iklan

7 Kalimat Haram Diucapkan Dikala Pitching

Kesempatan bertemu calon investor bisnis harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Saat ini, sudah banyak startup atau UMKM yang berlomba-lomba memikat investor demi memperoleh pendanaan. Tak hanya bermanfaat bagi kelangsungan bisnis Anda, pendanaan tersebut juga memperlihatkan bahwa bisnis Anda berkualitas.


Banyak sekali hal yang patut dipersiapkan ketika Anda akan berhadapan dengan calon investor bisnis. Selain menyiapkan bahan presentasi atau pitching yang memadai, Anda juga wajib menjaga attitude agar tetap terlihat profesional dan menarik. Jangan hingga Anda mengucapkan tujuh kalimat haram yang bisa mengurangi peluang untuk mendapatkan pendanaan bisnis.


Pelanggan pasti membutuhkan bisnis ini hingga puluhan tahun mendatang.


Tak ada bisnis yang tidak mempunyai saingan. Bila suatu bidang bisnis gres ternyata sangat potensial, pasti akan banyak pemain-pemain gres yang bermunculan. Jangan memperlihatkan kesan bahwa Anda yaitu pebisnis yang keras kepala dan malas berinovasi.


Dalam jangka waktu beberapa tahun saja, persaingan bisnis akan semakin ketat. Para investor tentu menginginkan penemuan bisnis yang segar dan bisa menghasilkan banyak keuntungan. Tentunya abjad dan kebutuhan pelanggan setiap tahun selalu berbeda-beda, disinilah Anda dituntut untuk bisa lebih kreatif dengan inovasi-inovasi baru.


Bisnis ini tidak punya saingan


Hampir sama dengan kalimat haram yang pertama, kalimat yang satu ini juga sangat jelek bagi para investor. Karena tidak ada bisnis yang tidak mempunyai saingan. Kesan percaya diri yang berlebihan malah menciptakan calon investor merasa ragu menanamkan modalnya. Peluang untuk mendapat pendanaan pun akan semakin kecil.


Karena, ketika produk gres muncul di pasaran. Maka akan ada produk-produk sejenis yang akan bermunculan. Bisa jadi tentangan Anda lebih inovatif dan bisa merebut pangsa pasar bisnis Anda. Hati-hati dengan ini.


Ide bisnis ini tak akan dicuri lantaran saya sudah mempunyai hak paten


Kemungkinan besar Anda akan kesulitan mencari orang yang sudah mencuri pandangan gres bisnis Anda. Sekalipun bisnis Anda sudah mempunyai hak paten. Bisa saja pandangan gres tersebut ditiru oleh pebisnis lain di luar kota atau luar negeri.


Daripada membanggakan hak paten, alangkah lebih baik bila Anda memperlihatkan penemuan yang potensial di masa mendatang. Ide-ide menarik Anda pasti bisa menggugah minat investor untuk menanamkan modal.


Bisnis ini tidak berfokus pada laba dan monetisasi


Pada awalnya mungkin Anda tidak terlalu fokus pada laba dan monetisasi bisnis. Hal ini memang cukup masuk akal ketika suatu bisnis gres dirintis beberapa saat. Namun, bukan berarti Anda boleh menyampaikannya kepada calon investor.


Karena tujuan utama calon investor pasti ingin mendapat banyak laba dari dana yang disalurkannya. Itulah sebabnya calon investor harus yakin bahwa bisnis Anda mempunyai prospek besar dan bisa menghasilkan laba berlipat ganda. Hati-hati yah, lantaran ngomongin laba itu sangat sensitif loh, termasuk di hadapan investor.


Produk atau jasa ini pasti laris keras dengan sendirinya


Tak ada bisnis yang bisa berkembang secara maksimal tanpa efek taktik pemasaran yang tepat. Jadi, jangan memperlihatkan sisi arogansi Anda di depan calon investor. Justru Anda mesti meyakinkan calon investor bahwa bisnis Anda punya taktik pemasaran yang jitu.


Kesempatan bertemu calon investor bisnis harus dimanfaatkan sebaik 7 Kalimat Haram Diucapkan Saat Pitching


Sehingga keberadaan para pesaing tidak akan menghambat perkembangan bisnis Anda di kemudian hari. Jangan terlalu ambisius terhadap bisnis yang Anda miliki ketika ini, ini hanya menciptakan calon investor tidak peduli dengan presentasi Anda.


Proses bisnis akan mengalir begitu saja


Kalimat yang satu ini juga mencerminkan perilaku pasif Anda dalam mengelola bisnis. Karena suatu bisnis harus dikelola secara maksimal biar bisa berkembang pesat dan menghasilkan laba besar.


Jika Anda mengeluarkan kalimat tersebut, Investor akan melihat kalau Anda tidak tampak serius dalam menjalankan bisnis yang Anda miliki itu. Anda juga akan diabaikan ketika presentasi, lantaran Anda tidak bisa pertanda optimisme pembuatan usaha.


Perkembangan teknologi juga turut mempengaruhi kelangsungan bisnis Anda. Bisnis yang tidak relevan dengan kemajuan zaman akan mengalami kemunduran dan balasannya gulung tikar. Calon investor Anda pasti tidak menginginkan hal ini, kan?


Sudah banyak investor yang minat terhadap bisnis ini


Mungkin Anda tak ingin terlihat terlalu antusias dan membutuhkan pendanaan dari calon investor. Tetapi bukan berarti Anda harus menyampaikan bahwa bisnis Anda sudah diminati banyak investor lain.


Jangan hingga calon investor Anda mundur dan mencari bisnis lainnya hanya lantaran kalimat tersebut. Anda tetap harus memperlihatkan perilaku yang ramah dan terbuka terhadap minat calon investor.


Jika Anda tidak mengucapkan tujuh kalimat terlarang tersebut, pasti peluang untuk memperoleh pendanaan investor akan semakin besar. Mewujudkan perluasan bisnis secara maksimal pun tak hanya sekadar angan-angan.



Sumber http://solusiukm.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Kalimat Haram Diucapkan Dikala Pitching"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel