3 Cara Menawarkan Catatan Khusus Pada Microsoft Word
Adakah pengguna komputer yang berbasis system Windows tidak mengenal kegiatan Microsoft Word ? tentu hal ini berdasarkan saya tidak mungkin. Karena microsoft word yakni potongan dari Microsoft Office, dimana ketika menginstall Microsoft Office rata-rata mereka tidak memakai install secara custom. Dengan kondisi demikian maka semua paket / bundle dari microsoft office tersebut akan terinstall, menyerupai Excel, Word, Power Point, Access, Note, Publisher.
Pada kali ini saya akan membahas bagaimana caranya untuk memberi catatan khusus pada satu kata atau kalimat yang terdapat pada dokumen word. Mungkin selama ini pertolongan komentar sering kita temui dalam file excel yang ditandai dengan segitiga merah kecil pada pojok kanan cell atau dalam file pdf.
Bagi yang memakai file Microsoft Word, bergotong-royong ada beberapa cara dalam menunjukkan note / catatan khusus dalam suatu lembar kerja dari file yang dibuatnya dengan cara :
1. Memberikan penebalan huruf, penulisan miring atau garis bawah dari kata atau kalimat.
Tujuan dari pertolongan gejala tersebut pada kata atau kalimat, semoga ada suatu perhatian khusus dari paragraf yang disajikan.
2. Memberikan footnote / catatan kaki.
Tujuan diberikannya catatan kaki ini yakni jikalau dalam suatu paragraf tersebut diambil dari sumber tertentu menyerupai contohnya kita mengutip dari peraturan, merujuk pada suatu lampiran yang tidak sanggup dimasukan dalam paragraf tersebut.
Untuk menciptakan catatan kaki tersebut anda sanggup melakukannya dengan cara :
a. Sorot terlebih dahulu kata / kalimat yang akan diberi catatan kaki
b. Masuk ke References kemudian pilih Insert Footnote, menyerupai yang ditunjukan pada anak panah berwarna orange / jingga
Setelah melaksanakan insert footnote pada kata / kalimat yang kita tandai, maka pada selesai kata tersebut akan nampak nomor dengan karakter superscript sebagai tanda adanya catatan kaki. Dan secara otomatis catatan kaki yang kita berikan akan tampil pada potongan bawah halaman (footer). Sehingga sanggup dilihat menyerupai pada pola berikut :
Dari gambar tersebut terdapat dua catatan kaki yang ditunjukan dengan anak panah berwarna merah dan hijau. Dimana jikalau kita menempatkan kursor pada angka supper script maka akan muncul popup sesuai catatan kaki yang kita buat.
3. Memberikan Comment
Cara ini dilakukan jikalau dalam paragraf terdapat kata / kalimat yang akan diberikan komentar. Misalnya si peserta ingin mengingatkan atau menginformasikan sebagai penjelasan atas surat / dokumen yang akan disajikan. Sehingga dengan kata lain fungsi comment disini lebih cocok jikalau dokumen yang kita berikan yakni dalam bentuk softcopy. Karena fungsi dari commentnya akan terlihat. Untuk sanggup menciptakan comment pada Microsoft Word, langkahnya hampir sama dengan footnote yaitu sorot terlebih dahulu kata yang akan diberikan comment kemudian anda sanggup masuk ke sajian Insert - comment menyerupai yang tampak pada gambar di bawah ini :
Setelah anda melaksanakan langkah tersebut maka pada potongan kanan akan nampak icon menyerupai gambar di bawah ini yang saya lingkari berwarna merah :
Anda sanggup memasukan komentar dengan mengarahkan kursor pada icon tersebut hingga muncul popup komentar, dan disana anda sanggup memasukan komentar yang akan anda berikan. Dan sebagai ciri dari kata yang diberi komentar maka kata-kata tersebut akan ditandai dengan warna merah transparan.
Jika anda akan mencetak dokumen tersebut yang telah diberikan komentar, maka hasil cetak dari lembar kerja tersebut akan berubah marginnya, sebab pada potongan kanan akan berisikan komentar yang telah anda berikan. Agar hasil cetak file tersebut sesuai dengan margin yang anda buat maka anda harus menonaktifkan print markup pada potongan setting print.
Dan jikalau ketika anda menunjukkan file dokumen tersebut dalam bentuk softcopy dan untuk mengetahui apakah file tersebut dilakukan perubahan oleh si peserta ketika mengembalikan file tersebut ke anda, maka anda sanggup memakai fungsi track change yang sanggup anda baca pada artikel saya sebelumnya yang berjudul :
Menandai perubahan isi goresan pena Microsoft Word
Itulah beberapa cara untuk menunjukkan catatan khusus pada microsoft word, kini pilihan tergantung pada anda. Mana yang sanggup anda gunakan dan diadaptasi dengan kondisi dari file tersebut akan diberikan kepada siapa dan dalam bentuk apa. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat bagi pembaca sekalian. Sumber http://berbagi73.blogspot.com
Pada kali ini saya akan membahas bagaimana caranya untuk memberi catatan khusus pada satu kata atau kalimat yang terdapat pada dokumen word. Mungkin selama ini pertolongan komentar sering kita temui dalam file excel yang ditandai dengan segitiga merah kecil pada pojok kanan cell atau dalam file pdf.
Bagi yang memakai file Microsoft Word, bergotong-royong ada beberapa cara dalam menunjukkan note / catatan khusus dalam suatu lembar kerja dari file yang dibuatnya dengan cara :
1. Memberikan penebalan huruf, penulisan miring atau garis bawah dari kata atau kalimat.
Tujuan dari pertolongan gejala tersebut pada kata atau kalimat, semoga ada suatu perhatian khusus dari paragraf yang disajikan.
2. Memberikan footnote / catatan kaki.
Tujuan diberikannya catatan kaki ini yakni jikalau dalam suatu paragraf tersebut diambil dari sumber tertentu menyerupai contohnya kita mengutip dari peraturan, merujuk pada suatu lampiran yang tidak sanggup dimasukan dalam paragraf tersebut.
Untuk menciptakan catatan kaki tersebut anda sanggup melakukannya dengan cara :
a. Sorot terlebih dahulu kata / kalimat yang akan diberi catatan kaki
b. Masuk ke References kemudian pilih Insert Footnote, menyerupai yang ditunjukan pada anak panah berwarna orange / jingga
Setelah melaksanakan insert footnote pada kata / kalimat yang kita tandai, maka pada selesai kata tersebut akan nampak nomor dengan karakter superscript sebagai tanda adanya catatan kaki. Dan secara otomatis catatan kaki yang kita berikan akan tampil pada potongan bawah halaman (footer). Sehingga sanggup dilihat menyerupai pada pola berikut :
Dari gambar tersebut terdapat dua catatan kaki yang ditunjukan dengan anak panah berwarna merah dan hijau. Dimana jikalau kita menempatkan kursor pada angka supper script maka akan muncul popup sesuai catatan kaki yang kita buat.
3. Memberikan Comment
Cara ini dilakukan jikalau dalam paragraf terdapat kata / kalimat yang akan diberikan komentar. Misalnya si peserta ingin mengingatkan atau menginformasikan sebagai penjelasan atas surat / dokumen yang akan disajikan. Sehingga dengan kata lain fungsi comment disini lebih cocok jikalau dokumen yang kita berikan yakni dalam bentuk softcopy. Karena fungsi dari commentnya akan terlihat. Untuk sanggup menciptakan comment pada Microsoft Word, langkahnya hampir sama dengan footnote yaitu sorot terlebih dahulu kata yang akan diberikan comment kemudian anda sanggup masuk ke sajian Insert - comment menyerupai yang tampak pada gambar di bawah ini :
Setelah anda melaksanakan langkah tersebut maka pada potongan kanan akan nampak icon menyerupai gambar di bawah ini yang saya lingkari berwarna merah :
Anda sanggup memasukan komentar dengan mengarahkan kursor pada icon tersebut hingga muncul popup komentar, dan disana anda sanggup memasukan komentar yang akan anda berikan. Dan sebagai ciri dari kata yang diberi komentar maka kata-kata tersebut akan ditandai dengan warna merah transparan.
Jika anda akan mencetak dokumen tersebut yang telah diberikan komentar, maka hasil cetak dari lembar kerja tersebut akan berubah marginnya, sebab pada potongan kanan akan berisikan komentar yang telah anda berikan. Agar hasil cetak file tersebut sesuai dengan margin yang anda buat maka anda harus menonaktifkan print markup pada potongan setting print.
Dan jikalau ketika anda menunjukkan file dokumen tersebut dalam bentuk softcopy dan untuk mengetahui apakah file tersebut dilakukan perubahan oleh si peserta ketika mengembalikan file tersebut ke anda, maka anda sanggup memakai fungsi track change yang sanggup anda baca pada artikel saya sebelumnya yang berjudul :
Menandai perubahan isi goresan pena Microsoft Word
Itulah beberapa cara untuk menunjukkan catatan khusus pada microsoft word, kini pilihan tergantung pada anda. Mana yang sanggup anda gunakan dan diadaptasi dengan kondisi dari file tersebut akan diberikan kepada siapa dan dalam bentuk apa. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat bagi pembaca sekalian. Sumber http://berbagi73.blogspot.com
0 Response to "3 Cara Menawarkan Catatan Khusus Pada Microsoft Word"
Posting Komentar