iklan

Hukum Kekekalan Energi

Hukum kekekalan energi- Hello guys,,,,, Berjumpa lagi dalam blog fantastis ini. Masih membahas materi Fisika asyik tentunya. Setelah pertemuan kemarin kita membahas perihal macam-macam energi, sumber energi. Tentu kalian bertanya, energi biasa menjelma bentuk energi lain asalkan memenuhi aturan kekekalan energi. Apa itu maksudnya? Seperti yang telah kita ketahui energi ialah suatu tenaga yang tersimpan atau ada dan tidak sanggup diciptakan atau dimusnahkan, energi hanya sanggup diubah ke bentuk energi lainya. Hal ini yang nantinya juga memunculkan konsep Hukum Kekekalan Energi.
 Masih membahas materi Fisika asyik tentunya Hukum kekekalan energi


Hukum kekekalan energi menyatakan: energi tidak sanggup diciptakan dan dimusnahkan, energi hanya sanggup dikonversi dari bentuk satu energi ke bentuk energi lainnya. Sejatinya energi di alam semesta ini tetap, sehingga energi yang terlibat dalam proses fisika dan kimia merupakan perpindahan  energi dan perubahan ke bentuk energi lainnya. Contohnya:
a.       Energi panas matahari diubah menjadi energi .listrik
b.      Energi gerak pada turbin diubah menjadi energi listrik
c.       Energi listrik diubah menjadi energi cahya
d.      Energi listrik diubah menjadi energi gerak


Adapun penggunaan aturan kekekalan energi dalam kehidupan sehari-hari ialah sebagai berikut, simak baik baik ya!

Konsep Energi biasanya dipakai untuk menuntaskan kasus-kasus dalam mekanika dan termodinamika. Seperti
a.       Contoh dalam sebuah bola yang dilempar vertikal ke atas hingga jatuh lagi ke lantai. Ketika bola bergerak ke atas, kecepatan bola semakin lama semakin melambat alasannya ialah diperlambat oleh percepatan gravitasi dan ketinggian bola semakin besar. Pada ketinggian tertentu, bola berhenti sesaat dan kembali lagi ke bawah dengan kecepatan yang semakin besar. Hal tersebut mengatakan bahwa energi kinetik semakin lama semakin kecil hingga menjadi nol ketika berhenti sesaat pada ketinggian maksimum. Ke manakah energi kinetik tersebut? Energi kinetik tersebut ternyata berubah menjadi energi potensial (Ep) hingga hasilnya mencapai maksimum pada ketika mencapai ketinggian maksimum. Begitu pula sebaliknya, energi potensial semakin kecil ketika bola tersebut bergerak ke bawah mendekati lantai. Adapun energi kinetiknya semakin besar dan mencapai nilai paling besar ketika hingga di lantai, tetapi energi potensial bernilai nol ketika hingga di lantai. Setelah membisu di lantai, semua energi mekanik benda habis. Nah setiap energi di atas sanggup merubah menajdi bentuk energi yang lain dengan memenuhi aturan kekekalan energi.
b.      Saat benda tumbukan, sebagian energi gerak akan menjelma energi suara dan energi panas.


Bagaimana? Praktis dipahami bukan? Itulah klarifikasi perihal Hukum Kekekalan Energi. Semoga bermanfaat dan terus berkunjung ke blog ini ya,,,   karena akan ada pembahasan materi Fisika lainnya yang lebih menarik dan menantang. See you guys!

Sumber http://laportadoradesuenos.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Hukum Kekekalan Energi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel