iklan

8 Tips Perjuangan Ternak Kelinci Dan Analisa Usahanya

Peluang perjuangan ternak kelinci masih terbuka lebar, dan siapapun bisa memanfaatkannya termasuk Anda. Jika Anda tidak bisa memperkirakan berapa besar modal yang perlu disiapkan dan bagaimana cara perawatannya nanti, hening saja. Ada banyak tips perjuangan ternak kelinci dan analisa usahanya yang bisa Anda cari dari banyak sekali sumber menyerupai buku, majalah, internet dan lain-lain.

Tips Usaha Ternak Kelinci Bagi Pemula

Diantara tips perjuangan beternak kelinci yang dimaksud akan dipaparkan di bawah ini berikut dengan teladan analisa usahanya, antara lain.

  1. Buat sangkar dengan sistem petak atau ruangan saja, dimana untuk setiap ruang nanti bisa diisi dengan 2 ekor kelinci sekaligus, 1 ekor jantan dan 1 ekor lagi betina. Supaya tidak terlalu menghabiskan ruang, sebaiknya sangkar ini dibentuk dengan sistem tingkat, baik tingkat 2 ataupun tingkat 3 terserah Anda
  2. Pastikan bahwa lokasi sangkar kondusif dari kemungkinan kelinci dimangsa sejumlah binatang pengganggu menyerupai kucing
  3. Pilih indukan kelinci yang sesuai dengan sasaran pemasaran. Ini penting juga untuk diperhatikan supaya Anda tidak salah fokus dalam perawatan dan penjualannya nanti
  4. Kelinci yang hendak dijadikan indukan usahakan yang umurnya sudah lebih dari 5 bulan
  5. Guna menjaga kelinci semoga tidak gampang terjangkit penyakit, pastikan Anda membersihkan kandangnya setiap hari
  6. Upayakan untuk memberi makanan yang bervariasi setiap hari supaya kebutuhan nutrisi kelinci terpenuhi. Pakan yang dimaksud bisa berupa bungkil, dedak, kacang-kacangan, sawi, kangkung dan rumput. Berikan pakan-pakan tersebut secara bergantian supaya kelinci tidak bosan dengan sajian sehari-harinya
  7. Jika rerumputan sulit didapat, Anda bisa memperlihatkan pakan lain berupa pellet yang khusus untuk kelinci. Selain dijadikan sebagai makanan pengganti, Anda juga bisa mengakibatkan pellet sebagai makanan tambahan
  8. Untuk proses mengawinkan kelinci, Anda bisa melakukannya baik secara berkelompok maupun secara berpasangan. Cara berkelompok, Anda bisa memasukkan beberapa ekor kelinci betina dan seekor kelinci jantan dalam 1 kandang.  Untuk satu ekor kelinci jantan bisa mengawini antara 5 hingga 10 ekor kelinci betina.

Sementara untuk cara yang berpasangan, Anda bisa melakukannya dengan memasukkan satu kelinci jantan dan satu kelinci betina dalam 1 kandang. Setelah itu, amati apakah perkawinan bisa berlangsung atau tidak, Jika ternyata tidak, ini berarti mereka itu tidak cocok sehingga harus diganti pasangannya.

Baca juga : Tips perjuangan ternak ayam kampung yang menghasilkan

Analisa Modal Usaha Ternak Kelinci

Dalam analisa perjuangan ternak kelinci, tentunya Anda perlu memasukkan harga-harga yang berlaku ketika itu di kawasan Anda guna mendapat citra berapa tepatnya biaya yang diharapkan untuk membangun perjuangan ternak kelinci. Untuk perhitungannya sendiri, ambil teladan sebagai berikut.

Besarnya Investasi

  • Kelinci jantan sebanyak 5 ekor@Rp 250.000 x 5   = Rp 750.000
  • Kelinci betina sebanyak 30 ekor@Rp 250.000 x 30  = Rp 7.500.000
  • Pembuatan sangkar = Rp 3.500.000

Besarnya Biaya untuk Pakan Kelinci

  • Vitamin = Rp 500.000
  • Tempat makan dan minum= Rp 700.000
  • Pakan hijau sebanyak 15 karung x @Rp 5.000 x 12 bulan= Rp 900.000
  • Pap sebanyak 20 kg x @Rp 5.000 x 12 bulan= Rp 1.200.000
  • Polar sebanyak 60 kg x @Rp 2.700 x 12 bulan = Rp 1.944.000
  • Kebutuhan lainnya= Rp 400.000

Total investasi + biaya pakan kelinci= Rp 17.394.000

Sekarang kita asumsikan kelinci melahirkan sebanyak 7 kali dalam setahun, dan sekali melahirkan ada 8 ekor. Maka perhitungannya yaitu sebagai berikut.

  • 30 kelinci betina x melahirkan 7 kali x 8 ekor kelinci = 1.680 ekor
  • Tiap ekor kelinci usia 1,5 bulan apabila dijual harganya Rp 30.000, maka 1.680 x Rp 30.000 = Rp 50.400.000
  • Keuntungan = pendapatan – biaya investasi = Rp 50.400.000 – 17.394.000 = Rp 33.006.000

Sekali lagi, harga-harga yang tertera di atas hanya teladan saja. Harga bisa saja berbeda dengan di tempat Anda, karenanya penting untuk Anda melaksanakan observasi terlebih dahulu sebelum menciptakan analisa perjuangan ternak kelinci.

Baca juga : Tips perjuangan ternak belibis petelur

Persiapan Memulai Usaha Ternak Kelinci

Selain perlu mempelajari tips perjuangan ternak kelinci dan analisa usahanya seperti di atas, ada beberapa hal lain yang juga wajib Anda perhatikan sebelum membangun perjuangan ini. Yang pertama ialah pahami jenis-jenis kelinci. Dengan Anda memahami jenis-jenis kelinci, Anda nanti bisa lebih gampang menentukan hendak beternak jenis yang mana.

Karena jenis kelinci yang untuk hias itu berbeda dengan jenis kelinci pedaging ataupun kelinci yang bisa dimanfaatkan bulunya. Nah, selain perlu memahami jenis-jenis kelinci, Anda juga perlu mengetahui jenis-jenis sangkar yang bisa dijadikan sebagai tempat hidup kelinci. Umumnya, jenis sangkar kelinci ada tiga, yaitu sistem terbuka, tipe postal dan tipe baterai.

Selanjutnya, Anda juga perlu mengenai ciri-ciri kelinci betina yang sudah siap kawin supaya Anda tidak asal dalam mengawinkan binatang ternak satu ini. Diantara ciri kelinci betina yang sudah siap kawin ialah vulvanya tampak basak dan berwarna kemerahan, tampak gelisah menyerupai selalu mencari pejantan dan suka menggosokkan bab dagunya pada benda atau kelinci lain yang ada di dekatnya.

Tak kalah penting lagi, Anda juga perlu mengetahui sejumlah penyakit yang biasa menghampiri kelinci. Anda juga harus peka terhadap kelinci yang sakit dan segera mengarantinya kemudian bawa ke dokter supaya penyakitnya tersebut tidak menular pada kelinci yang lain.

Menjalankan perjuangan ternak kelinci memang tidak mudah. Diperlukan kesabaran dan ketelatenan dalam menekuninya. Tapi, kalau mengingat alhasil yang cukup menggiurkan, tak ada salahnya kalau Anda menentukan perjuangan ini untuk dijalankan. Siapa tahu dari sinilah kesuksesan finansial bisa Anda capai.


Sumber http://www.akuntansilengkap.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "8 Tips Perjuangan Ternak Kelinci Dan Analisa Usahanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel