iklan

Langkah Dasar Menciptakan Dokumen Pada Microsoft Word

Apakah anda sebagai pemula dalam memakai microsoft word ? kalau anda tergolong sebagai pengguna tingkat menengah atau lanjutan, mungkin posting artikel ini dianggap biasa. Namun yang mau mengembangkan pengalaman bersama didalamnya sanggup meninggalkan komentar sehingga sanggup memperlihatkan masukan kepada para pembaca maupun penulis. Untuk pengguna microsoft word mungkin hal yang gampang dalam membut sebuah dokumen alasannya yakni kita hanya mengetik atau menulis apa yang tertuang dalam pikiran kita. Namun bagaimana kalau hasil print out tidak sesuai dengan yang diharapkan, menyerupai isi goresan pena terlalu ke kiri, ke kanan, ke bawah, ke atas atau hasil goresan pena tidak rapih.
Untuk yang telah paham, akan sanggup dengan gampang menuntaskan dilema tersebut. Mereka akan pribadi merubah format margin atau menyesuaikan format kertas yang akan diadaptasi dengan hasil yang diinginkan.

Bagi yang belum mengetahuinya berikut langkah yang sanggup anda lakukan :
1. Page setup dengan cara pilih page layout - page setup
Pada sajian ini akan berisi beberapa sajian diantaranya :
a. Margin.
Margin berfungsi untuk mengatur tepi atas, bawah, kanan dan kiri dari dokumen yang akan dibentuk dengan cara memasukkan angka pada Top, Left, Bottom, Right. Pada seting default satuan memakai inch, sehingga untuk merubahnya sanggup dilakukan dengan cara masuk ke file - option - advanced - gulir bab kanan sampai menemukan sajian display. Anda sanggup merubah satuan sesuai yang diinginkan (inches, centimeter, millimeters, points, picas).
Orientation berfungsi untuk merubah format dokumen dalam bentuk potrait atau landscape.
Jika dokumen kerja anda hanya dalam bentuk satu format dokumen atau tidak melaksanakan page break maka pada bab preview yang berada pada margin gunakan "whole dokumen". Jika dokumen anda memakai format yang berbeda maka anda sanggup merubahnya dengan memakai "this point forward".
b. Paper size



Semua niscaya sudah tau arti paper yang berarti kertas. Sehingga kertas yang akan dipakai yakni ukuran A4, letter (kuarto), atau F4. Sebagai isu ukuran F4 secara international tidak dikenal sehingga biasanya yang tercantum yakni legal, dimana perbedaannya 1 cm. Makara kalau dalam sajian paper size tidak ada F4, anda sanggup merubahnya dengan memakai custom size yaitu 21,5 x 33 cm.
c. Layout
Layout ini berfungsi untuk mengatur tinggi header atau footer, yang akan dipakai dalam menciptakan halaman atau kop header pada bab atas.
Langkah page setup ini sanggup dilakukan juga diakhir penulisan. Namun akan mengakibatkan halaman akan berubah, menyerupai isi jadi berpindah ke halaman selanjutnya atau paragraph juga akan terpotong ke halaman selanjutnya. Sehingga kita harua melaksanakan pengeditan kembali atas goresan pena yang kita buat. Oleh alasannya yakni itu disarankan untuk memilih page setup di awal.

2. Paragraph dan Spasi
Dalam pembuatan sebuah dokumen tentunya kita mengetahui tujuan dari penulisan dokumen tersebut. Apakah hanya sekedar goresan pena biasa, surat kuasa, surat perjanjian atau sebuah karya tulis. Dengan mengetahui tujuan dari penulisan tersebut maka anda sanggup memakai format margin. Dalam format margin yang banyak dipakai yakni terdapat 3 bab yaitu left (rata kiri), center (bisa dipakai untuk penulisan judul, dimana judul akan berada pada posisi tengah) dan right (digunakan untuk penulisan dalam bentuk angka atau nominal) yang ditunjukan pada gambar disamping dengan warna garis hijau

Spasi ini berada pada sajian paragraft, dimana berfungsi untuk memilih antara baris goresan pena dari paragraft. Jika anda ingin memakai cara cepat, maka anda sanggup melakukannya dengan cara:
a. Tekan Ctrl 1 untuk 1 spasi
b. Tekan Ctrl 2 untuk 2 spasi
c. Tekan Ctrl 5 untuk 1,5 Spasi.
atau anda sanggup melakukannya dengan mengarahkan mouse anda pada area yang penulis tandai dengan warna merah.

Dengan mengetahui langkah tersebut anda sudah sanggup menciptakan sebuah dokumen microsoft word tanpa harus melaksanakan pengeditan kembali. Sebagai perhiasan dari langkah dasar menciptakan dokumen microsoft word, anda juga sanggup mempelajari :

Fungsi Format Painter 




Demikian langkah dasar dalam menciptakan dokumen dalam microsoft word. Dan jangan lupa sesudah anda selesai menciptakan dokumen simpan hasil kerja anda dengan cara Ctrl+S atau masuk ke sajian file-save.

Sumber http://berbagi73.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Langkah Dasar Menciptakan Dokumen Pada Microsoft Word"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel