iklan

Tujuan Dan Manfaat Komunikasi Bisnis

 Artikel sebelumnya sudah membahas mengenai pengertian dan unsur komunikasi Tujuan dan Manfaat Komunikasi Bisnis

AkuntansiLengkap.com – Artikel sebelumnya sudah membahas mengenai pengertian dan unsur komunikasi. Artikel kali ini akan diuraikan tujuan dan manfaat dari komunikasi bisnis.

Komunikasi bisnis yaitu komunikasi yang diterapkan pada dunia bisnis semenjak didirikannya bisnis tersebut hingga perkembangan yang meliputi seluruh permasalahannya.

Tujuan Komunikasi Bisnis


Tujuan komunikasi bisnis sanggup digolongkan menjadi tiga yaitu;

1. Menginformasikan ( Informing)

Komunikasi bertujuan  memberikan Informasi yang berkaitan dengan dunia bisnis bagi pihak lain , menyerupai pimpinan perusahaan ingin mendapat pegawai gres yang kompeten maka ia akn memasang sebuah iklan melalui media baik cetak maupun elektronik.

Setiap media niscaya mempunyai kelebihan dan kekurangan dilihat melalui jangkauan biayanya, untuk itu harus dicermati dalam menentukan iklan sesuai kebijakan maupun kemampuan internal perusahaan tersebut.

2. Melakukan Persuasi (persuasion)

Komunikasi ini bertujuan untuk menunjukkan persuasi kepada pihak lain semoga sesuatu yang disampaikan sanggup dipahami dengan baik, terutama dalam hal kekerabatan dengan penegasan konfirmasi pemesanan pelanggan atau perundingan semoga setiap pihak mendapat manfaat dan tidak ada yang merasa dirugikan.

3. Kolaborasi (Collaborating)

komunikasi ini bertujuan melaksanakan kerja sama (kerjasama) bisnis dengan pihak lain. Bila komunikasi bisnis baik maka acara bisnis sanggup berjalan dengan baik pula.

Teknologi yang berkembang ketika ini bisa mendukung dan mempererat komunikasi dan kerjasama bisnis.

Selain itu tujuan bisnis juga sanggup digolongkan menjadi dua tujuan umum dan tujuan khusus :

1. Tujuan umum komunikasi bisnis yakni mendukung tujuan bisnis supaya lebih efektif dan efisien guna memperbaiki pengelolaan bisnis.

2. Tujuan khusus komunikasi bisnis yaitu membuat interaksi / kekerabatan antara perusahaan dengan konsumen, pemerintah, sesama dunia perjuangan serta dengan lingkungan semoga tercipta kekerabatan baik yang sanggup meningkatkan pertumbuhan bisnis.

Manfaat Komunikasi Bisnis


Manfaat dari komunikasi bisnis terbagi menjadi dua, manfaat internal dan manfaat eksternal.

1. Manfaat Internal

Komunikasi yang efektif di dalam perusahaan sanggup menunjang karir administrator perusahaan. beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam mempromosikan suatu jenjang karir administrator supaya proses komunikasi berjalan dengan baik yaitu:

  • Kemampuan manajemen
  • Memiliki ambisi untuk maju
  • Kepercayaan diri
  • Kemampuan bekerja keras
  • Kemampuan mengambil keputusan yang tepat
  • Latar belakang akademis
  • Kemampuan berkomunikasi efektif
  • Berpenampilan menarik

2. Manfaat Eksternal

Menjalin komunikasi bisnis yang baik dengan pihak ketiga akan berdampak konkret dengan keberhasilan bisnis dan upaya membangun gambaran perusahaan di mata masyarkat.

Komunikasi bisnis yang baik tentu akan membawa dampak baik bagi peningkatan keberhasilan bisnis perusahaan. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat. Terimakasih 🙂

Baca Juga :

 


Sumber http://www.akuntansilengkap.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tujuan Dan Manfaat Komunikasi Bisnis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel