iklan

Power Query Untuk Mencetak Lembar Kerja


Dalam suatu table aplikasi Ms Excel kadang kita mempunyai sebuah table dimana banyaknya data baik kolom maupun baris. Yang dimaksud banyaknya data maupun baris disini ialah bagi mereka yang sering memakai kolom pemberian dalam suatu perhitungan untuk sanggup menghasilkan perhitungan yang diinginkan.

Namun dari tabel yang kita miliki tersebut mustahil untuk kita cetak alasannya ialah banyaknya kolom bantu yang kita gunakan, sehingga kita harus menyembunyikan kolom-kolom tersebut supaya hasil cetak yang kita inginkan sanggup masuk dalam lembar kerja.

Dalam menyembunyikan kolom-kolom kadang kita harus memperlihatkan tanda kolom mana saja  yang akan kita sembunyikan. Hal ini harus kita ingat, alasannya ialah suatu waktu niscaya kita akan membuka kolom-kolom tersebut untuk merevisi perhitungan-perhitungan dalam kolom bantu. Pada bab inilah yang akan menambah waktu kita ketika akan mencetak kembali tabel tersebut, alasannya ialah kita harus membuka kolom yang disembunyikan dan menyembunyikan kembali kolom bantu tersebut untuk mencetaknya.

Dengan keadaan tersebut saya mencoba beberapa langkah alternatif dengan menghubungkan tabel tersebut ke lembar kerja lain (misalkan dari Sheet1 dihubungkan ke sheet2). Hal ini memang cukup membantu dalam mencetak lembar kerja tersebut. Namun timbul problem gres dimana dalam tabel tersebut ada beberapa baris yang tidak perlu dicetak, sedangkan kalau saya mencetak sheet2 tersebut maka saya harus menyembunyikan kembali baris-baris yang tidak dicetak dan pemberian nomor harus diurutkan kembali.

Setelah mencari beberapa rujukan kesudahannya saya menemukan cara, yang berdasarkan saya cara tersebut efektif yaitu dengan memakai add in Power Query. Saat ini saya mencoba menyebarkan dalam memakai add in tersebut. Dimana saya memperlihatkan pola tabel tersebut sebagai perumpamaan, kalau terdapat tabel yang tidak perlu dicetak baik kolom maupun barisnya.


Langkah memakai Power Query di excel

1. Anda harus mend0wnl0ad add in Power Query sesuai dengan versi Microsoft Excel anda apakah 32 bit ataukah 64 bit.
2. Setelah add in anda terinstall di Microsoft Excel anda maka buka file anda.
3. Short / Highlight seluruh table yang akan anda konfigurasikan dalam Power Query.
4. Pilih sajian Power Query --> from table yang akan masuk ke power query
5. Anda akan masuk ke Power Query (ikuti angkah-langkah menyerupai gambar di diatas) :
a. Lakukan unpivot Coloums dari sajian Transform
b. Lakukan Added index Column From 1 dari sajian Add Column
c. Reorder column ialah dengan menggeser index ke kolom pertama yang berfungsi sebagai untuk mengurutkan kembali nomor bilamana ada no baris yang dihapus, menyerupai no 7 dan 12 dalam contoh.
d. Remove columns yang berfungsi untuk menghapus kolom yang tidak akan dicetak.

Change type berfungsi untuk merubah format kolom. Disini saya gunakan untuk merubah format tanggal.
Sehingga hasil selesai dari tabel power query ialah :


Dari hasil tersebut akan menghasilkan pada sheet gres dalam Microsoft Excel anda, dimana anda tinggal klik kanan pada tabel di sheet2 tersebut dan pilih refresh, maka tabel akan menghasilkan apa yang telah konfigurasikan. Semoga sanggup bermanfaat bagi anda.
Sumber http://berbagi73.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Power Query Untuk Mencetak Lembar Kerja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel