iklan

Fungsi Mid Pada Excel Untuk Mengisi Form Kosong

Selamat bertemu kembali dalam postingan aku yang pada kesempatan ini aku akan membahas mengenai fungsi atau rumus excel dengan kategori text. Bagi mereka yang pernah mengunduh suatu form dan form tersebut berbentuk kotak kosong yang harus diisi dengan aksara satu persatu tentunya akan menjengkelkan berdasarkan saya. Karena kalau form tersebut hanya diisi untuk satu orang tentu tidak menjadi masalah, namun bagaimana kalau pengisian form tersebut untuk jumlah diatas sepuluh atau lebih. Tentunya hal tersebut akan banyak memakan waktu, dan ada kemungkinan terjadi kesalahan alasannya secara tidak eksklusif kita harus mengeja suku kata dari huruf-huruf yang telah kita input kedalam kolom-kolom kosong tersebut.

Untuk sanggup menghemat waktu maka kita sanggup dapat memakai santunan rumus excel dengan kategori text yaitu MID. Bagi mereka yang mengenal rumus ini mungkin tidaklah terlalu sulit alasannya hanya permainan aksara ke 1, 2, 3 dan jumlah aksara yang akan diterapkan pada kolom tersebut. Namun disini aku sedikit menggabungkan rumus MID tersebut dengan Data Validadation, Table Array, dan Vlookup. Mengapa aku menggabungkan rumus-rumus tersebut ? apakah tidak akan menjadi lebih sulit ? Menurut aku mungkin hanya awalnya saja kita akan mengalami kesulitan alasannya kita harus mencoba apakah rumus tersebut telah benar diterapkan.
Sebelum menggabungkan rumus-rumus tersebut, anda sanggup melihat gambar yang aku beri nama “MASTER DATA” dan “FORM”.
Pada Master Data terdapat No, Nama, Alamat1, Alamat2 dan No.Telp, dimana tabel tersebut akan kita isikan kedalam Form yang berbentuk kotak-kotak kosong. Jika anda perhatikan pada Master Data aku memberi 2 kolom tabel dengan nama Alamat1 dan Alamat2, alasannya pada Form bab Alamat terdapat 2 baris dalam pengisiannya.
Untuk tahap selanjutnya maka anda harus menciptakan terlebih dahulu :
1. Data Validation yang ditunjukkan pada cell yang berwarna merah dengan angka 1.
2. Table Array yang berisikan data dalam master data dengan cara menyerupai yang pernah aku posting sebelumnya.
3. Vlookup sebagai eksperimen kalau tabel array telah benar dibentuk dengan cara menerapkan rumus vlookup di sembarang cell.

Sebagai contoh, tabel array aku beri nama “form1” dan untuk sanggup menerapkannya pada rumus vlookup maka aku mengarahkannya ke cell data validation yang berada pada cell Z2 alasannya aku menerapkan data validation tersebut pada cell Z2. Agar cell dari data validation tersebut tidak berubah maka aku kunci cell tersebut dengan $Z$2 (tekan tombol F4).
Sehingga kalau kita menciptakan rumus vlookup dengan $Z$2 berisi angka 1 maka :
=VLOOKUP($Z$2;form1;2) maka akan menghasilkan “AGUS”
=VLOOKUP($Z$2;form1;3) maka akan menghasilkan “JL.ARIA JIPANG NO.8”
=VLOOKUP($Z$2;form1;4) maka akan menghasilkan “CIREBON”
=VLOOKUP($Z$2;form1;5) maka akan menghasilkan “081221836786”

Setelah benar rumus Vlookup tersebut, maka anda sanggup menggabungkannya dengan fungsi MID. Fungsi MID disini intinya ialah mengambil aksara ke... dengan jumlah aksara yang diinginkan. Kaprikornus kalau dalam form tersebut berisi kotak kosong yang harus terisi dengan 1 aksara maka anda sanggup menerapkan rumus =MID(cell,1,1) untuk aksara pertama, =MID(cell,2,1) untuk aksara kedua, =MID(cell,3,1) untuk aksara ketiga dan seterusnya. Sehingga kalau akan kita gabungkan menjadi satu maka anda sanggup memakai rumus pada bab Nama :
=MID(VLOOKUP($Z$2;form1;2);1;1) yang akan menghasilkan A
=MID(VLOOKUP($Z$2;form1;2);2;1) yang akan menghasilkan G
=MID(VLOOKUP($Z$2;form1;2);3;1) yang akan menghasilkan U
=MID(VLOOKUP($Z$2;form1;2);4;1) yang akan menghasilkan S

Jika berhasil maka anda sanggup menerapkannya pada bab Alamat1, Alamat2 dan No Telp, dimana aku asumsikan untuk pengisian rumus tersebut sesuai warna yang telah aku buat. Panduan tersebut sanggup anda sesuaikan dengan cell atau tabel yang anda buat sendiri pada file kerja anda. Itulah cara Fungsi MID Pada Excel Untuk Mengisi Form Kosong, yang sanggup anda terapkan.

Sumber http://berbagi73.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Fungsi Mid Pada Excel Untuk Mengisi Form Kosong"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel