iklan

Apa Itu Listrik Statis? Inilah Pengertian Dan Penjelasannya

Apa Itu Listrik Statis? Inilah Pengertian Dan Penjelasannya

 tentu anda tidak gila dengan permainan dengan memakai penggaris yang di gunakan bers Apa Itu Listrik Statis? Inilah Pengertian Dan Penjelasannya

Saat usia anak-anak, tentu anda tidak gila dengan permainan dengan memakai penggaris yang di gunakan bersama dengan sobekan kertas yang lalu penggaris tersebut di gosok-gosokan ke rambut. Setelah anda dekatkan apa yang terjadi?

Yang terjadi pecahan kertas akan terangkat oleh penggaris yang gres digosok-gosokan alasannya ialah terdapat muatan listrik yang bersifat statis. Listrik statis yaitu sekumpulan muatan listrik dalam jumlah tertentu yang terdapat pada permukaan benda. Muatan benda yang di hasilkan akan tetap ada hingga dengan benda tersebut melepaskan muatan listriknya.

Dapat di katakan bahwa listrik statis berkaitan dengan tanda-tanda kelistrikan yang membisu dan tidak mengalir. Sehingga listrik statis ini tidak sanggup mengalir dari tempat satu ke tempat dalam waktu yang singkat.

  • Konsep Dasar Listrik Statis

Saat pecahan kertas kecil di dekatkan dengan penggaris yang sudah digosok-gosokan maka hal tersebut termasuk dalam konsep dasar listrik statis. Muncul fatwa listrik alasannya ialah adanya perpindahan electron dari benda satu ke benda yang lain. Terdapat 2 muatan listrik yaitu muatan positive dan muatan negative. Muatan listrik di katakan positive apabila benda tersebut mengandung proton yang lebih banyak dari pada jumlah electron, begitu juga sebaliknya dengan muatan negative. Sedangkan benda yang tidak memiliki muatan listrik disebut dengan netral.

Benda yang memilki muatan yang sejenis akan saling tolak menolak dikala di dekatkan satu sama lain dan sebaliknya dikala benda memiliki muatan yang berbeda akan saling tarik menarik.

  • Medan Listrik

Medan listrik yaitu kawasan di sekitar benda yang memiliki muatan listrik namun masih mengalami gaya listrik. Bisa di katakan pula bahwa medan listrik merupakan suatu kawasan dimana gaya listrik yang dihasilkan masih bekerja.

Arah medan listrik pada sebuah benda yang bermuatan listrik sanggup di gambarkan dengan adanya garis-garis gaya listrik. Untuk muatan nyata memiliki garis gaya listrik yang menjauhi atau keluar dari muatan tersebut. Sedangkan untuk muatan negative memiliki garis gaya listrik mendekati pada muatan tersebut.

  • Contoh penerapan listrik statis

Beberapa hal dibawah ini mungkin sering di jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Berikut penerapan listrik statis dalam kehidupan sehari-hari :

  1. Ketika menyisir rambut, tanpa disadari rambut sering terbawa sendiri seiring dengan gerakan sisir.
  2. Debu yang melekat pada layar televise.
  3. Penggaris yang digosokkan pada rambut ataupun tangan kering akan sanggup menarik pecahan kertas kecil.
  4. Menggosokkan balon pada tangan
  5. Saat anda mendekatkan tangan ke layar TV yang gres saja di matikan, anda sanggup memperhatikan bahwa bulu atau rambut pada tangan akan berdiri.
  6. Kain sutra yang di gosokan dengan batang kaca, maka akan terjadi reaksi tarik menarik antara kedua benda tersebut. Hal ini dikarenakan adanya electron pada batang beling yang berpindah ke kain sutera sehingga batang beling tersebut akan bermuatan nyata dan batang beling bermuatan negative.

sekian ulasan wacana Apa Itu Listrik Statis? Inilah Pengertian Dan Penjelasannya supaya artikel dari ayoksinau.com sanggup bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya :


Sumber https://www.ayoksinau.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa Itu Listrik Statis? Inilah Pengertian Dan Penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel