iklan

✔ 7 Referensi Perjuangan Modal Pas-Pasan Yang Menjanjikan/Menguntungkan

Ada banyak pola usaha kecil-kecilan yang menjanjikan dengan modal yang pas-pasan yang bisa sukses menghasilkan untung besar.Anda hanya perlu tahu cara dan jenis bisnis apa ketika mulai mencari peluang untuk ber wiraswasta.

Untuk anda yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga atau mungkin masih remaja,ada banyak sekali bisnis rumahan dengan hanya modal yang kecil dan bisa dilakukan walaupun anda bertempat tinggal di desa.Berikut ini beberapa misalnya untuk anda.

7 Contoh dan Jenis Usaha atau Bisnis yang Menjanjikan Untung Besar

 



kecilan yang menjanjikan dengan modal yang pas ✔ 7 Contoh Usaha Modal Pas-Pasan yang Menjanjikan/Menguntungkan

 

Jika anda ingin membicarakan sebuah bisnis,tentunya anda harus memikirkanya dengan baik dan matang sebelum terjun dan menekuninya.Karena bila anda hanya bermodal nekad saja,hasilnya juga akan " tergantung hoki " saja.
Bisnis tidak akan lepas dengan yang namanya wirausaha,karena memang inilah salah satu jalan yang paling terkenal bila anda ingin mempunyai dan mendapat banyak uang.


Pengertian Wirausaha

Menurut ekonomis saya wirausaha yaitu suatu bentuk usaha atau bisnis yang tidak bergantung ke pada orang lain,di mana kita sendiri yang berperan penuh dalam usaha tersebut.Walaupun bisnis ini sangat menjanjikan,tetapi seolah olah menjadi momok yang kurang menarik di karenakan beberapa orang yang mulai berfikir bahwa kalau membuka usaha,akan terbentur dengan yang namanya MODAL.

Selain itu,ada beberapa duduk kasus atau hambatan yang menciptakan seseorang mengurungkan niatanya untuk menjadi wirausahawan,yaitu :
  • Modal ( sudah saya katakan diatas )
  • Tidak punya tempat atau lahan usaha
  • Takut gulung tikar duluan
  • Takut tidak laku
  • Bingung nanti mengelolanya bagaimana
  • Dan masih banyak lagi

Modal besar? benarkah?

Jika anda memang ingin menciptakan bisnis yang besar,mau tidak mau memang harus mengeluarkan biaya atau modalnya juga harus besar.Anda " JANGAN " terlalu memaksakan diri bila memang kemampuan anda belum memungkinkan.

Masih banyak usaha yang modalnya kecil tetapi bisa menghasilkan jumlah uang yang banyak.Ingat baik-baik " pebisnis itu orang yang bisa menciptakan peluang kecil menjadi laba yang besar ",bukan orang yang ingin memulai semuanya dengan besar,tetapi hasil kesudahannya malah kecil.


Tidak punya lahan?

Anda bisa mengakali permasalahan ini dengan memanfaatkan tempat tinggal anda sebagai lahan bisnis anda.

Saya mencar ilmu dari orang " TIONGHOA " yang ada di sekitar kota saya.Jika saya perhatikan,banyak sekali bahkan sebagian besar dari mereka menciptakan tempat usaha " yang menyatu " dengan tempat tinggal.Kenapa? Apa lantaran mereka tidak bisa membeli rumah? Jawabanya " BUKAN "!

Usahanya saja laku sekali dan bear pula,mana mungkin tidak bisa beli tempat tinggal.

Mereka melaksanakan itu bukan tanpa alasan dan sebab.Dan tahukah anda apa alasanya ?
  • Menghemat biaya pengeluaran
  • Menghemat biaya transportasi
  • Bisa lebih merasa kondusif ( tidak was-was kecurian )
  • Bisa menjaga barang dagangan mereka langsung
  • Menghemat biaya " kemudahan " ( listrik,air,dll )

Takut tidak laku? Takut bangkrut?

Fikiran menyerupai itu sangat masuk akal dan lumrah sekali.Tetapi itu hanya boleh sebatas " PEMIKIRAN " saja,tidak boleh hingga menghambat anda untuk berbisnis.Jika rasa takut itu menciptakan anda " menggagalkan " niat anda berbisnis,itu akan jadi duduk kasus besar.

Siapa tahu memang sudah takdir anda menjadi pebisnis sukses bukan? Hanya lantaran takut hal-hal menyerupai itu,kesuksesan anda harus tertunda bertahun-tahun bahkan mungkin kesudahannya anda tidak mencicipi kesuksesan sama sekali.


Sebelum menjalankan sebuah bisnis,apa yang harus dilakukan atau dipersiapkan?

Jika anda sudah mendapat sedikit titik terang dan sedikit semangat untuk menjadi pebisnis maka,hal selanjutnya yaitu memikirkan apa yang perlu dipersiapkan dengan matang sebelum memulainya.

Karena bila eksklusif memulai dengan " Bondo Nekat " saja,maka hal itu akan sangat beresiko besar terhadap kebangkrutan.Berikut beberapa hal yang perlu anda siapkan terlebih dahulu :

  • Cari peluang apa yang mungkin bisa menjanjikan,contohnya begini :
Jika anda hidup di daerah padat penduduk serta banyak pekerja yang tinggal,maka usaha menyerupai londri sangat cocok,kenapa? lantaran mereka yang para pekerja,kemungkinan besar tidak punya waktu untuk mencuci pakaian mereka. 
  • Kumpulkan semua kemungkinan bisnis yang bisa dilakukan

Silahkan anda cari semua kemungkinan yang bisa anda temukan untuk melaksanakan bisnisnya.Catat semuanya didalam buku untuk dilakukan penilaian lebih lanjut.

  • Sesuaiakan dengan kemampuan finansial

Setelah anda mendapat aneka macam macam bentuk usaha yang sekiranya bisa dilakukan,sekarang saatnya merinci " jumlah biaya " yang harus dikeluarkan bila ingin membuka ussaha itu.Carilah usaha yang paling " ramah untuk kantong anda ".

  • Jalankan dengan hati-hati
Setelah anda mendapat beberapa data,dan sudah menyeleksinya,sekarang saatnya memulainya.Lakukan semuanya dengan hati-hati,karena anda gres merintis bisnis tersebut.


Kesalahan yang harus anda hindari sebagai pebisnis

Ada beberapa kesalahan yang sering sekali dilakukan oleh mereka para pelaku bisnis,diantaranya :
  • Memulai bisnis dengan " HUTANG " ( ini sebisa mungkin anda hindari betul-betul )
  • Memaksakan diri ( finansial belum cukup,tetapi memaksa membuka usaha yang besar )
  • Tidak bisa melaksanakan " pengelolaan " dengan baik 
  • Besar pasak daripada tiang ( pengeluaran lebih banyak dari pendapatan anda )
  • Tidak mau mencar ilmu " jiwa bisnis "

Saya akan perjelas point terahir diatas.maksudnya tidak punya " jiwa bisnis " itu begini :

- Sudah tau bisnis tersebut untungnya belum bisa maksimal ( lantaran gres mulai ),tapi sudah merekrut anak buah,akhirnya laba yang seharusnya bisa dinikmati,malah habis untuk honor karyawan.

Setelah anda faham " panduan awalnya " berikut ini saya berikan beberapa pola usaha skala kecil-kecilan atau menengah kebawah yang bisa menjanjikan dengan hanya modal yang pas-pasan saja,berikut daftarnya :


1. WARUNG KELONTONG


Saya sendiri sudah mempraktekan nya,itu alasannya yaitu nya ini ada di daftar saya yang 1.Modal awal saya hanya 1,5 juta rupiah,waahhh besar mass!

Mahal mana dengan smartphone yang anda gunakan? Mahal mana dengan motor yang anda punya? :).Jumlah sebesar itu,saya kira masih bisa untuk sedikit " diusahakan ".Tapi tetap usahakan jangan berhutang yaa.

Dengan uang yang tidak banyak itu,awal buka warung,saya isi dengan rokok dan sayuran,tidak perlu banyak banyak.Sedikit saja yang penting rokok dan sayur nya sering di cari orang,anda bisa isi dengan minuman ringan kalau anda punya freezer.

Kenapa isi nya itu? lantaran berdasarkan pengalaman saya,yang namanya warung kelontong,yang paling laku ya 3 itu : rokok,minuman,sayuran ( materi dapur ).Bisa anda sesuaikan dengan kondisi di lingkungan anda.

Jika anda menentukan bisnis ini,perhatikan 2 hal dibawah :

1. Kontrol para peng HUTANG di warung anda,tegaslah kepada mereka semua
2. Carilah tempat grosir yang murah tetapi terpercaya,,mainlah ke pasar induk atau sentra grosir dan carilah info di sana,,manakah tempat grosir murah dan terpercaya.


2. CATHERING MAKANAN  


Anda bisa coba dengan membuka usaha makanan,entah itu cuma untuk sarapan pagi,ataupun memang untuk sepanjang hari.Jika anda menentukan bisnis ini,hanya 1 hal yang perlu anda garis bawahi : MAKANANYA HARUS ENAK ( murahan tak masalah,yang penting enak,jangan asal masak atau asal jadi ).

Masih teringat di kepala saya dulu waktu masih di kota perantauan,suatu pagi saya kebingungan mencari masakan untuk sarapan,bukan lantaran tidak ada,tetapi lantaran susah nya mencari masakan murah yang enak.Ketemu beberapa anak mungkin se umuran saya sedang bangkit di depan sebuah kontrakan,di depan nya ada sebuah meja dan di kerumuni banyak orang,saya lihat ternyata mereka jualan pecel,penasaran lantaran banyak nya yang antri,belilah saya pecel itu.

Ternyata memang lezat sekali,alhasil hampir setiap pagi saya sarapan di situ,dan yang paling membekas di kepala saya,sewaktu saya iseng bertanya " mas,sehari untung berapa ? "

Dengan enteng nya penjual itu bilang : kecil kok mas,nggak kaya di PT,paling 100 ribu untung bersih.woowww,kecil dari mana nya itu? Gaji saya sebulan saja kalah waktu itu.


3. BERJUALAN KELILING    


Untuk yang satu ini,di butuhkan mental baja yang sangat kuat,tapi mereka mereka yang bermental bajalah yang punya kesempatan sukses lebih besar,kenapa? lantaran sukses yaitu buah dari usaha keras,dan mereka mereka yang bermental baja lah yang biasanya berpengaruh akan segala jenis keras nya perjuangan.

Ada banyak produk yang bisa di jual dengan sistem berjualan keliling,( bakso,mie ayam,dawet,es campur,dan masih sangat banyak lagi jenis nya).

Jika anda menentukan masakan sebagai materi yang anda jajakan keliling,perhatikan point ini :
  • Makanan anda harus enak
  • Perhatikan tanggal " kadaluarsa " 
  • Berkelilinglah di daerah ramai penduduk
  • Jangan jajakan makan yang di hindari penduduk sekitar ( anda menjual sosis babi di lingkungan orang muslim,tidak akan ada yang beli )

Untuk jenis jualan yang satu ini,sangat cocok apabila anda anda berada di daerah industri dan daerah kos kosan,karena biasanya pada jam istirahat dan pada hari libur,banyak sekali orang orang yang keluar untuk mencari makanan.Dan pilihlah jenis masakan yang sering di cari,jangan asal berjualan,jangan lupakan faktor utama nya yaitu " RASA ".

4. LAUNDRY PAKAIAN  


Bisnis ini hanya mengandalkan tenaga,air,sabun,pewangi pakaian,dan setrika.Dengan peralatan utama yang gampang menyerupai itu,bisnis ini juga sangat menjanjikan loh,anda hanya perlu mempersiapkan peralatan utama di atas,dan tenaga yang extra bila anda belum mempunyai alat basuh pakaian tentunya.

Tetapi bisnis ini cuma cocok untuk daerah dengan kepadatan penduduk yang tinggi dan tingkat kesibukan yang tinggi pula,bisnis ini tidak cocok di terapkan di daerah pedesaan dan daerah yang tidak terlalu padat dengan kesibukan.


5. BISNIS PENITIPAN KENDARAAN BERMOTOR


Ini yaitu bisnis yang hanya bermodal lahan kosong saja.Bahkan banyak sekali penitipan kendaraan bermotor yang hingga mengorbankan rumah si pemilik usaha di karenakan membludak nya kendaraan bermotor yang hendak di titipkan.Jangan sepelekan bisnis ini,di balik ruwet nya merapikan kendaraan bermotor yang hendak di titipkan,terselip rupiah yang sangat menjanjikan.

Kita ambil rata rata perhari untuk 1 kendaraan bermotor yaitu 2.000 rupiah,kalau dalam sehari ada 50 kendaraan bermotor yang nitip di tempat anda,berarti anda sudah mendapat 100.000 rupiah dengan hanya duduk elok sambil minum kopi.

Tetapi anda harus extra hati hati dalam menjaga kendaraan itu,harus teliti juga,jangan hingga ada insiden pencurian tentunya.


6. BUDIDAYA HEWAN " TRENDING TOPIK "  


Maksud dari binatang trending topik di atas adalah,dalam suatu waktu niscaya ada saja binatang yang sedang banyak di gandrungi atau sedang banyak di senangi oleh orang orang,mulai dari burung merpati,burung kicau,burung hias,ikan,dan masih banyak lagi.
Anda harus peka untuk duduk kasus ini,dan untuk bisnis yang satu ini,TIDAK saya sarankan untuk anda yang kurang memahami bagaimana tata cara merawat hewan,karena bila salah,bukan untung malah rugi yang anda dapatkan.Tetapi bila anda mempunyai jiwa memelihara binatang yang tinggi,ada baik nya mencoba bisnis yang satu ini.


7. Jualan Online


Bisnis ini kini sedang banyak sekali dilakoni terutama oleh ibu rumah tangga dan para remaja.Pernahkah anda mendengr istilah " RESSELER "?.

Itu yaitu sebutan untuk mereka-mereka yang menjual suatu produk,tetapi mereka sendiri TIDAK memegang barang daganganya.

Kaprikornus ketika ada yang memesan,mereka mencari barang tersebut di penjual atau pabriknya langsung,dan ketika mereka memperlihatkan kepada si pemesan,mereka mengambil sedikit laba lebih dari harga yang mereka keluarkan dikala membelinya.

Tidak menciptakan barangnya,tidak menyimpan barangnya,tapi bisa jualan dan sanggup untung pula.Sangat menggiurkan bukan?.


Sebenarnya goresan pena saya di atas hanya bertujuan untuk membuka cara pandang anda saja,tidak mutlak dan harus sama menyerupai apa yang saya tuliskan.Dan kalau anda sudah sukses nanti dan menemui beberapa masalah,mungkin goresan pena saya di bawah ini bisa membantu :

Baca :



Demikian pembahasan ihwal pola usaha kecil-kecilan yang sangat menjanjikan dengan hanya modal pas-pasan dan kecil saja,anda bisa mendapat untung besar.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.


Sumber http://www.pujihartono.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ 7 Referensi Perjuangan Modal Pas-Pasan Yang Menjanjikan/Menguntungkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel