iklan

7 Pengusir Tikus Alami Untuk Lahan Pertanian Anda

Pengusir tikus alami – Tikus  adalah hama pengganggu yang sering muncul mengganggu budidaya tanaman Anda. Misal pada areal persawahan. Tikus yaitu hama yang sangat mengganggu di areal persawahan Anda. Tikus sanggup merusak tanaman padi Anda dikala akan mulai berbuah. Tikus akan menyerang tanaman padi yang sudah berbuah pada malam hari, akan tetapi tidak jarang pula mereka menyerang pada siang hari.


Untuk mengatasi serangan hama tikus, cara mengusir tikus yang biasa sering dipakai yaitu memakai racun. Hal ini sangat tidak dianjurkan alasannya Anda akan memakai materi kimia yang tidak baik pada lahan pertanian. Selain itu akan memiliki dampak kesehatan pada Anda kedepannya. Akibat lain penggunaan racun tikus yang berupa materi kimia yaitu akan menimbulkan bangkai tikus bertebaran kemana – mana yang sanggup menimbulkan timbulnya aroma yang sangat tidak sedap dan akan menjadi sumber penyakit dilingkungan Anda.


 Tikus  adalah hama pengganggu yang sering muncul mengganggu budidaya tanaman Anda 7 Pengusir Tikus Alami Untuk Lahan Pertanian Anda
Kulit durian-pengusir tikus alami

Untuk mengurangi pemakaian racun tikus kimia, sekarang Anda sanggup memakai pengusir tikus alami yang sanggup didapatkan pada lingkungan sekitar daerah Anda tinggal. Ada beberapa materi alami yang Anda sanggup manfaatkan contohnya penggunaan buah, akar dan batang suatu tanaman yang tidak disukai oleh tikus. Dengan memasang pengusir tikus alami diperlukan akam menciptakan tikus menjauh dari lahan pertanian dan tidak lagi merusak tanaman padi Anda. Penggunaan pengusir tikus alami ini juga sanggup menekan biaya produksi Anda dalam membeli racun tikus kimia.


artikel terkait hama tikus: Tips Menangkar Burung Tyto – Predator Hama Tikus 


Penggunaan pengusir tikus alami ini tidak hanya sanggup Anda gunakan pada lahan persawahan saja. Anda sanggup memakai pada gudang daerah penyimpanan hasil panen, pada ladang tanam Anda dan pada rumah Anda juga atau mungkin pada daerah yang sering didatangi tikus untuk merusak tanaman budidaya Anda.


Berikut yaitu beberapa pengusir tikus alami yang berupa beberapa materi alami


Buah Bintaro


Belum banyak yang mengetahui bahwa buah bintaro sanggup dijadikan pengusir tikus alami. Buah bintaro sanggup Anda gunakan sebagai pengusir tikus dengan cara meletakkan buah bintaro pada area persawahan. Buah bintaro menimbulkan aroma yang sangat dibenci oleh hama tikus. Sehingga tikus akan pergi dengan sendirinya alasannya tidak tahan terhadap imbas dari aroma buah bintaro.


 Tikus  adalah hama pengganggu yang sering muncul mengganggu budidaya tanaman Anda 7 Pengusir Tikus Alami Untuk Lahan Pertanian Anda
Buah bintaro, salah satu pengusir tikus alami

Menurut pakar ilmu hama yang telah melaksanakan penelitian terhadap buah bintaro, bahwa tikus yang mencium aroma buah bintaro akan mengalami imbas pusing yang luar biasa. Itulah mengapa buah bintaro sanggup dijadikan pengusir tikus alami.


Memakai Batang Berduri


Banyak sekali tanaman yang memiliki batang berduri. Batang berduri pada tanaman tersebut sanggup Anda jadikan sebagai pengusir tikus alami. Cara penggunaanya yaitu Anda tinggal menempatkan saja batang – batang berduri tersebut diarea yang sering dilalui oleh tikus. Mungkin imbas yang ditimbulkan akan kecil alasannya tikus usang kelamaan akan mengetahui kalau diareal tersebut ada batang berduri, tetapi akan ada beberapa tikus yang terluka dan mati alasannya terkena batang berduri tersebut.


Kulit Durian


Kulit durian memiliki aroma yang sangat berpengaruh dan ternyata tikus tidak menyukai aroma yang berpengaruh dari kulit durian tersebut. Sehingga Anda sanggup memanfaatkan kulit – kulit durian sisa konsumsi Anda untuk dipakai sebagai alat pengusir tikus alami. Cara penggunaanya yaitu dengan meletakkan kulit – kulit durian pada jalan yang sering dilalui oleh hama tikus. Sehingga diperlukan tikus tidak akan kembali lagi pada lahan pertanian Anda.


Kulit Jengkol


Sejak jaman dahulu kulit jengkol sudah dimanfaatkan oleh para petani untuk dipakai sebagai pengusir tikus alami. Caranya yaitu kulit jengkol Anda kumpulkan dan kemudian disebar pada lahan pertanian. Dengan begitu tikus tidak akan kembali mendekat pada lokasi pertanian Anda.


Buah Maja


Buah maja menimbulkan aroma yang sangat tidak disukai oleh tikus. Cara memakai buah maja sebagai pengusir tikus alami yaitu dengan membelah buah maja menjadi 4 cuilan dan Anda letakkan pada cuilan yang sering dilalui oleh tikus. Selain buah maja Anda juga sanggup memakai buah mengkudu untuk mengusir tikus. Caranya hampir sama dengan memakai buah maja.


 Tikus  adalah hama pengganggu yang sering muncul mengganggu budidaya tanaman Anda 7 Pengusir Tikus Alami Untuk Lahan Pertanian Anda
Buah maja

Buah Kolang Kaling


Pengusir tikus alami selanjutnya yaitu buah kolang kaling. Buah kolang  kaling sanggup menimbulkan imbas gatal yang sangat usang kalau tersentuh. Jika tikus menyentuh buah kolang kaling ini maka tikus akan merasa gatal yang sangat usang dan kalau badannya tersentuh oleh tikus lain maka imbas gatal akan tertular pada tikus tersebut.


Singkong Dan Air Kelapa Hijau


Pengusir tikus alami lainnya yaitu memakai singkong rebus dan air kelapa hijau. Dengan memakai singkong dan air kelapa sanggup mengakibatkan kemandulan pada tikus – tikus. Cara ini sanggup dilakukan untuk jangka panjang pembasmian tikus. Teknik pembuatan ramuan ini yaitu pertama mengupas singkong kemudian direbus dengan memakai air kelapa hijau. Rebus hingga suhu 40 derajat. Setelah itu letakkan singkong di area yang sering dilewati oleh tikus.


artikel terkait pengendalian hama: Pengendalian Hama Pada Tanaman Kakao


Demikian artikel bagaimana cara ampuh mengusir tikus pada lahan pertanian dengan materi alami disekitar Anda. Semoga bermanfaat


Sumber gambar: flickr, manfaatbuahsegar, flickriver, tribunmedan




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Pengusir Tikus Alami Untuk Lahan Pertanian Anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel