iklan

Apa Sih Fungsi Npwp? 7 Fungsi Npwp Yang Jarang Diketahui

Saat ini merupakan waktu-waktu terakhir pelaporan pajak badan. Bagi Wajib Pajak (WP) langsung batas simpulan telah berlalu semenjak 31 Maret 2018. Dan untuk WP Badan batas simpulan akan berakhir di 30 April 2018. Pernah enga sih kau berpikir, kenapa kalo mau lapor pajak harus ada NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) dan NPWP ini selalu dipakai dikala akan melaksanakan acara perpajakan. Apakah kau tahu fungsi NPWP itu sendiri? Kenapa NPWP sangat penting bagi para Wajib Pajak baik langsung maupun Badan.


Apa sih NPWP ?


NPWP sebetulnya berbentuk kartu, meskipun kartu itu hanya sebagai tanda pengenal bagi sih WP. Di kartu NPWP tersebut terdapat nomor NPWP yang berjumlah 15 digit. Dengan rincian 9 digit awal sebagai arahan WP dan 6 digit berikutnya merupakan arahan administrasi. Setiap wajib pajak hanya mempunyai satu NPWP dihentikan lebih dari satu kartu.


Pengetahuan mengenai NPWP ini pun belum banyak yang mengetahui. Baik itu bagi WP langsung maupun WP langsung yang mempunyai perjuangan pun belum mengetahui secara niscaya apa sih NPWP dan seberapa penting NPWP harus dimiliki.


Banyak yang mengira, NPWP hanya dipake dikala mau kerja dan sekedar bikin rekening di Bank. Padahal NPWP mempunyai manfaat lebih dari sekedar untuk kerja dan bikin rekening di bank aja loh. Karena banyak manfaat dan fungsi NPWP yang jarang diketahui oleh masyarakat luas.


Apa Aja Fungsi NPWP yang Jarang Diketahui?


Alat Administrasi Perpajakan


NPWP akan menjadi alat administrasi perpajakan yakni cara-cara penarikan dan pemungutan pajak dari WP. Sehingga dengan adanya NPWP segala hal yang berkaitan dengan pajak akan gampang dilakukan, sebab kita sudah mempunyai tanda pengenal sebagai WP.


Memiliki Kontribusi untuk Menyumbang Pajak


Kamu seorang pegawai? Pastinya tiap bulan honor yang kau peroleh akan di potong pajak oleh perusahaan tempat kau bekerja. Nah dengan adanya NPWP hal ini akan memudahkan perusahaan dalam memotong pajak PPh (Pajak Penghasilan) yang harus kau setorkan kepada pihak pajak. Sehingga perusahaan sanggup dengan gampang melakukannya.


Membuat Rekening


Ketika kau ingin menciptakan sebuah rekening gres di Bank, pihak bank akan meminta NPWP kau sebagai salah satu syarat manajemen yang diperlukan oleh pihak bank. Apabila kau tidak mempunyai NPWP, pihak bank tidak akan melaksanakan proses lebih lanjut terhadap kau hingga kau mempunyai NPWP.


Mengajukan Kredit KPR


Ketika kau ingin mengajukan kredit KPR, sebagai salah satu syarat manajemen kau akan diminta NPWP. Disini pihak bank akan melihat, apakah kau orang yang taat dalam membayar pajak atau tidak. Jika kau tidak taat pajak atau masih ada tunggakan pajak, biasanya pihak bank enggan mendapatkan pengajuan yang kau lakukan. Termasuk bila kau tidak mempunyai NPWP, pihak Bank pun tidak akan proses pengajuan kredit KPR kamu.


Pengajuan SIUP


Apakah kau seorang pengusaha? Jika iya, dan kau akan mengajukan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). Surat ini berfungsi untuk melaksanakan sebuah perjuangan perdagangan. Surat ini akan menjadi pengakuan perjuangan yang dimiliki yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah, supaya perjuangan yang kau miliki sanggup berbadan hukum.


Nah inilah fungsi NPWP yang jarang diketahui oleh banyak orang. Apa lagi bila kau seorang pengusaha yang ingin mengajukan SIUP ke pemerintah. Salah satu syarat yang wajib dan harus dilampirkan ialah NPWP. Jika NPWP tidak ada, maka kau tidak akan sanggup mendapatkan SIUP.


Paspor


Kamu mau jalan-jalan keluar negeri, tapi belum punya paspor? Segera bikin paspor. Tapi kau harus inget, dikala kau bikin paspor. Maka kau akan dimintai NPWP. Kalo belum punya? Yah sudahlah tidak jadi plesiran ke luar negeri deh. Segeralah kau bikin NPWP, supaya kau sanggup jalan-jalan dengan damai ke luar negeri.


 langsung batas simpulan telah berlalu semenjak  Apa Sih Fungsi NPWP? 7 Fungsi NPWP yang Jarang Diketahui


Pengembalian Kelebihan Bayar Pajak


Mungkin secara tidak sadar kau pernah kelebihan membayar hutang pajak. Uang yang lebih itu tidak akan ditahan oleh pihak pajak. Namun uang itu akan dikembalikan oleh pihak pajak. Tetapi bila kau mau uang itu dikembalikan, kau wajib mempunyai NPWP terlebih dahulu. Sehingga pihak pajak sanggup dengan gampang menuntaskan adminitrasi kelebihan pajak kau atau yang dikenal dengan istilah restitusi pajak.


Itulah 7 Fungsi NPWP yang jarang diketahui oleh masyarakat. Sekarang sudah sepatutnya kau harus sanggup mengetahui fungsi NPWP yang jarang diketahui. Sehingga segala adminitrasi yang ingin kau lakukan sanggup dengan mudah, dan tidak menciptakan kau pusing. Taat Pajak itu Baik!



Sumber http://solusiukm.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa Sih Fungsi Npwp? 7 Fungsi Npwp Yang Jarang Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel