iklan

Mudahnya Lapor Pajak Tubuh Dengan Sumbangan Accurate Online

Sudahkah Anda melapor pajak PT atau CV Anda? Jika belum, masih ada waktu sekitar 25 hari untuk melaporkan pajak perjuangan Anda. Lapor pajak tubuh ialah salah satu cara, apakah pajak terhutang yang dibayarkan sudah benar. Kalo Anda belum lapor maka segeralah untuk mempersiapkan semua dokumen untuk di laporkan. Termasuk Pembukuan dan laporan keuangan badan. Gimana cara lapor pajak badan? Tentunya sangat gampang dilakukan.


Mempersiapkan dokumen untuk lapor pajak dengan SPT Badan perjuangan memang lebih rumit dibandingkan dengan SPT Pribadi. Untuk itu Dirjen Pajak memberi kesempatan kepada tubuh perjuangan untuk melaporkan pajak usahanya sampai 30 April 2018. Menurut Dirjen Pajak Robert Pakpahan menyerupai dikutip dari Liputan6.com, ada sekitar 2 juta WP tubuh yang harus lapor pajak. Namun sampai kini, jumlah wajib pajak tubuh yang lapor gres sedikit.


Sebelum mengetahui cara lapor pajak badan, Anda harus tahu dokumen apa saja yang harus disiapkan. Cukup banyak memang dokumen yang harus disiapkan oleh tubuh untuk melaporkan usahanya. Termasuk pembukuan dan laporan keuangan badan.


Apa saja dokumen tersebut? Nah berikut beberapa dokumen yang wajib dipersiapkan oleh WP tubuh untuk dibawa ke kantor pajak atau kalau Anda lebih menentukan untuk lapor pajak secara online, Anda sanggup memakai fitur e-filling di situs DJP Pajak.


Dokumen yang Harus Disiapkan Badan untuk Lapor Pajak



  • SPT 1771 Tahunan PPh Wajib Pajak Badan

  • Laporan Neraca dan Laba Rugi Tahun Pajak tubuh beserta rekonsiliasi keuntungan rugi Fiskal

  • Daftar Penghitungan Penyusutan

  • Daftar peredaran Bruto dan pembayaran

  • Penghitungan kompensasi kerugian dalam hal kerugian-kerugian tahun yang masih sanggup dikompensasikan

  • SSP PPh 29 kalau ada kekurangan pajak terhutang

  • Lampiran-lampiran yang dianggap perlu untuk menjelaskan penghitungan besarnya PKP atau besarnya PPh 25

  • Jika tubuh yang ingin Anda laporkan ialah WP Bank, diwajibkan untuk melampirkan daftar debitur kredit yang kurang lancar, diragukan, dan macet.


Jenis Pajak yang Harus Dilaporkan


Melaporkan pajak tubuh memang agak rumit dibandingkan pajak pribadi. Ada banyak pasal yang harus Anda ketahui sebelum membayar pajak badan. Meskipun hanya ada dua jenis yakni PPn dan PPh. Tetapi keduanya terpecah menjadi beberapa pasal, seperti:


PPh (Pajak Penghasilan)


PPh 21 : Pemotongan pajak atas penghasilan dari pekerjaan yang diterima WP atau karyawan yang ada di tubuh tersebut yang harus di bayar setiap bulan.


PPh 22 : Pemotongan pajak apabila tubuh melaksanakan kegiatan impor atau dari penjualan atas barang mewah


PPh 23 : pajak atas transaksi dividen, bunga, royalty, sewa, hadiah, penghargaan, dan penghasilan lain terkait penggunaan aset selain tanah dan transfer bangunan


PPh 25 : Angsuran pajak dari jumlah pajak penghasilan terhutang menurut pada SPT Tahunan dikurangi PPh yang terpotong


PPh 26 : Pemotongan pajak atas penghasilan yang bersumber dari Indonesia, namun di sanggup oleh WP Luar Negeri selain dari bentuk perjuangan tetap di Indonesia.


PPh 29 : Jika jumlah pajak terhutang dalam setahun lebih besar dari kredit pajak yang terpotong, nilai pajak tersebut akan menjadi PPh 29


PPh 4 Ayat 2 : Pemotongan pajak dari bunga deposito, obligasi, bunga simpanan yang dibayar koperasi, hadiah undian, transaksi saham, dan transaksi lain.


PPn (Pajak Pertambahan Nilai)


PPn merupakan pajak yang dipotong jawaban adanya transaksi barang dan jasa kena pajak di Indonesia.


Cara Melapor Pajak Badan


Gimana lapor pajak badan? Tentunya Anda akan menjawab cara lapor pajak tubuh cukup tiba ke Kantor Pajak Pratama (KPP) terdekat atau KPP daerah tubuh Anda terdaftar. Anda sanggup pribadi menuju loket untuk lapor pajak badan.


Tapi, di zaman yang serba digital kayak sekarang. Dirjen Pajak pun mengikuti zaman dengan memberi kesempatan biar WP tubuh sanggup melapor pajak secara online juga melalui situs Pajak.go.id dan tinggal masuk ke e-filling.


Namun, sebelum lapor pajak secara online, Anda harus meminta EFIN (Electronic Filing Identification Number) terlebih dahulu ke KPP terdekat. Anda hanya cukup menunggu sekitar 10-15 menit, sehabis itu Anda akan mendapat nomor EFIN Badan.


Tata Cara Lapor Pajak Online



  1. Setelah mendapat EFIN, Anda sanggup berkunjung ke website DJP Pajak

  2. Registrasi layanan e-filing kalau Anda belum terdaftar. Jika sudah, Anda cukup memasukan NPWP dan Password Anda.

  3. Jika Anda belum terdaftar, Anda sanggup klik link dan Anda akan diminta untuk memasukan NPWP, EFIN yang sudah Anda dapatkan, dan arahan keamanan yang tertera.

  4. Lalu, Nama WP Badan akan terisi semua, sesuai data yang Anda masukan sehabis daftar NPWP

  5. Lalu, masukan alamat email perusahaan, nomor handphone orang yang akan melapor pajak, dan buatlah password, kemudian simpan

  6. Setelah itu, silahkan tunggu email verifikasi akun yang dikirimkan oleh efiling@pajak.go.id. Lalu masuk ke email dan klik link yang dikirimkan melalui email tersebut.


Petunjuk Melapor Pajak Secara Online


Setelah melaksanakan aktivasi melalui link yang dikirimkan, Anda akan diminta untuk Login ke halaman DJP Online. Setelah itu akan ada goresan pena buat SPT untuk mulai melaporkan pajak tubuh Anda.


Lalu, jawab semua pertanyaan yang muncul, sehabis simpulan akan diminta masukan arahan verifikasi. Kode verifikasi ini akan Anda dapatkan melalui email yang dikirimkan. Setelah itu, Anda sudah simpulan untuk melaporkan pajak sehabis mengklik tombol kirim SPT.


Selesai kan? Anda tidak perlu lagi ngantri di KPP yang cukup lama. Cukup duduk di depan komputer atau Laptop dan Anda sanggup melaporkan pajak perjuangan Badan Anda. Tentunya cara lapor pajak dikala ini sudah cukup mudah. Pemerintah telah memberi fasilitas dalam melapor pajak bagi para wajib pajak baik pribadi maupun badan.


Saat ini, Dirjen Pajak akan meminta pembukuan dan laporan keuangan tubuh ketika lapor pajak. Pastinya menciptakan pembukuan yang rapih dan laporan keuangan badan. Agar sanggup dengan gampang melaporkan pajak sesuai data pembukuan perjuangan dan laporan keuangan, Anda sanggup memakai software akuntansi online Accurate Online dalam pembuatan pembukuan dan laporan keuangan tubuh untuk lapor pajak.


Accurate Online merupakan software akuntansi yang sudah terintegrasi dengan sistem pajak di Indonesia. Sehingga Anda tak perlu sulit lagi untuk mengintegrasikan pembukuan dan laporan keuangan tubuh ketika ingin lapor pajak menyerupai dikala ini. Cukup dengan Accurate Online saja.



Sumber http://solusiukm.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mudahnya Lapor Pajak Tubuh Dengan Sumbangan Accurate Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel