iklan

Dampak Dan Faktor Penyebab Terjadinya Pengangguran

Dampak dan Faktor Penyebab Terjadinya Pengangguran | Pengangguran ialah salah satu problem yang berkaitan dengan kegiatan perekonomian, relasi masyarakat, serta permasalahan kemanusiaan. Baca: pengertian, dan pola pengangguran & cara mengatasi pengangguran di Indonesia.

Apabila problem pengangguran ini tidak sanggup diatasi, maka akan muncul ancaman yang semakin hari semakin meluas dan akan berdampak jelek bagi kehidupan masyarakat sekitar.

Dampak Terjadinya Pengangguran

Dampak yang ditimbulkan dari pengangguran sangat banyak sekali, tidak hanya berkaitan kehidupan dengan ekonomi tetapi juga dengan kehidupan sosial, politik, dan budaya. Selain itu, pengangguran menjadi salah satu faktor penghambat pembangunan nasional dan tingkat kesejahteraan masyarakat.

Adapun dampak terjadinya pengangguran ialah sebagai berikut :

  1. Menurunkan pendapatan perkapita dan pertumbuhan ekonomi

Orang yang menganggur tidak akan menghasilkan barang maupun jasa. Maka dari itu, semakin banyak orang yang tidak bekerja maka Produk Domestik Bruto (PDB) yang dihasilkan akan semakin menurun. PDB yang menurun akan menimbulkan turunnya pendapatan perkapita serta pertumbuhan ekonomi. Selain hal itu, disebabkan juga lantaran menurunnya output yang dihasilkan dan kualitas dari output tersebut sehingga sanggup menurunkan pendapatan perkapita suatu negara. (Baca juga: pendapatan perkapita [rumus dan contohnya] )

  1. Meningkatkan biaya sosial

Pengangguran sanggup menimbulkan meningkatnya biaya sosial. Karena, pengangguran mewajibkan masyarakat membayar biaya-biaya ibarat biaya perawatan pasien yang stres lantaran menganggur, biaya pengobatan akhir meningkatnya tindak kriminalitas yang dilakukan oleh penganggur, biaya keamanan serta biaya renovasi dan pemulihan beberapa kawasan akhir kerusuhan dan demonstrasi yang dipicu oleh kecemburuan dan ketidakpuasan sosial para penganggur.

  1. Menurunkan kegiatan perekonomian

Pengangguran sanggup menimbulkan menurunnya daya beli masyarakat. Daya beli masyarakat yang menurun bisa menimbulkan turunnya ajakan terhadap barang maupun jasa. Hal ini menimbulkan para investor dan pengusaha tidak semangat untuk melaksanakan pendirian dan ekspansi industri baru, sehingga kegiatan perekonomian semakin menurun. (Baca juga: peran rumah tangga konsumen )

Turunnya daya beli masyarakat juga menimbulkan produsen harus menurunkan produksinya akhirnya pihak produsen melaksanakan Phk, ini disebut dengan Domino Effect.

Dampak dan Faktor Penyebab Terjadinya Pengangguran  Dampak dan Faktor Penyebab Terjadinya Pengangguran

Baca juga:

  1. 6 Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi
  2.  “Pengertian, Jenis-Jenis serta Contoh” Tindakan Ekonomi
  3. [Contoh-Contoh] Kegiatan Produksi, Konsumsi dan Distribusi
  1. Menurunkan penerimaan negara

Orang yang tidak bekerja (mengangur) tidak mempunyai pekerjaan sehingga tidak adanya pendapatan yang dimiliki. Hal itu berarti semakin banyak orang yang menganggur maka akan semakin turun pula penerimaan negara yang diperoleh dari pajak penghasilan (PPh).

  1. Menurunkan tingkat keterampilan

Dengan menganggur maka tingkat keterampilan seseorang akan menurun juga. Jadi, semakin usang menganggur maka semakin turun pula tingkat keterampilan seseorang.

  1. Kegiatan distribusi kurang lancar

Apabila output yang dihasilkan oleh suatu entitas kualitasnya rendah, maka barang tersebut tidak akan laris dipasaran. Baik pasar dalam negeri ataupun luar negeri.

  1. Terjadinya kemiskinan

Karena seseorang yang menganggur tidak mendapat penghasilan sama sekali sehingga menimbulkan seseorang tersebut mengalami kemiskinan.

  1. Kurang gizi

Karena orang yang menganggur tidak mempunyai penghasilan, kesannya orang tersebut tidak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari dan kurang memperhatikan kesehatannya.

  1. Tindak kriminal meningkat

Pada dasarnya orang yang tidak mempunyai penghasilan (menganggur) tidak mempunyai penghasilan, sehingga akan menimbulkan orang melaksanakan tindak kriminalitas contohnya ibarat mencopet, merampok, dan lain sebagainya.

  1. Produktivitas tenaga kerja rendah

Jumlah kesempatan kerja yang terbatas menimbulkan orang bekerja apa saja walaupun tidak sesuai dengan keahliannya.

  1. Upah yang rendah

Hal ini sanggup berdampak pada sisi ajakan dan penawaran. Dari sisi permintaan, upah yang rendah menimbulkan ajakan terhadap barang maupun jasa menurun. Sedangkan dari sisi penawaran, upah yang rendah menimbulkan jumlah pendapatan yang tidak dikonsumsi oleh masyarakat juga menurun.

Baca juga:

  1. Pengertian, Contoh + Perbedaan Uang Kartal dan Uang Giral
  2. Contoh dan Jenis-Jenis Kelangkaan Ekonomi + Penyebab dan Cara Mengatasinya

Faktor Penyebab Terjadinya Pengangguran

Adapun faktor penyebab terjadinya pengangguran ialah sebagai berikut :

  1. Tidak sebanding penawaran dengan ajakan pekerja

Ketidaksebandingan ini sanggup terjadi lantaran ajakan terhadap tenaga kerja meningkat. Sedangkan ajakan untuk jenis lainnya menurun, sedangkan penawaran tidak cukup bisa untuk menyelesaikannya.

  1. Turunnya pengeluaran total dan output

Jika pengeluaran total dan output menurun, maka ajakan terhadap tenaga kerja sangat rendah. Ini sama halnya dengan meningkatnya jumlah pengangguran. Hal ini terjadi lantaran kemampuan ekonomi suatu negara lebih rendah dari kemampuan yang seharusnya dicapai.

Ketika siklus perekonomian sedang mengalami penurunan, maka para pencari kerja dipaksa untuk menganggur lantaran terlalu banyaknya tenaga kerja yang ingin bekerja, namun pekerjaan tersebut tidak tersedia.

  1. Perubahan teknologi

Teknologi selalu berkembang seiring berjalannya waktu, dan ini membutuhkan tenaga kerja yang bisa menyesuaikan dengan perkembngan teknologi tersebut. Sebagian besar pekerjaan banyak memakai teknologi modern sehingga membutuhkan operator lebih sedikit dan menimbulkan jumlah tenaga kerja berkurang.

Dapat disimpulkan bahwa perkembangan teknologi telah mengurangi para pencari kerja yang tidak bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi.

  1. Waktu yang diharapkan untuk mencari pekerjaan

Para pekerja mempunyai prefensi dan keahlian yang berbeda, mencari pekerjaan yang sempurna membutuhkan perjuangan dan waktu. Hal ini cenderung mengurangi tingkat perolehan kerja.

Demikianlah artikel diatas yang membahas mengenai Dampak dan Faktor Penyebab Terjadinya Pengangguran, agar sanggup menambah wawasan bagi kalian yang membacanya. Jangan lupa vote yaa!

Kunjungi juga artikel lainnya:

  1. Pengertian, Jenis-Jenis dan Contoh Pasar Input Serta Teorinya [Lengkap]
  2.  [Macam-Macam] Alat Pemuas Kebutuhan Manusia + Contohnya
  3. [Pengertian, Faktor Penyebab dan Dampak] Kelangkaan Sumber Daya Alam Serta Cara Mengatasinya
  4. 17 [Pengertian dan Perbedaan] Barang dan Jasa Menurut Para Ahli Ilmu Ekonomi
  5. 6 Faktor yang Mempengaruhi Konsumsi Rumah Tangga

Sumber http://www.akuntansilengkap.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Dampak Dan Faktor Penyebab Terjadinya Pengangguran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel