gagasan, opini, informasi instruksi

Merupakan isi dari sebuah pesan yang bentuknya bermacam-macam tergantung dari tujuan, situasi maupun kondisinya.

4. Menggunakan susukan personal atau impersonal

Komunikasi dilakukan melalui korelasi personal / impersonal baik bersifat tatap muka maupun melalui media komunikasi tertentu yang sanggup menjangkau jutaan orang bersamaan.

5. Menggunakan simbol

Simbol atau sinyal dalam komunikasi merupakan alat atau metode yang sanggup dipahami oleh peserta untuk memberikan pesan.

6. Pencapaian organisasi

Karakteristik yang membedakan suatu organisasi dengan forum formal dari  informasi yaitu adanya tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya oleh manajemen.

Jenis Keterampilan Dasar Berkomunikasi


Agar sanggup membuatkan kemampuan dalam berkomunikasi secara efektif, baik secara personal bahkan professional paling tidak kita harus bisa menguasai empat jenis keterampilan dasar dalam berkomunikasi, diantaranya;

  • Berbicara 
  • Menulis
  • Membaca
  • Mendengar

Kita sadari atau tidak, setiap hari kira melaksanakan paling tidak salah satu dari keempat unsur tersebut diatas dengan lingkungan kita. Layaknya juga pernafasan, komunikasi sering dianggap sebagai tragedi yang otomatis dan terjadi begitu saja, sehingga seringkali kita kurang memperhatikan.

Mari mulai dari kini kita harus membiasakan melaksanakan komunikasi lebih baik lagi.

Baca Juga :


Sumber http://www.akuntansilengkap.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Komunikasi Bisnis Berdasarkan Para Hebat “Unsur Dan Jenisnya Lengkap”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel