Membuat Drop List Data Validasi Pada Microsoft Excel
Dalam setiap aplikasi yang kita gunakan bergotong-royong sudah tersedia fitur atau panduan yang diberikan oleh pembuat aplikasi tersebut. Permasalahannya maukah kita menggali atau mencari tahu aplikasi yang kita gunakan ? Jawabannya tentu ada dari masing-masing pengguna aplikasi sendiri. Apakah mereka tipe yang ingin tahu lebih dalam atau cukup mengetahui dasar-dasarnya saja. Sebenarnya bila kita ingin mengetahui lebih dalam mengenai aplikasi yang kita gunakan, kita sanggup memakai hidangan dukungan (help), alasannya yaitu setiap aplikasi selalu menyediakan hidangan dukungan tersebut untuk memudahkan penggunanya. Lalu timbul permasalahan baru, bagaimana kita sanggup memahami hidangan dukungan bila kita kurang memahami bahasa inggris. Jika anda mengalami hambatan dalam hal tersebut, mungkin saatnya anda memakai dukungan google, yahoo, bing atau search engine lainnya.
Sesuai judul dari posting saya kali ini mengenai menciptakan daftar data validasi pada excel, mungkin sekilas tersirat dalam benak bahwa kita harus memahami macro atau visual basic. Sebenarnya tidak demikian, alasannya yaitu daftar data validasi yang saya maksudkan yaitu suatu fungsi yang dipakai sebagai kumpulan data-data yang telah kita buat. Dan untuk mempermudahnya kita sanggup menciptakan daftar data validasi, biar nama yang akan kita masukan tidak perlu dibentuk gres dikarenakan telah berbentuk drop list dan juga menghindari kesalahan dalam penulisan.
1. Mempunyai daftar / data yang akan dijadikan sebagai referensi.
2. Dalam penyusunan daftar sebaiknya memakai arahan unik. Kode unik ini berfungsi untuk menghindari duplikasi data. Kaprikornus bila dalam daftar diasumsikan terdapat nama yang sama tetapi detail berbeda, maka hasil dari daftar validasi akan menampilkan hasil yang berbeda.
Jika anda daftar yang akan dijadikan dasar dalam bentuk angka maka angka tersebut harus mengacu kepada angka terbesar. Misalkan seluruh data yang ada yaitu 102 maka untuk angka satuan ditulis dengan 001, untuk puluhan ditulis 015 sehingga bila diurutkan maka angka-angka tersebut mempunyai 3 digit.
Jika data yang disajikan dalam bentuk nama menyerupai nama maka penyusunan nama harus menurut alphabet.
Berikut cara menciptakan drop list sebagai daftar Data Validasi pada microsoft excel 2013 yang sanggup dilihat pada screen shoot yang saya asumsikan saat kita akan menciptakan sebuah invoice dan misalnya sanggup dilihat pada lingkar warna merah menyerupai di bawah ini :
Data Validasi dengan nama KONSUMEN B yaitu merupakan daftar yang diambil dari DAFTAR NAMA PEMBELI menyerupai pada tabel disampingnya. Sedangkan alamat yang saya highlight berwarna orange merupakan informasi dari alamat KONSUMEN B. Untuk sanggup menghasilkan alamat sesuai dengan daftar nama pembeli anda sanggup : Menggunakan Rumus Vlookup
Sedangkan untuk memunculkan hidangan Drop List langkah yang sanggup anda lakukan yaitu dengan masuk ke hidangan Data --> Data Validation (A) sampai nantinya akan keluar hidangan Data Validation (B), yang sanggup anda lihat tampilannya menyerupai di bawah ini :
Setelah keluar Menu Data Validation anda pilih "LIST" yang tampil pada no 1, selanjutnya anda sanggup menentukan sumber yang tampil pada no 2 dengan memasukan range dari daftar Nama Pembeli (=$C$5:$C$8).
Daftar nama pembeli sanggup juga anda simpan pada lembar lain, tetapi dengan catatan bila anda menyimpan pada lembar lain, anda harus merubah juga sumber data pada hidangan data validasi.
Dengan menciptakan hidangan drop list di excel ini kita tidak perlu lagi menginput nama pembeli maupun alamat pembeli kedalam sebuah invoice. Sedangkan untuk angka terbilang anda sanggup memakai rumus :
Fungsi Terbilang Sumber http://berbagi73.blogspot.com
Sesuai judul dari posting saya kali ini mengenai menciptakan daftar data validasi pada excel, mungkin sekilas tersirat dalam benak bahwa kita harus memahami macro atau visual basic. Sebenarnya tidak demikian, alasannya yaitu daftar data validasi yang saya maksudkan yaitu suatu fungsi yang dipakai sebagai kumpulan data-data yang telah kita buat. Dan untuk mempermudahnya kita sanggup menciptakan daftar data validasi, biar nama yang akan kita masukan tidak perlu dibentuk gres dikarenakan telah berbentuk drop list dan juga menghindari kesalahan dalam penulisan.
Hal yang perlu diperhatikan dalam menciptakan hidangan drop down list data validasi pada Microsoft Excel 2013 :
1. Mempunyai daftar / data yang akan dijadikan sebagai referensi.
2. Dalam penyusunan daftar sebaiknya memakai arahan unik. Kode unik ini berfungsi untuk menghindari duplikasi data. Kaprikornus bila dalam daftar diasumsikan terdapat nama yang sama tetapi detail berbeda, maka hasil dari daftar validasi akan menampilkan hasil yang berbeda.
Jika anda daftar yang akan dijadikan dasar dalam bentuk angka maka angka tersebut harus mengacu kepada angka terbesar. Misalkan seluruh data yang ada yaitu 102 maka untuk angka satuan ditulis dengan 001, untuk puluhan ditulis 015 sehingga bila diurutkan maka angka-angka tersebut mempunyai 3 digit.
Jika data yang disajikan dalam bentuk nama menyerupai nama maka penyusunan nama harus menurut alphabet.
Berikut cara menciptakan drop list sebagai daftar Data Validasi pada microsoft excel 2013 yang sanggup dilihat pada screen shoot yang saya asumsikan saat kita akan menciptakan sebuah invoice dan misalnya sanggup dilihat pada lingkar warna merah menyerupai di bawah ini :
Data Validasi dengan nama KONSUMEN B yaitu merupakan daftar yang diambil dari DAFTAR NAMA PEMBELI menyerupai pada tabel disampingnya. Sedangkan alamat yang saya highlight berwarna orange merupakan informasi dari alamat KONSUMEN B. Untuk sanggup menghasilkan alamat sesuai dengan daftar nama pembeli anda sanggup : Menggunakan Rumus Vlookup
Sedangkan untuk memunculkan hidangan Drop List langkah yang sanggup anda lakukan yaitu dengan masuk ke hidangan Data --> Data Validation (A) sampai nantinya akan keluar hidangan Data Validation (B), yang sanggup anda lihat tampilannya menyerupai di bawah ini :
Setelah keluar Menu Data Validation anda pilih "LIST" yang tampil pada no 1, selanjutnya anda sanggup menentukan sumber yang tampil pada no 2 dengan memasukan range dari daftar Nama Pembeli (=$C$5:$C$8).
Daftar nama pembeli sanggup juga anda simpan pada lembar lain, tetapi dengan catatan bila anda menyimpan pada lembar lain, anda harus merubah juga sumber data pada hidangan data validasi.
Dengan menciptakan hidangan drop list di excel ini kita tidak perlu lagi menginput nama pembeli maupun alamat pembeli kedalam sebuah invoice. Sedangkan untuk angka terbilang anda sanggup memakai rumus :
Fungsi Terbilang Sumber http://berbagi73.blogspot.com
0 Response to "Membuat Drop List Data Validasi Pada Microsoft Excel"
Posting Komentar