iklan

10 Hal Yang Dicari Perusahaan Bonafid Ketika Merekrut Karyawan

Bisa bekerja di sebuah perusahaan besar dan bonafid tentu membanggakan 10 Hal yang Dicari Perusahaan Bonafid Saat Merekrut Karyawan

Bisa bekerja di sebuah perusahaan besar dan bonafid tentu membanggakan. Ketika ada yang bertanya di mana Anda bekerja, Anda akan dengan percaya diri menjelaskannya. Ada banyak nilai nyata yang didapat ketika diterima bekerja di sebuah perusahan bonafid.

Namun, tentu tidak akan gampang untuk bisa bekerja di sebuah perusahaan bonafid. Akan ada banyak proses seleksi yang harus dijalani. Selain itu, niscaya ada banyak orang lain yang punya minat yang sama dengan Anda. Artinya butuh usaha dan kerja keras untuk bisa lolos dari banyak sekali proses seleksi tersebut.

Nah, untuk memudahkan jalan, Anda harus tahu lebih dulu apa saja hal yang dicari perusahaan bonafid. Berikut ini ulasannya.

1. Potensi jangka panjang

Proses keluar masuk karyawan yang terlalu sering bukan sesuatu yang disukai perusahaan. Apalagi jikalau mereka sudah berinvestasi dengan melatih para karyawan baru. Karena itu, perusahaan niscaya akan mencari calon karyawan yang memang punya potensi bekerja dengan mereka dalam waktu lama.

Pihak HRD akan melihat kandidat pernah bekerja di mana saja dan berapa usang di setiap perusahaan. Ini menjadi indikator yang kerap mereka gunakan untuk menilai kalau kandidat punya potensi bertahan usang atau malah akan jadi kutu loncat.

Sejumlah akta embel-embel selain ijazah akan menjadi petunjuk soal ketertarikan kandidat di bidang yang diharapkan perusahaan. Sehingga mereka bisa melihat bahwa kandidat memang punya potensi untuk bertahan dalam jangka panjang.

2. Kemampuan memperlihatkan hasil

Hal yang dicari perusahaan bonafid lainnya yaitu soal kemampuan kandidat dalam mendukung kegiatan atau rencana dari perusahaan. Mereka biasanya akan menanyakan soal pekerjaan Anda sebelumnya. Bahkan sering diminta secara detail.

Kalau Anda memang punya track records manis dalam mendukung taktik bisnis yang dimiliki perusahaan sebelumnya, Anda berpotensi untuk diterima di perusahaan yang tengah dilamar tersebut. Karena ini akan menciptakan mereka percaya kalau Anda juga akan bisa mendukung kinerja perusahaan demi mencapai sasaran yang sudah dicanangkan.

3. Antusiasme dan gairah (passion)

Poin ini sangat penting dimiliki jikalau ingin bekerja di sebuah perusahaan bonafid. Seperti diulas di poin pertama, perusahaan bonafid akan mencari calon karyawan yang bisa bekerja dalam jangka panjang. Nah, kandidat yang mempunyai gairah yang besar ihwal pekerjaannya punya potensi untuk bertahan lama.

Mereka yang punya rasa cinta dan gairah besar dengan bidang pekerjaan yang ditekuni yang akan dicari perusahaan bonafid. Mereka yang punya gairah besar dengan pekerjaannya tak akan terlalu memusingkan besaran gaji, meski tetap penting juga. Dengan kata lain, mereka hanya mencari kenikmatan ketika bekerja.

4. Menggunakan keterampilannya untuk bertindak

Bukan hal yang asing jikalau Anda akan diminta untuk melaksanakan sejumlah kiprah atau tes kerja ketika melamar ke perusahaan bonafid. Ini dilakukan untuk melihat lebih jauh soal skill atau kemampuan dari kandidat karyawan.  Perusahaan niscaya akan mencari mereka yang punya motivasi tinggi dan aktif dalam menjalankan tugasnya.

Perusahaan akan mencari kandidat yang punya kemampuan memecahkan persoalan dengan kemampuan yang mereka miliki. Setiap tindakan yang dilakukan selalu menurut keterampilan atau kemampuan yang dimilikinya. Jika Anda mempunyai kemampuan tersebut, Anda berpotensi untuk diterima bekerja di perusahaan yang Anda lamar.

5. Cocok dengan lingkungan kerja perusahaan

Seberapa besar kemampuan dan keterampilan yang Anda dimiliki, tapi ketika dinilai tidak cocok dengan lingkungan kerja perusahaan, maka potensi diterima akan berkurang. Karena salah satu hal yang dicari perusahaan bonafid yaitu tingkat kecocokan calon karyawan dengan tempatnya bekerja.

Ada dua hal yang dipertimbangkan oleh perusahaan ketika mencari calon karyawan. Pertama, kandidat harus cocok dengan posisi yang sesuai dengan kemampuan mereka. Kedua, cocok dengan nilai-nilai atau kultur di dalam perusahaan tersebut.

Karena karyawan yang merasa akan sukses di posisinya dan bisa menyatu dengan lingkungan pekerjaan akan berpeluang bertahan lama. Sehingga perusahaan bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki karyawan  tersebut.

6. Pekerja tim

Saat bekerja, niscaya akan ada banyak situasi yang menciptakan setiap karyawan harus bekerja sama dalam menuntaskan kiprah mereka. Bahkan, ketika Anda lebih banyak didominasi mengerjakan kiprah secara individu, niscaya akan ada saatnya untuk bekerja dengan pihak lain dari depatermen yang berbeda.

Perusahaan niscaya akan selalu mencari kandidat yang memang bisa bekerja sebagai sebuah tim. Biasanya ada tes di mana setiap kandidat harus menuntaskan kiprah secara bersama. Sehingga nantinya bisa diketahui kandidat mana yang bisa bekerja dalam sebuah tim atau hanya bisa bekerja secara individual.

7. Ambisi kandidat

Setiap perusahaan bonafid niscaya akan mencari calon karyawan yang bisa memotivasi diri sendiri untuk mencapai apa yang menjadi kiprah mereka. Bahkan bisa melebihi dari apa yang menjadi target.

Karyawan yang punya ambisi cenderung akan bekerja keras dan memaksimalkan kemampuan terbaiknya untuk menuntaskan tugasnya. Mereka bahkan sering mencari cara yang lebih efisien namun bisa memberi hasil yang paling baik.

Jadi, kandidat yang punya ambisi besar lebih berpeluang untuk diterima dibanding mereka yang kebingungan ketika ditanya soal ambisi dalam bekerja.  Pastikan diri Anda memang menyimpan ambisi besar pada bidang pekerjaan yang digeluti.

8. Memberi imbas nyata pada orang lain

Seorang karyawan tak lagi hanya menjadi dirinya sendiri ketika sudah bergabung dalam sebuah perusahaan. Satu sama lain akan saling mempengaruhi. Baik dalam sisi nyata maupun negatif.

Tentu saja hal yang dicari perusahaan bonafid yaitu calon karyawan yang bisa memberi imbas nyata kepada karyawan lainnya. Di antaranya mereka yang bisa memberi apresiasi kepada karyawan lain ketika ia mendapat prestasi atau penghargaan dari perusahaan.

Ketika seorang karyawan bisa meraih prestasi dan mau membagi semangat yang sama kepada  karyawan lain, maka perusahaan akan mendapat dampak yang positif. Semua karyawan menjadi lebih bersemangat dalam bekerja dan bersaing sehat untuk mendapat hasil terbaik.

9. Ketanggapan

Kemampuan seorang kandidat dalam interaksi sosial juga menjadi satu hal yang kerap jadi pertimbangan perusahaan. Terutama perusahaan bonafid. Bagaimana respons karyawan dalam menghadapi tekanan pekerjaan dengan kekerabatan sosialnya memang tak bisa disepelekan.

Mereka yang lebih gampang mengucapkan ‘terima kasih’ ketika mendapat dukungan dari sesama karyawan punya dampak yang besar dalam lingkungan sosial kantor. Sehingga kerukunan karyawan bisa tetap terjaga.

Ketika karyawan rukun dan punya rasa kekeluargaan yang besar, maka mereka akan bisa bekerja dengan maksimal. Hasilnya tentu saja akan dinikmati oleh perusahaan sebagai pihak yang mempekerjaan mereka.

10. Kesan pertama

Jangan pernah lupakan kesan pertama yang ditangkap para perekrut atau pewawancara kerja. Impresi nyata yang didapat perusahaan ketika pertama kali bertemu Anda akan menjadi nilai yang terus menempel pada diri Anda.

Pastikan Anda mengenakan pakaian yang pantas dan tiba sempurna waktu. Kandidat yang terlambat tiba di sesi wawancara akan pribadi mendapat nilai minus dari pihak perusahaan.

Jadi, kalau Anda ingin bekerja di sebuah perusahaan bonafid, pantaskan diri Anda lebih dulu. Kalau memang sudah pantas, jalan untuk diterima niscaya akan lebih mudah.

Penutup

Bisa jadi ada banyak hal yang dicari perusahaan bonafid yang belum terungkap dalam goresan pena kali ini. Namun, setidaknya sudah bisa memberi citra bagi Anda yang ingin tampil percaya diri ketika ditanya di mana Anda bekerja.

Tapi ingat, apa yang sudah Anda raih nanti tetap harus dijaga dengan komitmem besar. Atau Anda hanya akan numpang lewat saja di perusahaan tersebut dan tak bisa lagi berbangga diri.


Sumber https://www.duniakaryawan.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Hal Yang Dicari Perusahaan Bonafid Ketika Merekrut Karyawan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel