iklan

Tutorial Lengkap Cara Install Matlab Step By Step

Tutorial ini memperlihatkan panduan install MATLAB di komputer anda. Kami memakai MATLAB 2015a sebagai panduan umum alasannya versi ini merupakan versi terbaru yang paling fleksibel dari versi lainnya. Mengapa paling Fleksibel? MATLAB 2015a dan MATLAB 2015b merupakan versi terakhir dengan kompatibilitas terhadap Windows XP dan Vista, Versi ini juga versi terakhir yang mendukung teknologi arsitektur x86. Namun kalau anda memakai Windows x64 sebaiknya anda menginstall versi x64 untuk memaksimalkan kinerja software MATLAB. Anda sanggup memakai versi 2016a, 2016b, 2017a ataupun versi terbaru yang telah rilis

Sebelum anda melaksanakan instalasi adapun spesifikasi minimum komputer untuk menjalankan MATLAB 2015

  • Windows XP Service Pack 3 (x86) atau Windows XP x64 Edition Service Pack 2
  • Semua Prosesor Intel dan AMD dengan proteksi teknologi SSE2
  • Media Penyimpanan HDD 12 GB
  • RAM 2GB
  • VGA dengan proteksi teknologi Open GL 3.3

Baca juga: Apa Itu MATLAB?

Sebelum melaksanakan instalasi pastikan anda memiliki DVD MATLAB/Data Software yang berfungsi dengan baik

  1. Buka File Executable Setup untuk memulai instalasi

    Tutorial ini memperlihatkan panduan install MATLAB di komputer anda Tutorial Lengkap Cara Install MATLAB Step by StepPilih “Use a File Installation Key” lalu klik “Next”

  2. Menyetujui Software License Agreement MATLAB

    Tutorial ini memperlihatkan panduan install MATLAB di komputer anda Tutorial Lengkap Cara Install MATLAB Step by StepPilih Yes” lalu klik “Next”

  3. Masukkan Serial Number MATLAB anda

    Tutorial ini memperlihatkan panduan install MATLAB di komputer anda Tutorial Lengkap Cara Install MATLAB Step by StepSetelah anda memasukkan serial number, klik “Next”

  4. Pilih Lokasi Install MATLAB

    Tutorial ini memperlihatkan panduan install MATLAB di komputer anda Tutorial Lengkap Cara Install MATLAB Step by StepJika anda menentukan lokasi default, eksklusif klik “Next”

  5. Memilih Paket Instalasi Software

    Tutorial ini memperlihatkan panduan install MATLAB di komputer anda Tutorial Lengkap Cara Install MATLAB Step by StepCentang software yang ingin anda install, disarankan untuk menentukan semuanya. Setelah itu klik “Next”

  6. Melakukan Konfirmasi untuk memastikan

    Tutorial ini memperlihatkan panduan install MATLAB di komputer anda Tutorial Lengkap Cara Install MATLAB Step by StepKlik “Install” untuk melaksanakan konfirmasi dan memulai Installasi
    Tutorial ini memperlihatkan panduan install MATLAB di komputer anda Tutorial Lengkap Cara Install MATLAB Step by StepTunggu sampai 100%
  7. Notifikasi Konfigurasi Simulink

    Tutorial ini memperlihatkan panduan install MATLAB di komputer anda Tutorial Lengkap Cara Install MATLAB Step by StepKlik “Next” untuk melanjutkan
    Tutorial ini memperlihatkan panduan install MATLAB di komputer anda Tutorial Lengkap Cara Install MATLAB Step by StepKemudian Klik “Finish”
  8. Buka Software MATLAB

    Cek apakah shortcut MATLAB sudah ada di All Programs Windows anda. Jika Belum anda perlu menciptakan shortcut secara manual (C:\Program Files\MATLAB\MATLAB Production Server\R2015a\bin\matlab.exe) ke desktop.
    Tutorial ini memperlihatkan panduan install MATLAB di komputer anda Tutorial Lengkap Cara Install MATLAB Step by StepKlik kanan pada “matlab’ seperti pada gambar
    Tutorial ini memperlihatkan panduan install MATLAB di komputer anda Tutorial Lengkap Cara Install MATLAB Step by Step

    Klik “Yes” saat notifikasi ini muncul.

  9. Aktivasi MATLAB

    Replace terlebih dahulu file libmwservices.dll (di sediakan oleh daerah anda mendapat file instalasi MATLAB) pada direktori (misalnya 2015a).

    C:\Program Files\MATLAB\R2015a\bin\win32\ (untuk 32bit)
    C:\Program Files\MATLAB\R2015a\bin\win64\ (untuk 64bit)

    Sebelum replace tutup dulu aktivitas MATLAB nya apabila sudah terbuka.

    Kemudian aktifkan memakai file lisensi dengan ekstensi .dat biasanya berjulukan lic_standalone.dat atau license.dat (sesuai di mana memperoleh filenya).

    Tutorial ini memperlihatkan panduan install MATLAB di komputer anda Tutorial Lengkap Cara Install MATLAB Step by StepPilih “Activate manually without the internet” lalu klik “Next”

    Tutorial ini memperlihatkan panduan install MATLAB di komputer anda Tutorial Lengkap Cara Install MATLAB Step by StepPindahkan file lisensi dengan ekstensi .dat misalnya lic_standalone.dat (nama sanggup berbeda, sesuai penyedia file) yang disediakan oleh daerah anda mendapat file instalasi MATLAB, pada direktori C:\Program Files\MATLAB\MATLAB Production Server\R2015a.

  10. Lalu masukkan License File dengan menentukan file lic_standalone.dat pada direktori C:\Program Files\MATLAB\MATLAB Production Server\R2015a dengan klik tombol Browse… (Warna merah pada gambar di atas, diubahsuaikan dengan nama lisensi .dat yang anda peroleh).
    Tutorial ini memperlihatkan panduan install MATLAB di komputer anda Tutorial Lengkap Cara Install MATLAB Step by StepKlik “Finish” 
  11. Selamat Software MATLAB anda siap untuk digunakan

    Tutorial ini memperlihatkan panduan install MATLAB di komputer anda Tutorial Lengkap Cara Install MATLAB Step by Step

    Baca juga: Antarmuka Pengguna atau User Interface MATLAB

CATATAN MATLAB 2015a KE ATAS (26 Februari 2019) 


Untuk aktifkan 2015a ke atas
Replace terlebih dahulu file libmwservices.dll (di sediakan oleh daerah anda mendapat file instalasi MATLAB) pada direktori (misalnya 2015b).

C:\Program Files\MATLAB\R2015b\bin\win32\ (untuk 32bit)
C:\Program Files\MATLAB\R2015b\bin\win64\ (untuk 64bit)

Sebelum replace tutup dulu aktivitas MATLAB nya apabila sudah terbuka.

Kemudian aktifkan memakai file lisensi dengan ekstensi .dat biasanya berjulukan lic_standalone.dat atau license.dat (sesuai di mana memperoleh filenya).

ULANG LANGKAH 9

Semoga Berhasil 🙂

Baca juga tutorial lainnya: Daftar Isi Tutorial MATLAB


Sekian artikel Tutorial Belajar Cara Install MATLAB. Nantikan artikel menarik lainnya dan jangan lupa share artikel ini ke kerabat anda. Terimakasih…


Sumber https://www.advernesia.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tutorial Lengkap Cara Install Matlab Step By Step"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel