iklan

✔ Tips Diterima Kerja Di Indomaret Menurut Pengalaman Pribadi

Ada beberapa tips diterima kerja di indomaret yang harus anda lakukan biar sanggup lolos tes seleksi dan sanggup tanda tangan kontrak di perusahaan ritel tersebut.Ini merupakan pengalaman pribadi saya sendiri ketika mendaftar dan sanggup lulus dan bekerja disana.

Langkah yang sanggup anda lakukan biar sanggup diterima bekerja di indomaret tidaklah terlalu sulit alasannya yakni memang test yang diberikan tidak susah.terlebih lagi mungkin persainganya juga tidak terlalu banyak dibandingkan dengan persaingan masuk perusahaan sekelas astra group.Silahkan disimak baik-baik untuk penjelasanya.



Cara Supaya Bisa Diterima Bekerja di Indomaret




Ada beberapa tips diterima kerja di indomaret yang harus anda lakukan biar sanggup lolos te ✔ Tips Diterima Kerja di Indomaret Berdasarkan Pengalaman Pribadi




Salah satu perusahaan ritel terbesar di indonesia ini selain mempunyai banyak cabang,tentunya membutuhkan banyak karyawan untuk keberlangsungan produktivitasnya bukan? inilah mungkin yang mebuat lowongan disini sering sekali dibuka.

Hal utama yang menjadi tolak ukur apakah anda berhak lolos bekerja atau tidak yakni HASIL TESnya.Saya akan jelaskan secara detail prosesnya untuk anda,silahkan disimak baik-baik :


Pakaian ketika melamar kerja di indomaret harus rapih


Langkah awal tentunya yakni mendaftarkan diri.Jika anda tiba untuk melamar di daerah ini,pakaian yang perlu anda gunakan yakni :
  • Sepatu hitam polos
  • Celana panjang hitam bahan
  • Baju putih berkerah ( sanggup lengan panjang sanggup pendek )
  • Rambut dan kumis jenggot dicukur rapih


Ini yakni pakaian yang umumnya dikenakan.karena saya dulu juga deperti itu.Jangan coba-coba iseng dengan tidak mematuhinya ya,walaupun nama perusahaan ini tidak sebesar ASTRA,tetapi jikalau anda tidak mematuhi peraturan,petugas tidak segan mengusir anda keluar loh,jadi ikuti aturanya saja ya.

Kemudian jikalau anda sudah mendaftarkan diri anda,tentunya anda akan menunggu panggilan mengikuti tesnya.Jika anda beruntung dan memang TUHAN memperlihatkan rezeki untuk anda,anda akan mendapat penggilan tes itu.Langkah selanjutnya bagaimana?

Selanjutnya yakni anda harus mengikuti  tahapan seleksi prosesnya.Ada beberapa tes dan pembinaan yang harus anda lalui,berikut saya jelakan rincinya :


Pertanyaan dan balasan tes indomaret harus memenuhi nilai minimal


Saat anda sudah mendapat panggilan seleksi awal,silahkan pergi menuju daerah yang ditentukan dengan memakai pakaiaan ibarat yang saya tuliskan diatas.Tapi biasanya semuanya akan tertulis lengkap di SMS yang anda terima.Ikuti semua perintah dan petunjuknya.

Untuk alurnya kurang lebih ibarat ini :


1. matematika dasar


Soal pertama yakni matematika dasar.Bentuknya hitung-hitungan uang hampir seluruh soal,paling beberapa yang hanya berupa kilogram dan meter sentimeter saja.Saya masih ingta beberapa soalnya,anggap saja ini bocoran soal untuk anda,hehe.Kurang lebih ibarat ini :
  • Budi membawa uang 75.000.Dia membeli buku seharga 5.000 sebanyak 3 buah.blpoint seharga 2.500 1 buah dan 3 buah pensil seharga 1.500.Berapa uang kembalianya?
  • Jika 1 ons harganya 3.500,berapa harga untuk 2.5 kilogram?


Untuk menjawab matematika dasar,tipsnya adalah :

Sebagian besar soalnya memang tidak jauh--jauh dari uang,mungkin alasannya yakni ini meruapakan toko jual beli kali ya.Soal yang kilogram dan sentimeter hanya beberapa saja,tetapi untuk persiapan,saya sarankan anda untuk mencar ilmu sebanyak-banyaknya biar jikalau bentuknya nanti lain dari pengalaman saya dulu,anda tidak kaget.


2. Interview atau wawancara


Percaya atau tidak,pengumuman yang lolos dengan yang tidak eksklusif hari itu juga.Dan jikalau lolos,anda akan dipersilahkan mengikuti wawancara pada hari berikutnya sesuai dengan yang telah diitentukan.

Pertanyaanya sederhana dan tidak terlalu sulit,saya ingat beberapa saja,kurang lebih ibarat ini :
  • Perkenalan diri ( nama,lulusan,pekerjaan orangtua,jumlah saudara ) ya perkenalan biasa saja
  • Hobi
  • Kegiatan sehari-hari
  • Alasan mencari kerjaan


Seingat hanya ibarat itu saja.Mungkin alasannya yakni kubutuhan yang mendesak,jadi prosesnya ibarat itu.Tetapi saya tidak tahu apakah memang ibarat itu atau ibarat yang saya katakan.

Saat menjawab wawancaranya,tipsnya adalah :
  • Harus tegas
  • Jangan bertele-tele jikalau menjawab ( kalau memang pas,jawab saja dengan siap/ya saja )
  • Gunakan pakaian rapih sesuai panduan yang ada di panggilan SMSnya ( alasannya yakni sebelum mulai anda akan disuruh bangkit dan HRD akan melihat pakaian anda )
  • Duduk tegap jangan bersender kursi


Pengumumanya tidak hari itu juga,melainkan beberapa hari setelahnya melalui SMS.Jika memang rezeki anda.anda akan dipanggil untuk mengikuti pembinaan di DC/TC pusatnya.Ingat,ini belum final yaa,masih ada tahapan selanjutnya.


Ikuti pembinaan dengan baik sesuai peraturan


Seperti yang saya katakan sebelumnya,jika anda beruntung,anda akan dipersilhakan mengikuti proses ini.Saya akan jelaskan untuk anda sedetail mungkin.

Training ini yakni semacam acara santunan materi terkait apa saja yang harus dilakukan di toko nantinya dan hal apa yang dilarang dilakukan.Waktunya bermacam-macam,untuk pramuniaga biasanya 10 hari,untuk kasir biasanya 15 hari tetapi sanggup berubah sesuai kebutuhan.

Yang menjadi point disini bukan hanya MATERI TRAINING DI INDOMARETnya saja,melainkan ada yang tidak kalah penting yaitu : peraturan!

Supaya sanggup lolos,tipsnya yakni sebagai berikut :
  • Selalu ikuti peraturan yang berlaku ( apapun itu baik pakaian,rambut,sepatu,sabuk,dll )
  • Jaga kesopanan ( tutur kata dan sikap )
  • Jaga tatakrama ketika dikelas
  • Selalu ikuti perintah pemberi materi,jangan dilawan dan patuhi saja
  • Jangan hingga telat apalagi tidak masuk ( jikalau sakit,masuk saja,nanti izin ke klinik )
  • Jika anda salah dan mendapat hukuman,jangan dibantah,ikuti saja


Kenapa saya katakan ibarat itu,karena pemberi materi pembinaan punya kuasa penuh untuk menggagalkan anda dan menyuruh anda pulang.Jadi ketika anda sudah pada tahapan ini,anda harus dana wajib tidak melaksanakan kesalahan ( yang fatal ).

Saat saya dulu,ada 4 anak yang gagal disini,kesemuanya itu dikarenakan tidak sanggup mejaga sopan santun.Mereka yang gagal tersebut memang kalau bicara ibarat tidak ada saringanya,asal ceplos saja.Saya sempat tidak percaya kalau mereka disuruh pulang dan gagal,tetapi kenyataanya memang ibarat itu.


Lalaui masa percobaan di toko dengan baik


Masa percobaan? apa ini? ini yakni tahapan terahir anda untuk sanggup tanda tangan kontrak selama kurang lebih 1 tahun.Jadi sebelum itu,anda akan diberikan masa percobaan,waktu saya dulu,lamanya yakni 3 bulan.Jika dalam 3 bulan anda sanggup melaluinya dengan baik,anda akan ditawari tandatangan kontrak selama 1 tahun kedepan.

Supaya tahapan terahir ini sukses,tipsnya yakni :
  • Jangan hingga telat datang
  • Lakukan kiprah sesuai dengan perintah senior dengan baik ( jikalau beruntuk anda akan mendapati senior yang baik,tapi begitupun sebaliknya ) tidak usah takut,karena senior yang tidak baik,bisa dilaporkan ke supervisor atau pertugas di DC/TC nanti
  • Usahakan memang terlihat anda niat bekerja dan jangan hingga terlihat anda itu pemalas
  • Jaga tatakrama dengan personil yang lain


Setelah 3 bulan,pihak sentra akan meminta kepala toko anda untuk memperlihatkan evaluasi perihal diri anda.Jika nilainya baik,seperti yang saya katakan,anda sanggup TTD kontrak untuk 1 tahun kedepan.Dan secara resmi anda sudah diterimaa bekerja di toko indomaret,selamat.

Ada beberapa artikel lain yang mungkin sanggup sedikit membantu anda :


- Jenis tes matematika yang sering menciptakan gagal para calon karyawan baru

- Tugas atau jobdesk karyawan indomart sesuai dengan jabatan masing-masing

- Cara menjadi karyawan tetap di indomartt


Demikian pembahasan mengenai tips diterima bekerja di indomaret yang saya tuliskan menurut apa yang saya alami sendiri.Semoga sanggup sedikti membantu anda yang ingin melamar pekerjaan di ritel ini.Terimakasih telah membaca,see uu.
Sumber http://www.pujihartono.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Tips Diterima Kerja Di Indomaret Menurut Pengalaman Pribadi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel