iklan

Intip Disini Cara Menanam Hidroponik Dengan Botol Bekas

Cara menanam hidroponik dengan botol bekas – pada ketika ini teknik menanam dengan memakai metode hidroponik sangat digemari dan sangat terkenal dikalangan masyarakat perkotaan. Teknik bercocok tanam memakai cara hidroponik yaitu teknik menanam dengan memanfaatkan air atau memakai air sebagai media hidup tanaman. Air disini menggantikan tanah yang biasa digunakan pada media tanam konvensional. Walaupun pada metode hidroponik Anda memakai air sebagai medianya, akan tetapi jumlah air yang Anda gunakan atau butuhkan lebih sedikit jikalau dibandingkan dengan jumlah air yang Anda pakai pada media tanah.


Cara menanam hidroponik dengan botol bekas  Intip Disini Cara Menanam Hidroponik Dengan Botol Bekas
Cara Menanam Hidroponik Dengan Botol Bekas Dengan Botol Hias

Karena hal inilah teknik menanam hdiroponik mulai diminati. Terutaman pada tempat yang mempunyai pasokan air yang sedikit. Teknik hidroponik ini akan membantu Anda dalam menghemat penggunaan air dan memanfaatkan air lebih baik lagi. Air yang Anda gunakan dalam metode hidroponik bukanlah air biasa, alasannya yaitu air biasa saja tidak akan mencukupi kebutuhan nutrisi pada tumbuhan hidroponik. Air pada teknik menanam hidroponik dicampur dengan materi lainnya, yaitu berupa nutrisi yang nantinya akan membantu pertumbuhan tumbuhan secara maksimal. Kesimpulannya, air yang digunakan pada media hidroponik sanggup disebut juga dengan cairan nutrisi.


artikel terkait: Mudah!!, Cara Membuat Tanaman Hidroponik Dari Botol Bekas


Untuk memulai hidroponik sangatlah gampang dan tidak rumit. Anda sanggup memulai hidroponik dengan memakai materi – materi yang tidak terpakai di rumah. Misalnya saja Anda sanggup memakai materi yang tahan terhadap air, menyerupai botol plastik bekas sebagai wadahnya. Botol plastik sangat berpengaruh dan anggun alasannya yaitu sanggup bertahan dengan kondisi terkena air terus dalam waktu yang lama. Botol plastik ini pun mempunyai daya tahan yang lama, sanggup Anda gunakan secara berulang kali. Selain itu untuk mendapat botol plastik bekas sangatlah gampang dan murah. Cara menanam hidroponik dengan botol bekas sangatlah gampang untuk dilakukan oleh siapa saja.


Berikut ini langkah – langkah cara menanam hidroponik dengan botol bekas untuk wadah tumbuhan hidroponik Anda:


Sebelum memulai untuk menanam tumbuhan hidroponik sebaiknya Anda mengetahui langkah dan cara menanam tumbuhan hidroponik. Persiapkan juga materi – materi yang mesti Anda persiapkan untuk memulai menanam tumbuhan hidroponik pada botol. Berikut yaitu materi yang harus Anda persiapkan dalam teknis cara menanam hidroponik dengan botol bekas:



  • Botol bekas air mineral dengan ukuran 600 ml. Cuci botol dengan air hingga bersih.

  • Alat pemotong, Anda sanggup memakai gunting atau cutter

  • Sumbu, disini Anda sanggup memakai sumbu kompor ataupun sumbu dari kain. Kami sarankan Anda memakai kain flanel. Karena kain flanel mempunyai daya serap yang sangat baik.

  • Media tanam, untuk media tanam Anda sanggup memakai rockwool. Rockwool Anda sanggup dapatkan di toko – toko pertanian disekitar tempat Anda tinggal. Selain rockwool media tanam yang sanggup Anda gunakan yaitu sekam atau pecahan kerikil bata.

  • Bibit tanaman, supaya cara menanam hidroponik dengan botol bekas ini berhasil maka gunakanlah bibit dengan kualitas terbaik.


Setelah semua materi – materi yang telah dipersiapkan telah tersedia, maka langkah selanjutnya  yaitu menciptakan wadah tumbuhan untuk tumbuhan hidroponik sederhana Anda. Cara menciptakan wadah tumbuhan dalam cara menanam hidroponik dengan botol bekas yaitu sebagai berikut:



  • Siapkan botol air mineral kosong yang telah Anda siapkan. Semakin besar ukuran botol Anda maka semakin banyak tumbuhan yang sanggup ditanam.

  • Potong botol bekas secara berlahan. Potonglah menjadi 2 bagian, dimana bab atas sedikit lebih pendek dibandingkan pada bab bawah botol.

  • Beri lubang pada bab tutup botol. Fungsi lubang pada tutup botol yaitu sebagai tempat sumbu.

  • Beri sedikit lubang pada bab bawah botol pada bab atasnya supaya air sanggup keluar jikalau terdapat terlalu banyak. Lubangi juga bab atas akrab dengan tutup botol.

  • Masukkan sumbu ke tutup botol yang telah Anda beri lubang. Kemudian pasang kembali tutup botol tersebut.

  • Setelah itu masukkan cairan nutrisi ke dalam botol. Kebutuhan nutrisi tumbuhan akan terpenuhi dari cairan nutrisi yang naik melalui sumbu. Pastikan sumbu terkena dasar botol bab bawah supaya nutrisi sanggup terserap keatas secara maksimal.

  • Setelah selesai, letakkan botol pada tempat yang tidak terkena air hujan. Akan tetapi tumbuhan harus terkena sinar matahari langsung. Jika tidak terkena sinar matahari dikhawatirkan tumbuhan akan mengalami etiolasi.


Nutrisi yang digunakan pada adonan air sanggup Anda beli atau dapatkan pada toko – toko pertanian disekitar Anda. Selain itu Anda juga sanggup menciptakan sendiri nutrisi di rumah.


Cara menanam hidroponik dengan botol bekas  Intip Disini Cara Menanam Hidroponik Dengan Botol Bekas
Cara Menanam Hidroponik Dengan Botol Bekas Menanam Cabe Hidroponik

Demikan langkah – langkan cara menanam hidroponik dengan botol bekas yang sanggup kami utarakan. Semoga sanggup bermanfaat bagi Anda yang ingin eksklusif mencoba menanam tumbuhan buah dan tumbuhan sayur dengan memakai hdroponik sederhana ini. Selamat mencoba.


artikel bisnis hidroponik: 7 Langkah Ampuh Pemasaran Sayuran Hidroponik


sumber gambar: diazahmad, lisagriyahidroponik


 




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Intip Disini Cara Menanam Hidroponik Dengan Botol Bekas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel