iklan

✔ Kisi-Kisi Tes Psikotes Di Indomaret + Wawacara/Interview Lengkap!

Kisi-kisi tes psikotes di indomaret kemudian wawancara atau interview yang akan saya berikan ialah kumpulan soal-soal yang saya temui ketika menjalani proses seleksi karyawan atau sikotes di salah satu ritel terbesar di indonesia itu.Dan saya akan jelaskan semua bocoranya dari awal mendaftar hingga anda diterima kerja dan resmi TTD kontrak atau resmi bekerja disana.

Kisi-kisi soal pertanyaan dan balasan tes psikotes yang ada di indomaret harus dan wajib anda fahami untuk persiapan anda dalam mengahadapi serangkaian alur seleksi mulai dari psikotesnya ataupun wawancara atau interviewnya.Silahkan simak dengan baik goresan pena dibawah ini.


Psikotes dan Wawancara atau Interview di Indomaret




kisi tes psikotes di indomaret kemudian wawancara atau interview yang akan saya berikan ad ✔ Kisi-Kisi Tes Psikotes di Indomaret + Wawacara/Interview Lengkap!



Indomaret ialah sebuah perusahaan ritel yang merupakan salah satu yang terbesar yang ada di indonesia.Oleh alasannya besarnya dan banyaknya cabang perusahaan ini,secara tidak pribadi juga mengharuskan perusahaan ini untuk mempekerjakan banyak karyawan untuk menopang kelangsungan dari perusahaan mereka.

Jika anda ingin mendaftar lowongan kerja disana,ada beberapa hal yang perlu anda fahami,salah satunya ialah : bagaimana alur atu proses seleksi karyawan disana? berikut alur prosesnya :
  • Mendaftarkan diri 
  • Mengikuti sikotes
  • Mengikuti wawancara atau interviewnya
  • Mengikuti proses trainingnya
  • Percobaan kerja di lapangan ( sesuai dengan bab yang anda lamar )
  • TTD kontrak ( jikalau semua rangkaian tesnya anda dinyatakan lulus )

Untuk kali ini,saya akan menawarkan sedikit bocoran tes psikotes dan wawancara yang ada di ritel indomaret.Untuk artikel lainya,anda dapat lihat di bab bawah artikel ini.Silahkan anda simak baik-baik.


PSIKOTESNYA

Yang pertama akan saya bahas ialah sikotesnya.Ada beberapa soal yang diberikan dan keluar pada dikala proses seleksi yang satu ini,antara lain :


1. Matematika Cerita


Ini ialah bentuk soal matematika cerita.Untuk dapat menjawabnya dan mendapat nilai yang bagus,anda hanya perlu untuk mengisinya dengan benar DITAMBAH dengan menuliskan " cara mengejakanya " di kertas kosong yang disediakan.

Jika kertas kosong tidak disediakan,anda dapat menuliskan langkah pengerjaanya di bab belakang lembar balasan anda.Contoh soal ceritanya menyerupai ini :


kisi tes psikotes di indomaret kemudian wawancara atau interview yang akan saya berikan ad ✔ Kisi-Kisi Tes Psikotes di Indomaret + Wawacara/Interview Lengkap!


Tips untuk dapat mengerjakan soal menyerupai ialah :
  • Anda harus hafal banyak rumus matematika dasar
  • Anda harus berguru menuliskan jawabanya dengan " langkah pengerjaanya "
  • Jangan sesekali mencoba untuk mencontek ( resiko gagal sangat tinggi )
  • Sebagian besar soal " membahas wacana UANG " jadi peajari baik-baik point ini

Memang terlihat sangat gampang yaa,TETAPI kenyataan dilapangan nanti akan berbeda.Selain alasannya faktor " gerogi " banyaknya tentangan juga sangat menentukan.Jadi mulaillah mempelajarinya mulai dari sekarang.


2. Matematika Dasar ( penjumlahan,pengurangan,pembagian dan perkalian )


Yang kedua ialah matematik dasar.Bentuk soalnya kurang lebih menyerupai ini :

25.000 + 34.000 - 15.500 = ?
3 x 12.500 + 6.500 + 3.000 = ?
12 x 6 + 250 : 0 = ?
10.500 + 2.000 - 8.500 = ?


Dan masih banyak lagi.Tetapi menyerupai yang sebelumnya saya katakan,SEBAGIAN BESAR tidak jauh-jauh dari UANG.Mungkin alasannya kegiatan terbesar mereka ialah seputar jual beli,jadi menyerupai itu bentuk tesnya. 

Untuk dapat mengerjakan bentuk soal ini,anda hanya perlu berlatih saja dan konsentrasi.Karena ketika saya mengikuti test ini,ada seorang teman yang ditanya 3 x 10 " beliau tidak dapat menjawab ".Bukan alasannya beliau bodoh,tetapi alasannya saking gerogi dan mungkin alasannya kurang konsentrasi.


3. Test Kepribadian


Ini ialah bentuk test untuk mengukur atau menilai attitude atau sikap anda.Bentuk soalnya menyerupai ini :


Saya ialah seorang yang :

a. Tetili     b Pekerja Keras
c. Praktis Bergaul    d. Suka tantangan


Saya suka jenis pekerjaan yang :

a. Butuh tenaga Extra    b. Butuh Konsentarsi Penuh
c. Diluar ruangan    d. Didalam ruangan


Saya suka pemimpin yang :

a. Disiplin     b. Tegas
c. Galak     d. Detail


Untuk dapat mengerjakan pertanyaan yang menyerupai ini,anda TIDAK PERLU KHAWATIR,karena hampir tidak ada balasan SALAH dan BENAR.Ini ialah cerminan dari pribadi anda sendiri.Isikan saja sesuai dengan kata hati anda.

JANGAN TERLALU LAMA berfikir,karena selain jumlah soalnya ada banyak ( sekitar 50 ),waktu yang diberikan juga tidak lama.Jika anda terlalu usang berfikir,itu akan merugikan anda sendiri.


CATATAN!!

Sewaktu saya menjalani seleksi,memang tidak ada bentuk test menyerupai : KRAEPELIN/PULI,TIU 5,GAMBAR WARTEGG ( 8 KOTAK ) dan sebagainya.Hanya itu saja yang keluar.TETAPI untuk berjaga-jaga,ada baiknya anda membaca artikel saya yang lain yang membahas wacana test itu semua.


WAWANCARA/INTERVIEWnya

Kemudian,pembahasan berikutnya ialah wawancara atau interview.Tahapan ini berlangsung ketika anda dinyatakan lolos pada tahapan SIKOTES sebelumnya.Jadi jikalau anda ingin lolos,fahami baik-baik artikel ini dan pelajari dengan sungguh-sungguh.

Pertanyaan dan Jawaban tes indomaret yang saya temui antara lain :


1. Perkenalan Diri


Seperti layaknya inteview,pertama yang ditanyakan atau diberikan ialah : perkenalkan diri anda.

Untuk menjawab dengan baik dan benar,silahkan anda jawab menyerupai ini :
  • Katakan dengan PADAT,SINGKAT,dan JELAS
  • Jelaskan kawasan dan tanggal lahir anda dengan lengkap dan terang
  • Jelaskan wacana keluarga anda ( pekerjaan orang tua,berapa saudara )
  • Jelaskan wacana riwayat sekolah anda ( anda lulusan sekolah apa jurusan apa )
  • Hobi anda apa 

Jangan terlalu banyak dan bertele-tele.Intinya singkat tapi padat ( menyebutkan banyak hal tanpa terlalu banyak basa-basi.


2. Kekurangan dan Kelebihan


Kemudian yang ditanyakan ialah menyebutkan kekurangan dan kelebihan.Saat itu saya jawab menyerupai ini :

Kekurangan : kekurangan saya " boros "
Kelebihan : saya sempurna waktu dan taat peraturan

Ketika saya jawab menyerupai itu,HRDnya bertanya lagi : mengatasi kekurangan anda bagimana? kalau anda melanggar peraturan nanti bagaimana?

Saya jawab menyerupai ini : saya atasi kekurangan " boros " saya dengan kerja keras dan mencari banyak uang.Jika saya melanggar peraturan,saya bersedia diberhentikan dikala itu juga.


3. Menceritakan Pengalaman Sebelumnya


Karena sebelum melamar di indomart ini,saya sudah pernah bekerja,jadi saya ceritakan semua hal mengenai pekerjaan saya sebelumnya,mulai dari :
  • Job Desknya apa
  • Sistem shiftnya bagaimana
  • Gajinya berapa
  • Rekan kerjanya bagaimana
  • Masalah yang pernah saya hadapi apa saja
  • Langkah saya menyelesaiakan persoalan tersebut bagaimana

Saya ceritakan serinci mungkin dan sedetail mungkin.


4. Alasan Berhenti Dari Pekerjaan Sebelumnya


Kemudian HRD juga menanyakan alasan saya habis kontrak di perusahaan sebelumnya apa.Karena memang alasan saya simpulan kontrak alasannya sudah 2 kali kontrak,seperti yang diatur dalam peraturan pemerintah,jadi saya katakan saja alasannya sudah 2 kali kontrak.

Kemudian HRD bertanya lagi : kenapa tidak diangkat karyawan tetap?

Saya jawab : alasannya tidak ada kuota diperusahaan menururt apa yang HRD perusahaan sebelumnya katakan.

HRD dari indomart sempat tersenyum sedikit mendengar balasan saya.Saya tidak tahu apakah alasannya jawabanya terdengar lucu atau hal yang lain.Yang terang saya lolos dan dapat bekerja di ritel tersebut selama 1 tahun.


5. Berapa Gaji yang Diinginkan


Kemudian saya mendapat pertanyaan yang terahir,yaitu : berapa honor yang diinginkan?

Belajar dari pengalaman sebelumnya,jika ditanya pertanyaan ini,jawablah : sesuai UMR atau peraturan pemerintah ( dengan menyebutkan BESAR NOMINALNYA ) berapa rupiah.Jadi jangan cuma jawab sesuai UMR saja,kenapa?

Jika anda hanya menjawab sesuai UMR saja,HRD akan bertanya lagi : memang UMR disini berapa? itulah kenapa saya katakan anda harus menyebutkan nominalnya.Silahkan pelajari besaran UMR ditempat indomart yang anda lamar.


Dengan berbekal balasan menyerupai itu dan sukses menjawab soal sikotes,saya berhak mengikuti tahapan selanjutnya,yaitu training.

Silahkan Baca :

- Proses pembinaan di indomart

- Tips biar dapat lolos dan diterima bekerja di indomart

- Download soal latihan sikotes kerja dalam format PDF

- Jawaban interviw fresh graduate part 1

- Jawaban interviw part 2


Demikian pembahasan wacana apa saja soal yang keluar atau kisi-kisi tes di indomaret mulai dari psikotes dan wawancara atau interview.Semoga dapat membantu anda semua.Terimakasih telah membaca,see uu.
Sumber http://www.pujihartono.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Kisi-Kisi Tes Psikotes Di Indomaret + Wawacara/Interview Lengkap!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel