iklan

Pengertian Microsoft Excel Dan Fungsinya

Pengertian Microsoft Excel dan Fungsinya - Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel yaitu kegiatan aplikasi spreadsheet yang dibentuk dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang sanggup berjalan di Microsoft Windows dan Mac OS.

Aplikasi ini mempunyai fitur perhitungan dan grafis yang, dengan memakai seni administrasi pemasaran Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer terkenal yang dipakai pada mikrokomputer hingga dikala ini.

Sebenarnya, kegiatan ini dikala ini merupakan kegiatan spreadsheet yang paling banyak dipakai oleh banyak pihak, baik pada platform PC berbasis Windows dan platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 terbit pada tahun 1993.

Aplikasi ini merupakan bab dari Microsoft Office System, dan Versi terbaru yaitu versi Microsoft Office Excel 2013 yang terintegrasi dalam paket Microsoft Office System 2013.

Sejarah Microsoft Excel
Pada tahun 1982, Microsoft menciptakan kegiatan spreadsheet berjulukan Multiplan, yang sangat terkenal di sistem CP / M, namun tidak dalam sistem operasi MS-DOS alasannya yaitu sudah bangun untuk saingannya Lotus 1-2-3.

Hal ini menciptakan Microsoft mulai membuatkan kegiatan spreadsheet gres yang disebut Excel, dengan tujuannya, menyerupai yang dikatakan Doug Klunder, "lakukan 1-2-3 dan lakukan dengan lebih baik / lakukan apa yang mereka lakukan 1-2-3 dan lebih baik lagi".

Versi pertama Excel dirilis untuk Macintosh pada tahun 1985 dan versi Windows-nya diikuti (diberi nomor versi 2.0) pada bulan November 1987.

Lotus terlambat memasuki pasar kegiatan spreadsheet untuk Windows, dan pada tahun itu Lotus 1-2-3 masih MS - DOS Pada tahun 1988, Excel mulai menggeser 1-2-3 di pangsa pasar kegiatan spreadsheet dan menjadikan Microsoft sebagai salah satu pengembang aplikasi perangkat lunak terdepan untuk komputer langsung yang handal.

Prestasi ini menegaskan Microsoft sebagai pesaing yang sangat besar lengan berkuasa untuk 1-2-3 dan bahkan mereka mengembangkannya dengan lebih baik.

Microsoft, dengan memakai kelebihannya, merilis versi gres Excel setiap dua tahun, dan versi terbaru Excel untuk Windows yaitu Microsoft Office Excel 2010 (Excel 14), sedangkan untuk Macintosh (Mac OS X), versi terbaru yaitu Excel untuk Mac.

Pada hari-hari awal peluncurannya, Excel menjadi target tuntutan perusahaan lain yang berkecimpung dalam industri keuangan yang telah menjual perangkat lunak yang juga mempunyai nama Excel.

Pengertian Microsoft Excel dan Fungsinya Pengertian Microsoft Excel dan Fungsinya
Excel

Akhirnya, Microsoft mengakhiri tuntutannya dengan kekalahan dan Microsoft harus mengganti nama Excel menjadi "Microsoft Excel" di semua siaran pers dan dokumen Microsoft.

Namun, dalam praktiknya, ini diabaikan dan bahkan Microsoft membeli Excel dari perusahaan yang sebelumnya meminta mereka, jadi penggunaan nama Excel saja tidak akan menjadikan duduk masalah lagi.

Microsoft juga sering memakai abjad XL sebagai abreviasi untuk kegiatan yang walaupun tidak umum, icon yang dipakai oleh kegiatan ini masih terdiri dari dua abjad (meski diberi beberapa gaya penulisan).

Selain itu, ekstensi default spreadsheet yang dibentuk oleh Microsoft Excel ke versi 11.0 (Excel 2003) yaitu * .xls sedangkan mulai Microsoft Office Excel 2007 (versi 12.0) ekstensi defaultnya yaitu * .xlsx yang mendukung format HTML namun dengan konten yang sama telah Ukuran file yang lebih kecil jikalau dibandingkan dengan versi Excel sebelumnya.

Excel mengatakan banyak keunggulan antarmuka dibandingkan dengan kegiatan spreadsheet sebelumnya, namun pada dasarnya masih sama dengan VisiCalc (perangkat lunak spreadsheet yang terkenal untuk pertama kalinya): Sel disusun dalam barisan dan kolom, dan berisi data atau formula dengan rujukan atau rujukan diktatorial relatif. ke sel lainnya

Excel yaitu kegiatan spreadsheet pertama yang memungkinkan pengguna memilih bagaimana tampilan spreadsheet yang mereka edit: font, atribut karakter, dan tampilan setiap sel.

Excel juga mengatakan kalkulasi ulang sel yang cerdas, di mana hanya sel-sel terkait yang akan diperbarui (di mana kegiatan spreadsheet lainnya akan menghitung ulang keseluruhan data atau menunggu perintah tertentu dari pengguna). Selain itu, Excel juga mengatakan fitur pemrosesan grafis yang sangat baik.

Saat pertama kali digabungkan ke Microsoft Office pada tahun 1993, Microsoft mendesain ulang tampilan antarmuka yang dipakai oleh Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint biar sesuai dengan tampilan Microsoft Excel, yang pada dikala itu menjadi aplikasi spreadsheet yang paling disukai.

Sejak tahun 1993 Excel telah mempunyai bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA), yang sanggup menambahkan kemampuan Excel untuk mengotomatisasi Excel dan juga menambahkan fungsi yang ditetapkan pengguna (UDF) untuk dipakai dalam lembar kerja.

Di versi yang lebih baru, Microsoft bahkan menambahkan lingkungan pengembangan terpadu (IDE) untuk bahasa VBA untuk Excel, sehingga memudahkan pemrogram untuk menciptakan kegiatan mereka sendiri.

Selain itu, Excel juga bisa merekam semua yang dilakukan oleh pengguna menjadi makro, sehingga bisa mengotomatisasi beberapa tugas.

VBA juga memungkinkan terciptanya bentuk dan kontrol yang terdapat dalam worksheet untuk berkomunikasi dengan penggunanya.

Bahasa VBA juga mendukung penggunaan ActiveX / COM DLL, meski tidak sanggup membuatnya. Versi VBA lebih lanjut menambahkan pemberian ke modul kelas sehingga memungkinkan penggunaan teknik pemrograman berorientasi objek di VBA

Fungsi otomasi yang diberikan oleh VBA menciptakan Excel menjadi target virus makro. Ini yaitu duduk masalah yang sangat serius di dunia perjuangan hingga pembuat antivirus mulai menambahkan pemberian untuk mendeteksi dan membersihkan virus makro dari file Excel.

Akhirnya, meskipun terlambat, Microsoft juga mengintegrasikan fungsi untuk mencegah penyalahgunaan makro dengan menonaktifkan makro secara keseluruhan, atau menonaktifkan makro dikala mengaktifkan buku kerja, atau mempercayai makro terenkripsi dengan memakai akta digital tepercaya.

Dari rilis pertama, Excel memakai format file biner yang disebut Binary Interchange File Format (BIFF) sebagai format file utamanya. Ini berubah dikala Microsoft merilis Office System 2007 yang memperkenalkan Office Open XML sebagai format file utamanya.

Office Open XML yaitu file wadah berbasis XML yang menyerupai dengan XML Spreadsheet (XMLSS), yang diperkenalkan di Excel 2002. Berkas versi XML tidak sanggup menyimpan makro VBA.

Meskipun mendukung format XML yang baru, Excel 2007 masih mendukung format tradisional BIFF tradisional. Selain itu, sebagian besar versi Microsoft Excel juga mendukung format Comma Separated Values ​​(CSV), DBase (DBF), format SYMPbolic LinK (SYLK), Format Data Interchange Format (DIF) dan banyak format lainnya, termasuk format lembar kerja Lotus 1-2. -3 (WKS, WK1, WK2, dan lainnya) dan Quattro Pro.

Excel 2007 tidak mendukung untuk menyimpan semua format tersebut. Beberapa format yang tidak bisa dibuka di Excel 2007 namun bisa dibuka di versi sebelumnya yaitu:

WK1 (1-2-3)
WK4 (1-2-3)
WJ3 (1-2-3 bahasa Jepang) (.wj3)
WKS (1-2-3)
WK3 (1-2-3)
WK1 FMT (1-2-3)
WJ2 (1-2-3 bahasa Jepang) (.wj2)
WJ3, FJ3 (1-2-3 bahasa Jepang) (.wj3)
DBF 2 (dBASE II)
WQ1 (Quattro Pro / DOS)
WK3, FM3 (1-2-3)
Microsoft Excel Chart (.xlc)
WK1, SEMUA (1-2-3)
WJ1 (1-2-3 bahasa Jepang) (.wj1)
WKS (Karya Jepang) (.wks)
Sedangkan beberapa format yang bisa dibuka, namun tidak bisa disimpan di Excel 2007 antara lain:

Lembar kerja Microsoft Excel 2.1
Microsoft Excel 2.1 Makro
Lembar kerja Microsoft Excel 3.0
Microsoft Excel 3.0 Makro
Lembar kerja Microsoft Excel 4.0
Microsoft Excel 4.0 Makro
Buku kerja Microsoft Excel 97 - Excel 2003 & 5.0 / 95
Buku Kerja Microsoft Excel 4.0
DBF 3 (dBASE III)
DBF 4 (dBASE IV)

Berikut yaitu beberapa ekstensi Microsoft Excel:

* .xls, yaitu format default Microsoft Excel sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan bisa menyimpan makro VBA.

* .xlt, yaitu format untuk template lembar kerja Microsoft Excel sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan sanggup menyimpan makro VBA.

* .XML, atau dikenal sebagai XML Spreadsheet. Tidak sanggup mengakomodasi makro VBA.

* .xla, yaitu format untuk Excel Add-in sebelum Excel 12. Ini masih menurut format BIFF dan sanggup menyimpan macro VBA, mengingat tujuannya yaitu untuk menambahkan kemampuan Microsoft Excel.

* .xlsx, yaitu format default dari lembar kerja Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML. Tidak sanggup menyimpan makro VBA, untuk alasan keamanan. Ini bergotong-royong yaitu arsip terkompresi format ZIP dengan struktur dokumen yang terdiri dari dokumen teks XML. Merupakan pengganti dari format .xls kuno.

* .xlsm, yaitu format lembar kerja Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML, namun sanggup menyimpan makro VBA.

* .xlsb, yaitu format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML, namun dikodekan dalam bentuk biner. Format ini mempunyai laba menjadi lebih terbuka dan lebih efisien, mengingat tujuan pembuatan format ini yaitu untuk menangani lembar kerja yang sangat besar yang terdiri dari puluhan ribu baris atau ratusan kolom.

* .xltm, yaitu format untuk template lembar kerja Microsoft Excel 12, yang berbasis XML namun bisa menyimpan makro VBA. Ini yaitu pengganti format * .xlt.

* .xlam, yaitu format untuk Add-in Excel untuk menambahkan kemampuan Excel 12. Secara default bisa menangani macro VBA, mengingat tujuannya yaitu untuk menambahkan kemampuan Excel


Sumber http://www.pintarkomputer.org/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Microsoft Excel Dan Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel