iklan

Faktor Faktor Yang Menghipnotis Permintaan

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan - Permintaan yaitu jumlah barang/jasa yang akan dibeli pada aneka macam tingkat, harga, waktu, dan daerah tertentu. Permintaan akan barang dan jasa antara masing-masing orang tidaklah sama, alasannya yaitu masing-masing mempunyai kemampuan yang berbeda-beda.

Faktor-faktor yang memengaruhi undangan meliputi:
a. Harga barang
Jika harga makin tinggi, maka undangan akan makin rendah. Sebaliknya kalau harga barang rendah, maka undangan akan barang tersebut makin tingi.
b. Pendapatan masyarakat
Tingkat pendapatan atau penghasilan masyarakat sangat memilih tinggi rendahnya undangan akan barang dan jasa. Makin tinggi pendapatan seseorang, maka makin besar daya beli yang ia miliki, jadinya undangan akan barang dan jasa pun meningkat. Sebaliknya, orang yang berpenghasilan rendah daya belinya pun rendah, jadinya undangan terhadap barang dan jasa menurun.

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan



c. Selera masyarakat
Tinggi rendahnya selera masyarakat terhadap suatu barang akan besar lengan berkuasa terhadap undangan barang tersebut. Jika selera masyarakat meningkat, maka undangan pun meningkat pula, demikian sebaliknya. Selera masyarakat sering disebut sebagai mode.
d. Kualitas barang
Pada umumnya orang menghendaki barang yang berkualitas baik, maka makin tingi kualias suatu barang, maka cita-cita (permintaan) orang untuk sanggup mempunyai barang tersebut makin besar. Bahkan sering terjadi bahwa duduk perkara bisa tidaknya seseorang menjangkau/membeli barang yang berkualitas tidaklah diperhatikan.
e. Harga barang lain yang berkaitan
Adakalanya barang tertentu memerlukan barang lain sebagai pemanis dan sebagai pengganti (substitusi). Misalnya sebagai materi bakar, arang lebih murah daripada minyak tanah, maka orang akan beralih dari minyak tanah ke arang, sehingga undangan akan minyak tanah menurun, dan sebaliknya undangan akan arang meningkat.
f. Waktu
Pada waktu-waktu tertentu, undangan terhadap suatu barang mengalami peningkatan dibandingkan dengan hari-hari biasa. Misalnya setiap menjelang hari raya undangan terhadap sembako meningkat. Demikian pula setiap menjelang tahun anutan gres undangan terhadap alat tulis serta pakaian seragam meningkat.
g. Jumlah penduduk
Makin besar angka pertambahan jumlah penduduk, maka undangan terhadap suatu barang dan jasa akan meningkat pula. Misalnya keluarga yang semula hanya terdiri dari suami istri lalu mempunyai anak, maka kebutuhan akan materi pangan pun mengalami peningkatan.
h. Kejadian yang akan datang
Adanya pengetahuan terhadap sesuatu hal yang akan terjadi pada waktu akan tiba akan besar lengan berkuasa terhadap undangan suatu barang. Misalnya pada ketika pemerintah mengumumkan akan terjadi kenaikan harga BBM, maka sebelum hari penetapan kenaikan tersebut masyarakat berbondong-bondong membeli BBM sampai terjadi antrian yang sangat panjang.


Sumber http://ekonomisku.blogspot.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Faktor Faktor Yang Menghipnotis Permintaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel