iklan

6 Tips Keuangan Penting Untuk Anda Yang Sedang Memulai Bisnis!

Dalam satu dekade terakhir, aneka macam bisnis berskala perjuangan kecil dan menengah (UKM) tumbuh subur di Indonesia. Hal ini dimulai dengan gebrakan pemerintah dengan menciptakan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Metode tersebut memungkinkan siapa saja berpeluang menciptakan suatu bisnis dengan proteksi pendanaan dari pemerintah.


Stimulasi modal berupa Kredit Usaha Rakyat dari pemerintah tersebut rupanya telah berhasil menghidupkan iklim kewirausahaan di Indonesia. Selain itu kemajuan teknologi dan saluran info juga turut memudahkan masyarakat dalam merintis sebuah usaha. Teknologi digital web 2.0 dan kehadiran sosial media mempunyai tugas yang cukup vital dalam dunia kewirausahaan di Indonesia.


Seiring berkembang pesatnya penggunaan sosial media di dunia, metode bisnis pun mulai bergeser. Memanfaatkan fasilitas yang ada, bisnis online berbasis sosial media mulai bermuculan dan tumbuh subur. Siapapun sanggup berbisnis dimanapun. Dengan fasilitas yang ada, berbisnis melalui sosial media sanggup dilakukan siapa saja. Pekerja kantoran, ibu rumah tangga, bahkan mahasiswa.


Setiap orang mempunyai saluran yang sama terhadap peluang usaha, tinggal bagaimana kita peka terhadap peluang tersebut. Bahkan Anda sanggup memulai perjuangan tanpa modal hanya dengan berbekal blackberry messenger dengan sistem dropship.


Akan tetapi, fasilitas berbisnis tersebut tidak serta merta membawa laba bagi semua orang. Perlu kecakapan dan pemahaman biar bisnis online ini sanggup berjalan dengan baik. Bagi Anda yang gres mau memulai bisnis online, beberapa hal berikut sanggup menjadi contoh dalam mengelola bisnis online.


Baca juga: Cegah Bangkrut Dengan Memahami Fungsi Neraca Keuangan


Tips Keuangan Penting Untuk Anda yang Sedang Memulai Bisnis




  1. Pisahkan Uang Sesuai Plot Kebutuhan




 aneka macam bisnis berskala perjuangan kecil dan menengah  6 Tips Keuangan Penting Untuk Anda Yang Sedang Memulai Bisnis!


sumber gambar: saveupdata.com


Setiap bisnis niscaya membutuhkan modal. Modal tersebut sanggup berupa uang maupun barang. Namun modal utama yang biasanya paling mayoritas yaitu uang.


Untuk memulai bisnis, penggunaan uang yaitu hal penting yang harus Anda perhatikan. Jangan hingga kesalahan dalam penggunaan uang menciptakan bisnis yang Anda rintis kacau balau bahkan pailit. Untuk mengatasinya, hal sederhana yang sanggup Anda lakukan yaitu memisahkan uang sesuai dengan plot kebutuhannya.


Saat memulai bisnis, Anda tentu akan mempunyai sejumlah modal untuk menjalankannya. Modal tersebut yang akan Anda belanjakan untuk memenuhi barang-barang ataupun kebutuhan lain untuk menunjang bisnis. Dalam hal ini, Anda dihentikan terlena. Anda harus sanggup memilah dan memisahkan nominal masing-masing kebutuhan tersebut.


Memisahkan nominal keuangan sesuai dengan plot kebutuhan akan mempermudah Anda berhitung. Metode ini meminimalisir kelebihan penggunaan uang untuk suatu kebutuhan. Dengan demikian, Anda akan lebih gampang mengatur penggunan modal.




  1. Buat Target Pengeluaran Secara Akurat




 aneka macam bisnis berskala perjuangan kecil dan menengah  6 Tips Keuangan Penting Untuk Anda Yang Sedang Memulai Bisnis!


sumber gambar: abayups.wordpress.com


Baca juga: Tips Pengelolaan Akuntansi Keuangan Bagi Usaha Kecil


Dalam berbisnis, duduk perkara belanja kebutuhan seringkali dianggap sepele. Pelaku bisnis membeli barang-barang engan dalih kebutuhan penunjang. Tanpa disadari, hal tersebut menciptakan sirkulasi pengeluaran dan pemasukan menjadi kacau. Akibatnya, perhitungn bisnis menjadi tidak akurat.


Untuk menghindari timpangnya sirkulasi pemasukan dan pengeluaran, Anda perlu menciptakan sasaran pengeluaran secara akurat. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menentukan prioritas pengeluaran. Tujuan utmanya yaitu biar gampang menentukan hal-hal penting yang harus diutamakan ketika Anda harus mengeluarkan modal untuk membeli sesuatu.


Akurasi sasaran pengeluaran juga akan memudahkan pendataan inventaris dalam bisnis. Segala pengeluaran yang ditargetkan secara akurat mencegah pembelian hal-hal yang kurang penting.




  1. Catat Secara Rinci Sirkulasi Keuangan




 aneka macam bisnis berskala perjuangan kecil dan menengah  6 Tips Keuangan Penting Untuk Anda Yang Sedang Memulai Bisnis!


sumber gambar: ilmu-investasi.com


Baca juga: Pentingnya Arus Kas Dalam Manajemen Keuangan Perusahaan


Setelah mengatur nominal penggunan uang dan mengatur sasaran pengeluaran, langkah penting yang harus dilakukan ketika Anda berbisnis yaitu mencatat secara rinci sirkulasi keuangan. Hal ini wajib dilakukan oleh semua pelaku bisnis. Sirkulasi keuangan merupakan salah satu hal paling krusial yang menentukan kelangsungan bisnis Anda .


Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu pencatatan seluruh transaksi yang terjadi selama Anda menjalankan bisnis. Mengapa demikian? Hal ini untuk mengetahui apa saja yang sudah Anda lakukan selama berbisnis. Dana yang masuk maupun yang keluar harus tercatat. Anda perlu menyiapkan sebuah buku khusus untuk mencatat sirkulasi keuangan.


Pastikan semua uang yang masuk tercatat dalam catatan keuangan. Lakukan hal ini secara terpola dan terperinci. Anda perlu tahu dari mana saja asal uang yang masuk ke kas keuanganmu. Selain itu, catat secara detil pula dimana uang itu harus ditempatkan. Uang yang masuk sanggup dialokasikan menjadi mdal ataupun menjadi simpanan.


Selain detil pemasukan, detil pengeluaran juga harus Anda catat. Pastikan juga Anda menyimpan semua bukti transaksi pembayaran sekecil apapun. Meski sering dianggap pelengkap, bukti transaksi pembayaran yaitu hal yang penting ketika penghitungan keuangan. Dengan bukti ini Anda sanggup mengetahui kemana saja uang dibelanjakan dan berapa nominalnya.


Pencatatan secara rinci sirkulasi dana akan menghindarkan pergeseran margin yang berlebih antara sasaran pengeluaran dengan belanja yang dilakukan. Dengan demikian, hal ini akan sangat memantu Anda dalam pengelolaan keuangan ketika Anda berbisnis. Terlihat sepele namun sangt penting.




  1. Buat Jadwal dan Target Pengembalian Modal




 aneka macam bisnis berskala perjuangan kecil dan menengah  6 Tips Keuangan Penting Untuk Anda Yang Sedang Memulai Bisnis!


sumber gambar: satujam.com


Baca juga: Contoh Pembukuan Keuangan Lengkap Untuk Usaha Kecil


Dalam setiap bisnis perlu adanya target. Salah satu sasaran penting ketika Anda berbisnis yaitu pengembalian modal. Anda harus memperhitungkan berapa usang modal bisnis akan kembali.


Modal merupakan salah satu pondasi awal dalam menjalankan bisnis. Modal ini yaitu penopang awal ketika bisnis mulai berjalan. Kelancaran modal juga menjadi salah satu faktor penentu kelangsungan bisnis. Untuk itu, Anda perlu memikirkan juga bagaimana caranya biar modal tetap stabil bahkan cenderung bertambah.


Langkah penting yang harus dilakukan yaitu menciptakan aktivitas dan sasaran pengembalian modal. Ketika dipakai di awal bisnis, modal akan terus berkurang bahkan mungkin habis. Jika modal benar-benar habis, tentunya Anda akan kesulitan dalam melangsungkan bisnis. Untuk itu, Anda harus menciptakan sebuah sasaran dan aktivitas kapan modal itu harus kembali ke nominal awal.


Jadwal yang rapi akan memudahkan Anda mengelola keuangan. Dengan begitu, akan semakin gampang melakuan penghitungan mengenai kapan modal itu akan kembali.




  1. Pisahkan Keuntungan Dari Modal




 aneka macam bisnis berskala perjuangan kecil dan menengah  6 Tips Keuangan Penting Untuk Anda Yang Sedang Memulai Bisnis!


sumber gambar: blog.mokapos.com


Baca juga: Cara Mengatur Keuangan Keluarga Dan Keuangan Usaha


Salah satu langkah penting ketika Anda berbisnis yaitu memisahkan laba dari modal. Hal ini untuk mengukur seberapa jauh perkembangan bisnis Anda . Keuntungan yang diperoleh sanggup menjadi ukuran tercapai atau tidaknya sasaran bisnis yang Anda buat.


Keuntungan dalam bisnis sanggup dihitung menurut sasaran yang sudah dibuat. Untuk memudahkan penghitungan keuntungan, Anda perlu tahu juga jumlah modal awal dan pemasukan sesudah bisnis berjalan. Biasanya selisih antara pemasukan dan modal tersebut yang akan kita sebut keuntungan.


Dalam tenggat waktu tertentu, modal awal bisnis akan kembali ke angka awal. Di masa itu, Anda harus teliti menghitung berapa kelebihan dari modal awal bisnis. Kelebihan itu harus Anda pisahkan dari modal. Tujuannya yaitu biar kita tahu berapa jumlah laba yang kita sanggup satu waktu target. Keuntungan ini juga yang sebaiknya Anda gunakan sebagai persediaan dana biar modal awal tetap stabil dan tidak berkurang.




  1. Gunakan Sebagian Keuntungan untuk Menambah Modal




 aneka macam bisnis berskala perjuangan kecil dan menengah  6 Tips Keuangan Penting Untuk Anda Yang Sedang Memulai Bisnis!


sumber gambar: ummi-online.com


Baca juga: Memahami Pengertian Omset, Profit Dan Margin Dalam Bisnis


Dalam mejalankan bisnis, Anda tentu tidak ingin berhenti hanya di satu titik. Akan ada ketika ketika Anda ingin memajukan atau membesarkan bisnis yang sedang dijalakan. Dengan demikian, modal yang Anda perlukan juga akan lebih besar dari modal awal ketika memulai bisnis.


Untuk menyiasati hal tersebut, salah satu cara yang sanggup Anda lakukan yaitu menambahkan laba menjadi modal. Agar persediaan keuangan tetap aman, Anda cukup mengambil sebagian dari laba yang dimiliki. Dengan cara ini, Anda sanggup membesarkan modal awal namun masih mempunyai simpanan dari laba yang sudah ada.


Memulai bisnis bukan tanpa kecakapan. Selain kerapian dalam mengatur jadwal, Anda juga harus teliti dalam hal keuangan. Kedisiplinan dan ketelatenan yaitu kunci utama dalam menjalankan bisnis.



Sumber https://www.pojokbisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 Tips Keuangan Penting Untuk Anda Yang Sedang Memulai Bisnis!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel