√ Pola Rpp Kls 2 Sd Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1
( RPP )
Satuan Pendidikan : SDN BOJONG 03
Kelas / Semester : 2/1
Tema/Sub Tema/PB : Air, Bumi dan Matahari / Air
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menerima dan menjalankan anutan agama yang dianutnya
2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terang dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Matematika
Kompetensi Dasar
3.6 Mengetahui satuan panjang dan berat benda, jarak suatu tempat (baik tidak baku maupun yang baku) dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
3.10 Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana.
4.5 Memecahkan problem nyatasecara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda dan uang,selanjutnya mengusut kebenaran jawabnya.
Indikator
3.6.1 Mengukur panjang beberapa benda dengan memakai satuan tidak baku.
3.10.1 Membandingkan hasil pengukuran panjang benda.
4.5.1 Memecahkan problem yang berkaitan dengan panjang benda.
B.Indonesia
Kompetensi Dasar
3.1 Mengenal teks laporan sederhana perihal alam sekitar, hewan, dan flora serta jumlahnya dengan pemberian guru atau sahabat dalam bahasa Indonesia mulut dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana perihal alam sekitar, hewan, dan tumbuhanserta jumlahnya secara berdikari dalam bahasa Indonesia mulut dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk membantu penyajian.
Indikator
3.1.1 Mengidentifikasi teks laporan sederhana perihal alam sekitar.
4.1.1 Menulis laporan sederhana perihal hasil pengamatan alam sekitar.
SBdP
Kompetensi Dasar
3.1 Mengenal materi dan alat serta tekniknya dalam menciptakan karya seni rupa
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk, dan
tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.
Indikator
3.1.1 Menentukan materi dan alat dalam menciptakan karya seni.
4.1.4 Menggambar ekspresi dengan mengolah bentuk dan tekstur.
PPKn
Kompetensi Dasar
3.2 Mengenal tata tertib dan hukum yang berlaku
dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah.
Indikator
3.2.1 Mengidentifikasi tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari
di rumah.
4.2.1 Melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga.
C. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mengamati pola teks laporan, siswa sanggup mengidentifikasi teks laporan sederhana perihal alam sekitar dengan cermat.
2. Dengan membaca teks laporan, siswa sanggup mengidentifikasi tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan cermat.
3. Dengan memahami manfaat tata tertib, siswa sanggup melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga dengan tanggung jawab.
4. Dengan bimbingan guru, siswa sanggup menulis laporan sederhana perihal hasil pengamatan alam sekitar dengan percaya diri.
5. Dengan mengamati gambar, siswa sanggup membandingkan hasil pengukuran panjang benda dengan cermat.
6. Dengan bimbingan guru, siswa sanggup mengukur panjang beberapa benda dengan memakai satuan tidak baku dengan cermat.
7. Dengan bimbingan guru, siswa sanggup memecahkan problem yang berkaitan dengan panjang benda dengan tanggung jawab.
8. Dengan mengamati gambar, siswa memilih materi dan alat dalam menciptakan karya seni dengan cermat.
9. Dengan bimbingan guru, siswa sanggup membentuk karya relief dari materi lingkungan sekitar yang dipilih dengan cermat.
D. Materi Pembelajaran
1. Mengidentifikasi teks laporan sederhana perihal alam sekitar.
2. Mengidentifikasi tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari
di rumah.
3. Melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga.
4. Menulis laporan sederhana perihal hasil pengamatan alam sekitar.
5. Membandingkan hasil pengukuran panjang benda.
6. Mengukur panjang beberapa benda dengan memakai satuan tidak baku.
7. Memecahkan problem yang berkaitan dengan panjang benda.
8. Menentukan materi dan alat dalam menciptakan karya seni.
E. Metode dan Pendekatan Pembelajaran
1. Metode :Penugasan, ceramah, diskusi, tanya jawab.
2. Pendekatan :saintifik ( mengamati, menanya mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan
F. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
• Gambar kenampakan alam seperti: laut, danau, sungai, air terjun, dan perumahan.
• Cuplikan informasi perihal penduduk yang kekurangan air bersih.
• Gambar Edo, kakak, dan ibu sedang memegang benda.
• Gambar Edo dan abang sedang mengukur tinggi bejana dan kolam air.
• Gambar beberapa pola karya seni beserta alat dan bahannya.
Sumber berguru : Buku tematik terpadu kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan kebudayaan.
G. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | 1.Mengkondisikan siswa ke dalam situasi pembelajaran aktif dan kreatif 2. Mengadakan apersepsi dengan mengajak semua siswa berdoa berdasarkan agama dan kepercayaan masing-masing dan komunikasi perihal kehadiran siswa 3. Tanya jawab perihal gambar acara dikelas 4. Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan . | 10 Menit |
Kegiatan Inti | Mengamati : • Siswa mengamati gambar-gambar perairan yang ada di alam, lalu menyebutkan di antara tempat-tempat tersebut mana yang ada di sekitar siswa (mengamati). • Ketika mengamati gambar, siswa memikirkan kalimat yang sesuai dengan gambar (menalar). • Siswa menuliskan kalimat di bawah gambar yang sesuai (mengomunikasikan). • Kalimat yang dituliskan siswa niscaya beragam. Beberapa siswa membacakan kalimat yang ditulisnya dan ditanggapi oleh teman-temannya. Guru memfasilitasi terjadinya tanya jawab mengenai pendapat siswa tersebut. Membaca : • Siswa membaca cuplikan informasi perihal penduduk yang kekurangan air higienis lantaran banjir (mengamati). • Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan cuplikan berita yang telah dibaca (menalar). Berdiskusi : • Siswa dibagi dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri atas 4 hingga 5 orang. Topik yang didiskusikan adalah mengenai air. • Siswa mendiskusikan tanggapan pertanyaan-pertanyaan yang ada di buku siswa (menalar). Kesantunan siswa dalam berdiskusi diamati oleh guru. • Salah satu anggota kelompok mencatat tanggapan hasil diskusi. • Hasil diskusi dituliskan dalam bentuk laporan sesuai format yang ada di buku siswa. Kelompok menciptakan kesimpulan hasil diskusi berdasarkan tanggapan atas pertanyaanpertanyaan yang harus didiskusikan (mengomunikasikan). Berdiskusi : • Siswa dibagi dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri atas 4 hingga 5 orang. Topik yang didiskusikan adalah mengenai air. • Siswa mendiskusikan tanggapan pertanyaan-pertanyaan yang ada di buku siswa (menalar). Kesantunan siswa dalam berdiskusi diamati oleh guru. • Salah satu anggota kelompok mencatat tanggapan hasil diskusi. • Hasil diskusi dituliskan dalam bentuk laporan sesuai format yang ada di buku siswa. Kelompok menciptakan kesimpulan hasil diskusi berdasarkan tanggapan atas pertanyaanpertanyaan yang harus didiskusikan (mengomunikasikan). Berlatih : • Siswa mengamati gambar pada buku siswa untuk dibandingkan tinggi dan pendeknya (mengamati). Gambar yang diamati yakni gambar botol minuman, gelas, dan cangkir. • Kegiatan tambahan: Kegiatan ini sanggup ditambah dengan membandingkan botol minuman yang dibawa siswa. Botol minuman siswa dibandingkan tinggi rendahnya. • Siswa membandingkan tinggi benda berdasarkan gambar dengan mengisi titik memakai kata lebih pendek atau lebih tinggi (menalar). Mengamati : • Siswa mengamati gambar cara mengukur benda dengan menggunakan alat ukur tak baku, yaitu jengkal tangan (mengamati). • Siswa mengamati gambar hasil pengukuran yang berbeda antara Edo dan Kakak Edo. Siswa menjawab pertanyaan mengapa hasil pengukuran itu berbeda (menalar). Berkreasi : • Sebelum melaksanakan acara berkreasi, siswa melakukan pengukuran beberapa peralatan (mencoba). Pengukuran dilakukan dengan jengkal tangan. • Hasil pengukuran dituliskan di dalam tabel. Kemudian, siswa membandingkan hasil pengukurannya dengan hasil temannya (mengamati). • Perbandingan sanggup dilakukan antara dua teman, dapat juga dalam kelompok yang lebih besar. • Siswa diarahkan untuk menciptakan kesimpulan mengapa hasil pengukuran berbeda atau sama (menalar). Hasil pengkuran yang berbeda untuk benda yang sama disebabkan oleh panjang jengkal tangan setiap siswa berbeda. Apabila ada hasil pengukuran yang sama, hal itu mengambarkan bahwa panjang jengkal tangan para siswa itu sama. • Siswa menjodohkan gambar acara berkreasi dengan peralatan yang digunakan (menalar). • Siswa menggambar wadah air yang sering digunakan. Guru mengarahkan siswa untuk menggunakan materi dan alat yang sesuai. | 150 Menit |
Penutup | 1.Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan/rangkuman hasil berguru selama sehari 2. Bertanya jawab perihal materi yang telah dipelajari ( untuk mengetahui ketercapaian materi) 3.Melakukan evaluasi hasil belajar 4.. Mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri acara pembelajaran). a. Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb). b. Segera menunjukkan nasihat, apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang tepat dalam berdo’a, semoga besok kalau berdo’a lebih disempurnakan. | 15 Menit |
H. Penilaian
1. Teknik penilaian
a. Penilaian sikap : Percaya diri, teliti, dan santun.
b. Penilaian pengetahuan : Daftar periksa dan skor
c. Penilaian Keterampilan : Unjuk kerja gerakn bermain
2. Bentuk Intrumen Penilaian
a. Penilaian sikap
No | Nama siswa | Perubahan Tingkah laku | |||||||||||
Percaya Diri | Teliti | Santun | |||||||||||
BT | MT | MB | SM | BT | MT | MB | SM | BT | MT | MB | SM | ||
1 | Rudi | | | | | | | | | | | | |
2 | Dini | | | | | | | | | | | | |
3 | Santi | | | | | | | | | | | | |
4 | Nuni | | | | | | | | | | | | |
b. Penilaian pengetahuan
Penilaian Mengajukan Pertanyaan
No | Kriteria | Tercapai | |
Ya | Tidak | ||
1 | Mampu mengajukan pertanyaan | | |
2 | Mampu menjawab pertanyaan teman | | |
c. evaluasi keterampilan
a. Rubrik Penilaian Membaca Teks Percakapan
No | Kriteria | Baik Sekali | Baik | Cukup | Perlu Bimbingan |
4 | 3 | 2 | 1 | ||
1 | Mempersiapkan alat/Bahan | | | | |
2 | Kreatifitas | | | | |
3 | Kebersihan | | | | |
4 | Kerapihan | | | | |
Mengetahui Pameungpeuk, 20 Juni 2014
Kepala SDN BOJONG 03 Guru Kelas 2
TAYAT, S.Pd.SD YANTI SUSANTI, S.Pd.
NIP.195905071979122006
0 Response to "√ Pola Rpp Kls 2 Sd Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1"
Posting Komentar