iklan

Beberapa Hal Yang Perlu Diketahui Menciptakan File Csv

Untuk convert excel ke csv comma delimited, ada beberapa hal yang perlu diketahui menyerupai :
1. Format kolom yang akan digunakan.
Biasanya setiap aplikasi yang menyediakan fungsi uploader, biasanya mempunyai format file dalam bentuk excel yang nantinya sanggup disimpan dalam format csv.

2. Berapa maksimal karakter dalam suatu kolom. Maksudnya dikala anda akan mengisi kolom dari format yang ada, anda harus mengetahui berapa jumlah huruf maksimal semoga data valid. Anda sanggup memakai fungsi / rumus len untuk menghitung jumlah karakter.

3. Jika data yang diinput ke dalam format excel dan dalam bentuk angka yang diawali dengan nilai 0 maka gunakan tanda baca petik (').

4. Regional setting dari system komputer yang sedang anda gunakan. (Indonesia atau United States).

Karena regional ini akan menghipnotis dalam hal tanda batas setiap data yang ada yang biasanya ditandai dengan "koma" untuk regional setting United States dan "titik koma" untuk regional setting Indonesia. Sehingga kita harus mengetahui aplikasi uploadernya memakai format regional yang mana.

5. Setelah file csv terbentuk buka terlebih dahulu file csv tersebut. Perhatikan baris paling selesai pada text di dalamnya. Jika terdapat tanda "koma" atau "titik koma" yang berurut ke bawah tanpa disertai dengan data pada baris akhir, hapus tanda baca tersebut.

File csv ini biasanya dipakai untuk menampung beberapa data dengan format text yang akan dipakai untuk diupload ke dalam uploader menyerupai :
1. Transaksi pembayaran melalui internet banking yang biasa dikenal dengan bulk transfer. Sehingga dengan cara ini maka transfer tidak perlu dilakukan satu persatu. Karena semua data sudah terkumpul pada file csv tersebut.
2. File csv yang dipakai untuk pelaporan data perpajakan, dengan cara mengupload file csv yang telah dibentuk dengan format yang ada.
3. Mengupload file csv ke data kontak smartphone, kontak email.
4. Menggabungkan beberapa sheet excel menjadi satu sheet dengan syarat mempunyai format yang sama. Cara ini biasanya dengan memakai perintah command prompt (DOS).

File csv banyak dipakai sebagai file yang cukup efektif sebab file tersebut mempunyai ukuran yang kecil sebab formatnya berkembang menjadi text dan terhindar dari serangan virus.
Itulah beberapa hal yang perlu diketahui dalam menciptakan file CSV.
Sumber http://berbagi73.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Beberapa Hal Yang Perlu Diketahui Menciptakan File Csv"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel