√ Rpp Bahasa Indonesia Kls 5 Sdn Semester 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : V/1
Alokasi Waktu :1 x Pertemuan (2 x 35 Menit )
Hari / Tanggal : Kamis, 03 Oktober
A. Standar Kompetensi
Memahami teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata per menit, dan membaca puisi anak.
B. Kompetensi Dasar
Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat.
C. Indikator
- Mampu menunjukkan tanda jeda pada puisi.
- Mampu menunjukkan tanda intonasi pada puisi.
- Mampu menunjukkan tanda ritme pada puisi.
- Mampu membaca puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat,
D. Tujuan Pembelajaran
- Melalui pengamatan dan klarifikasi guru, siswa sanggup membaca puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat.
E. Materi Pembelajaran
Puisi
“Puisi yakni seni dari segala seni,” yakni kutipan dari perkataan Popo Iskandar seorang pelukis dan budayawan dari Bandung.
Puisi yakni pernyataan dari keadaan atau kualitas hidup manusia. Membaca puisi berarti berusaha menyelami diri hingga ke intinya. Apabila seseorang ingin menikmati puisi, ia harus mempunyai kemampuan untuk menempatkan dirinya sebagai penyair.
Ada beberapa tahapan yang harus di perhatikan oleh sang pembaca puisi, antara lain:
Interpretasi(penafsiran/pemahaman makna puisi)
Dalam proses ini diharapkan ketajaman visi dan emosi dalam menafsirkan dan membedah isi puisi. Memahami isi puisi yakni upaya awal yang harus dilakukan oleh pembaca puisi, untuk mengungkap makna yang tersimpan dan tersirat dari untaian kata yang tersurat.
Vocal
Artikulasi
Pengucapan kata yang utuh dan jelas, bahkan di setiap hurufnya.
Diksi
Pengucapan kata demi kata dengan tekanan yang bervariasi dan rasa.
Tempo
Cepat lambatnya pengucapan (suara). Kita harus cendekia mengatur dan menyesuaikan dengan kekuatan nafas. Di mana harus ada jeda, di mana kita harus menyambung atau mencuri nafas.
Dinamika
Lemah kerasnya bunyi (setidaknya harus hingga pada penonton, terutama pada ketika lomba membaca puisi). Kita ciptakan suatu dinamika yang prima dengan mengatur rima dan irama, naik turunnya volume dan keras lembutnya diksi, dan yang penting menjaga harmoni di ketika naik turunnya nada suara.
Modulasi
Mengubah (perubahan) bunyi dalam membaca puisi.
Intonasi
Tekanan dan laju kalimat.
Jeda
Pemenggalan sebuah kalimat dalam puisi.
Pernafasan
Biasanya, dalam membaca puisi yang dipakai yakni pernafasan perut.
Penampilan
Salah satu factor keberhasilan seseorang membaca puisi yakni kepribadian atau performance diatas pentas. Usahakan terkesan tenang, tak gelisah, tak gugup, berwibawa dan meyakinkan (tidak demam panggung).
Gerak
Gerakan seseorang membaca puisi harus sanggup mendukung isi dari puisi yang dibaca. Gerak badan atau tangan jangan hingga klise.
Komunikasi
Pada ketika kita membaca puisi harus bias menunjukkan sentuhan, bahkan menggetarkan perasaan dan jiwa penonton.
Ekspresi
Tampakkan hasil pemahaman, penghayatan dan segala aspek di atas dengan ekspresi yang pas dan wajar.
Konsentrasi
Pemusatan pikiran terhadap isi puisi yang akan kita baca.
Dengan pemaparan tersebut kita sanggup menyimpulkan bahwa membaca puisi bukan sekedar memberikan arus pemikiran penyair, tapi kita juga harus menghadirkan jiwa sang penyair. Kita harus menyelami dan memahami proses kreatif sang penyair, bagaimana ia sanggup melahirkan karya puisi.
F. Metode
Ceramah, Tanya jawab, Diskusi, dan Penugasan.
G. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal ( 5 Menit )
· Mengkondisikan siswa kedalam situasi kelas yang aman dengan cara merapikan daerah duduk, berdoa, mengabsen, dan menyuruh siswa menyiapkan siswa menyiapkan buku pelajaran dan alat-alat tulis.
· Melakukan apersepsi melalui tanya jawab untuk untuk mengaitkan materi yang akan dibahas.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
· Siswa mencermati puisi.
· Siswa memperhatikan teknik membaca puisi : pelafalan, intonasi, jeda, dan ritme.
· Siswa memberi tanda jeda, ritme dan intonasi pada puisi.
· Siswa mengucapkan kata demi kata dengan jelas.
· Siswa mengucapkan kalimat demi kalimat dengan tekanan yang sesuia.
3. Kegiatan Akhir
· Siswa memperhatikan teladan membaca puisi.
· Siswa mendapatkan kiprah rumah untuk membaca puisi.
·
H. Sarana dan Sumber Pembelajaran
1. Sarana :
- Vidio membaca puisi.
2. Sumber:
- Buku Bahasa Indonesia 5 SD/MI. Wendi Widya R.D, dkk., 2006, hlm. 52-53
I. Penilaian
1. Prosedur : Tes Proses, Tes Akhir
2. Jenis : Tulisan, pengamatan
3. Bentuk : Essay, Unjuk Kerja
4. Instrumen Soal, LKS
Butir Soal
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !
1. Apa yang dimaksud dengan puisi ?
2. Tahapan apa saja yang harus di perhatikan oleh sang pembaca puisi?
3. Apa yang di maksud dengan Artikulasi?
4. Tekanan dan laju kalimat yakni ciri dari....
5. Cepat lambatnya pengucapan (suara) yakni ciri dari....
Kunci Jawaban
1. Puisi yakni pernyataan dari keadaan atau kualitas hidup manusia. Membaca puisi berarti berusaha menyelami diri hingga ke intinya.
2. Memahami isi puisi yakni upaya awal yang harus dilakukan oleh pembaca puisi, untuk mengungkap makna yang tersimpan dan tersirat dari untaian kata yang tersurat.
3. Pengucapan kata yang utuh dan jelas, bahkan di setiap hurufnya.
4. Intonasi
5. Tempo
Jmlah Jawaban yang benar x 20
Skor Akhir = 1 = Nilai Akhir
Garut, 01 Oktober 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas
Tayat, S.Pd.SD Abdul
0 Response to "√ Rpp Bahasa Indonesia Kls 5 Sdn Semester 1"
Posting Komentar