iklan

Membuat Nomor Bertingkat (Multilevel List)

Dalam menciptakan dokumen dengan format Microsoft Word kadang kita memakai penomoran untuk menunjukkan intisari dari suatu pembahasan. Hal ini biasanya diterapkan pada suatu dokumen yang menandakan karakteristik, ciri-ciri, langkah-langkah atau cuilan dalam penulisan suatu dokumen.
Jika dalam suatu dokumen terdapat beberapa kategori, maka apakah kita akan menerapkan nomor standar ataukah memakai format nomor bertingkat ?

Adapun format yang sanggup dipakai dalam microsoft word yaitu :
A. Nomor standar yaitu format nomor yang hanya mempunyai satu tingkat dengan bentuk Abjad, angka, atau angka romawi menyerupai :
1. .................
2. .................
3. .................

a. .................
b. .................
c. .................

I. .................
II. .................
III. .................

Untuk format nomor standar atau level 1 tampaknya setiap pembuat dokumen tidak terlalu sulit sebab anda cukup mengetikan angka atau abjad sebagai penomoran.
Namun bagi pembaca yang belum mengetahui cara menciptakan atau menunjukkan nomor bertingkat maka terdapat dua pilihan yang sanggup anda gunakan yaitu format yang telah tersedia, atau anda akan memakai format yang diadaptasi (campuran).

Dalam menciptakan nomor tersebut bergotong-royong ada cara gampang dalam penerapannya yaitu dengan melaksanakan langkah-langkah berikut :



1. Buat nomor, tekan tombol spacebar, tekan tombol shortcut (Ctrl+Shift) + M, bila nomor dan kursor berpindah ke kanan.
2. Setelah selesai mengisi kalimat pada nomor awal, tekan enter yang akan menghasilkan angka selanjutnya. Lalu pindahkan kursor ke nomor kedua untuk mengisi kalimat.
3. Ulangi langkah ke 2 dan seterusnya semoga menghasilkan nomor secara urut.

Misalkan anda telah menciptakan nomor 1 hingga dengan nomor 3, kemudian anda menciptakan paragraf gres yang tidak bernomor dan anda akan menunjukkan nomor awal kembali biasanya akan menghasilkan nomor terakhir. Dimana angka yang seharusnya nomor 1, maka akan menghasilkan nomor 4. Untuk mengembalikan nomor 4 tersebut menjadi nomor 1 maka anda sanggup memakai perintah : Alt+H + N + V (Set number Value) kemudian rubah set value to menjadi angka 1.

B. Nomor bertingkat prinsipnya sama dengan langkah pembuatan nomor level 1. Hanya pada pembuatan nomor bertingkat ini ada langkah yang perlu anda lakukan untuk menghasilkan nomor bertingkat yaitu :
1. Buat nomor awal tekan spacebar kemudian ketikan perintah : Alt+H + M, kemudian pilih jenis nomor bertingkat yang ada sesuai dengan pilihan anda untuk menghasilkan angka level 1.
2. Untuk menghasilkan angka level 2 caranya yaitu dengan menekan Alt+H + M + C. Anda sanggup menentukan angka level 2. Sebagai ilustrasi maka nomor bertingkat sanggup dilihat di bawah ini :
1. Level 1
1.1. Level 2
1.1.1. Level 3
1.1.2. Level 3

Untuk mengatur atau mengkonfigurasi nomor tersebut anda sanggup memanfaatkan : Change List Level, Define New Multilevel List dan Define New List Style... atau anda sanggup menggunakan format painter.

Dengan demikian prinsip dalam menulis nomor pada microsoft word sanggup dilakukan secara otomatis, sehingga nomor akan tetap sesuai dengan urutannya.
Sumber http://berbagi73.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Membuat Nomor Bertingkat (Multilevel List)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel