Soal Pts Kelas 5 Semester 2 Tp 2018/2019 Kurikulum 2013
Salam Pendidikan,
Gambar Soal Perguruan Tinggi Swasta kelas 5 Semester 2 TP 2018/2019 Kurikulum 2013 |
Senada dengan hal tersebut di atas, berkaitan dengan manfaat soal. Bagi anda berprofesi sebagai guru kelas yang mengajar kelas 5 sanggup memanfaat soal ini sebagai rujukan dalam menyusun soal Perguruan Tinggi Swasta yang akan anda ujikan. Soal sanggup anda copy pribadi dari blog ini dan diedit sesuai dengan selera anda. Selain itu anda juga sanggup mengunduh file ini yang saya buat dengan memakai MS Word.
Langsung saja berikut ini ialah soal PTS Kelas 5 Semester 2 TP 2018/2019 yang saya tawarkan dalam artikel ini.
Soal Perguruan Tinggi Swasta Kelas 5 Semester 2 Tema 6 Subtema 1 dan 2
I.Berikan tanda silang (x) pada jawaban yang benar !
(PPkN No 1- 4)
1.Setiap siswa mempunyai hak untuk mendapatkan…
a. Pembayaran uang sekolah.
b. Menjaga ketertiban di kelas.
c. Perlakuan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya.
d. Penjagaan kemudahan sekolah.
2.Setiap siswa harus menjaga sarana pendidikan yang ada di sekolah dengan baik. Ketika sarana tidak dijaga dengan baik maka sarana belajarnya akan rusak sehingga kegiatan berguru akan terganggu. Supaya kegiatan berguru berjalan dengan baik maka siswa harus menjalankan….Sebagai siswa dengan penuh taggung jawab.
a. Kewajiban b. Hak c. Sikap d. Norma
3.Memelihara lingkungan alam adalah….
a. Kewajiban masyarakat bersama c. Hak masyarakat bersama
b. Kewajiban masyarakat tertentu d. Hak masyarakat tertentu
4. Sesuatu yang harus dilakukan untuk menjamin haknya terpenuhi disebut…
a. Norma c. Kewajiban
b. Peraturan d. hak
(Bahasa Indonesia No 5 - ) Teks bacaan soal no 5- 6)
Sumber Energi Panas
Benda yang sanggup menghasilkan energi panas disebut sumber energi panas. Sumber energi panas sanggup kita jumpai di alam, salah satunya ialah matahari. Matahari merupakan sumber energi panas terbesar. Semua makhluk hidup memerlukan energi panas matahari. Energi panas matahari membantu proses pembuatan kuliner pada tumbuhan yang disebut sebagai proses fotosintesis. Makanan yang dihasilkan dari hasil fotosintesis menjadi sumber energi bagi makhluk hidup lainnya, termasuk manusia.
Energi panas matahari sanggup menerangi bumi sehingga udara di bumi menjadi hangat. Dalam kehidupan sehari-hari, energi panas matahari dimanfaatkan dalam banyak sekali kegiatan manusia. Misalnya, panas matahari dipakai untuk mengeringkan padi sehabis dipanen, mengeringkan garam, mengeringkan ikan asin, bahkan untuk mengeringkan pakaian yang basah.
Cobalah kau gosokkan kedua tanganmu selama satu menit! Apa yang kau rasakan? Sekarang, ambillah sebuah mistar plastik! Kemudian gosok-gosokkanlah pada kain yang kering selama dua menit!
Lalu sentuhlah permukaan mistar plastik itu! Apa yang kau rasakan? Setelah kau melaksanakan dua kegiatan tersebut, apakah kau mencicipi panas? Energi panas sanggup dihasilkan ketika terjadi ukiran antara dua benda. Pada kegiatan di atas, ukiran antara kedua telapak tanganmu dan ukiran antara mistar dan kain, sanggup menimbulkan energi panas.
Selain matahari dan ukiran antara dua benda, energi panas juga sanggup diperoleh dari api. Pada zaman dahulu, orang mendapatkan api dengan cara menggosokkan dua buah watu yang kering hingga keluar
percikan api. Selain itu, nenek moyang kita dahulu memakai kayu kering kemudian digosok-gosokkan dengan tanah yang kering hingga keluar api. Ternyata ukiran dua benda antara dua watu kering, dan ukiran antara dua kayu kering sanggup menghasilkan energi panas berupa api. Saat ini api gampang dihasilkan dari korek api dan kompor.
Sumber : Aprilia, BSE IPA Kelas 4 dengan penyesuaian
5.Kata kunci pada pargraf pertama ….
a. Cara menghasilkan energi panas c. Kegunan matahari
b. Kegunaan matahari d. Sumber energi panas
6.Sumber energi panas yaitu…
a. Matahari dan api c. Matahari dan angin
b. Matahari dan air d. Matahari dan udara
7.Sumber energi terbesar di bumi adalah..
a. Angin c. Matahari
b. Api d. Air
8.Kesimpulan dari bacaan di atas adalah…
a. Energi panas mempunyai banyak manfaat bagi manusia.
b. Energi matahari sanggup menerangi bumi.
c. Energi panas sanggup dihasilkan dengan memakai matahari.
d. Sumber energi panas ada di sekitar kita dan sumber energi panas terbesar adalah matahari.
(IPA No 9- 12)
9.Manfaat sumber energi panas yang berasal dari matahari kecuali…
a. Pembangkit tenaga listrik c. Mengeringkan jemuran pakaian
b. Menghangatkan ruangan d. Menghaluskan pakaian
10.Perubahan suatu benda yang menjadi berkurangnya panjang, lebar, dan luas lantaran terkena suhu hambar disebut...
a. Pengkristalan c. Penyusutan
b. Pencairan d. Pemuaian
11.Salah satu energi yang sanggup diterima dan dilepaskan oleh suatu benda adalah..
a. Derajat b. Celcius c. Kalor d. Suhu
12. Perubahan suatu benda yang sanggup menjadi bertambah panjang, lebar, luas, atau berubah volumenya lantaran terkena kalor atau panas disebut…
a. Penyusutan b. Pemuaian c. Pencairan d. Pembekuan
(IPS No 13- 16)
13. Dampak negatif interaksi insan dengan lingkungan alam adalah…
a. Kebutuhan insan terpenuhi c. Bertambahnya polusi udara
b. Sebagai tempat rekreasi d. Keaslian alam terjaga
14. Interaksi insan yang harus beradaptasi dengan alam adalah…
a. Membersihkan lingkungan c. Menanam padi
b. Menjaga lingkungan d. Hujan buatan
15. Interaksi insan dengan lingkungan yang kurang baik, juga sanggup mengakibatkan beberapa tragedi yang merugikan insan diantaranya, kecuali
a. Kerusakan insan c. Kebakaran hutan
b. Tanah longsor d. Banjir sampah
16. Interaksi insan dengan alam ada yang berdampak baik dan ada yang berdampak buruk. Perilaku masyarakat yang suka melaksanakan penebangan hutan hutan liar sanggup menyebabkan…
a. Memelihara kehidupan hewan c. Tanah longsor
b. Hutan menjadi subur d. Rumah rusak
(SBdP No 17- 20)
17. Tangga nada pada lagu Cublak- Cublak Suweng adalah…
a. Kromatis b. Melodis c. Slendro d. Pelog
18. Tangga nada yang memakai susunan nada yang berbunyi ibarat nada-nada do – mi – fa- sol – si adalah..
a. Kromatis b. Melodis c. Slendro d. Pelog
19 Gamelan ialah salah satu alat musik yang dipakai untuk mengiringi lagu-lagu pada tangga nada…
a. Kromatis b. Romantic c. Pentatonis d. Diatonis
20. Tangga nada pada lagu Cingcangkeling adalah…
a. Kromatis b. Melodis c. Slendro d. Pelog
II. Jawablah pertanyaan di bawah in dengan sempurna !
21. Sebutkan hak dan kewajiban sebagai seorang nelayan!
22. Jelaskan perbedaan hak, kewajiban, dan tanggung jawab!
(Teks bacaan soal No 23-24)
Perpindahan Panas atau Kalor
Pernahkah kau membantu ibumu memasak sayur? Tahukah kau mengapa api kompor sanggup memanaskan air dalam panci sehingga sayuran yang ada di dalamnya menjadi matang? Ketika kau memasak sayuran, panas dari api kompor berpindah ke dalam panci. Kemudian, panas tersebut berpindah ke dalam air sehingga air menjadi panas dan sayuran yang ada di dalamnya menjadi matang. Peristiwa tersebut menerangkan bahwa panas sanggup berpindah.
Letak matahari dari planet kita ini sangat jauh, yaitu sekitar 152.100.000 km (Seratus lima puluh dua juta seratus ribu kilometer). Akan tetapi, panas dari matahari sanggup berpindah atau merambat ke
planet kita sehingga kita sanggup mencicipi hangatnya sinar matahari. Andai saja panas matahari tidak sanggup berpindah ke bumi, dapatkah kau membayangkan bagaimana keadaan bumi kita ini?
Panas berpindah dari benda yang bersuhu tinggi ke benda yang bersuhu lebih rendah. Bagaimana panas sanggup berpindah? Panas sanggup berpindah melalui tiga cara yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi. Konduksi ialah cara perpindahan panas melalui zat mediator ibarat benda padat. Contoh konduksi ialah panci logam yang panas lantaran diletakkan di atas kompor yang berapi. Konveksi ialah perpindahan panas yang disertai dengan perpindahan cuilan zat perantaranya. Misalnya, air di
dalam panci yang dipanaskan hingga mendidih. Sedangkan radiasi ialah cara perpindahan panas dengan pancaran yang tidak membutuhkan zat perantara. Peristiwa radiasi yang terjadi sehari-hari ialah sinar matahari yang hingga ke bumi dan menghangatkan udara serta makhluk hidup di bumi.
Sumber : IPA BSE kelas 5, Pusat Perbukuan, 2010
23. Sebutkan hal- hal penting yang terdapat pada paragraph pertama!
24. Buatlah kesimpulan dari bacaan di atas!
25. Sebutkan dan jelaskan tiga cara perpindahan (Kalor)!
26. Sebutkan pola perpindahan panas (kalor) secara radiasi!
27. Sebutkan interaksi insan yang mempunyai dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan!
28. Sebutkan 3 jenis kebutuhan manusia!
29. Pola lantai adalah…
30. Sebutkan macam-macam pola lantai dalam sebuah tarian!
Soal Perguruan Tinggi Swasta Kelas 5 Semester 2 Tema 6 Subtema 3 dan tema 7 subtema 1
I. Berikan tanda silang (x) pada jawaban yang benar !
1.Sikap melaksanakan segala sesuatu yang telah disepakati bersama untuk mencapai tujuan bersama disebut…
a. Hak dan kewaiban c. Kerjasama
b. Tanggung jawab d. Persatuan
2.Salah satu penyebab kemacetan kemudian lintas antara lain banyak pengguna jalan yang tidak melaksanakan ….untuk menaati hukum kemudian lintas.
a. Kewajiban c. Tanggung jawab
b. Hak d. Kewajiban dan Hak
3.Salah satu bentuk tanggung jawab masyarakat ialah …..sebagai dasar negara
a. Melaksanakan nilai-nilai Pancasila c. Melaksanakan kegiata etika istiadat
b.Melaksanakan bersama-sama d. Melaksanakan kegiatan yang dilaksanakan pemerintah.
4. Pencemaran lingkungan, terjadi lantaran masyarakat membuang bahan-bahan berbahaya secara sembarangan ke lingkungan alam. pencemaran limbah cair ke sungai-sungai, sanggup mencemari air sungai yang mengakibatkan kerugian bagi masyarakat yang menggunakannya. Peristiwa tersebut di sebabkan lantaran masyarakat tidak menjalankan…. Terhadap lingkungan.
a. Hak c. Tanggung jawab
b. Kewajiban d. Kewajiban dan hak
(Teks bacaan soal No 5-8)
Sejarah Termos
Hampir semua keluarga mempunyai termos di rumahnya. Termos memang sering digunakan
untuk menyimpan air panas biar tetap panas dikala digunakan. Biasanya keluarga yang mempunyai bayi yang memerlukan susu setiap saat, memakai termos untuk menyimpan air panas. Termos ialah sebuah benda yang biasanya berbentuk tabung ibarat botol yang mempunyai dinding berlapis. Benda ini dirancang berbentuk ibarat beling dengan materi mengkilap yang sanggup menyimpan cairan biar tetap mempunyai suhu ibarat semula. Dengan dinding dalam termos yang dirancang ibarat kaca, maka kalor yang terdapat pada
air panas tersebut tidak bisa berpindah dengan cepat. Panas yang dikeluarkan oleh air panas tadi, sanggup ditahan oleh dinding dalam termos yang terbuat dari materi mengkilap ini. Sehingga air panas di dalamnya akan tetap hangat hingga beberapa dikala tergantung dari ketebalan dindingnya. Saat ini termos tidak hanya dipakai untuk menyimpan air panas, tetapi juga untuk menyimpan air hambar biar tetap dingin.
Pencipta termos pertama kali pada tahun 1902 adalah James Dewar. Penemuannya didorong oleh kebutuhannya untuk menjaga biar minuman bayinya tetap hangat. Tetapi dikala itu, untuk menjaga suhu minuman biar tetap hangat merupakan hal yang sulit dilakukan, terutama dalam kondisi cuaca yang hambar ibarat di Eropa.
Karena kebutuhan inilah, James Dewar menemukan cara membuat botol hampa udara. Botol hampa udara, merupakan wadah dari beling berdinding ganda dengan ruang di antara dindingnya dikosongkan dan ditutup rapat untuk mencegah biar panas tidak menjalar.
Sementara dinding sebelah dalam botol tersebut, dilapisi perak untuk mempertahankan panas. Botol hampa udara itulah yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya termos. Botol hampa udara buatan James Dewar dan epilog wol buatan mertuanya hingga kini sanggup dilihat di Museum Ilmu Pengetahuan, di London.
Sumber : diolah dari banyak sekali sumber
5. Siapakah yang membuat termos pertama…
a. James dewar c. Benjamin Holt
b. Edwar Jenner d. Blaise Pascal
6. Cikal bakal dari termos adalah…
a. Botol penjaga panas c. Botol hampa udara
b. Botol penahan panas d. Botol udara
7. Apakan Fungsi dari termos …
a. Untuk menyimpan air panas biar tetap panas dikala digunakan.
b. Untuk menjaga air panas di sebuah tempat
c. Untuk menjaga air panas di tempat tertentu
d. Untuk menghangatkan air panas.
8. Pada tahun berapa termos pertama kali diciptakan…
a. 1904 b. 1905 c.1902 d. 1903
9. Bahan yang sanggup menghantarkan panas dengan baik disebut…
a. Deduktor b. Semikonduktor c. Konduktor d. Isolator
10. Perhatikan gambar di bawah ini!
Peralatan masak yang terdapat di atas merupakan bahan…
a. Deduktor b. Semikonduktor c. Konduktor d. Isolator
11. Penyebab aliran panas berhenti pada sebuah materi isolator adalah..
a. Bahan isolator tidak sanggup mengalirkan panas secara konduksi dari sumber panas.
b. Bahan isolator sanggup mengalirkan panas secara konduksi.
c. Bahan isolator mempunyai sifat yang sam ibarat materi semikonduktor.
d. Bahan isolator tidakl sanggup mengalirkan panas secara konduktor.
12. Bahan yang termasuk materi isolator yaitu…
a. Sumpit besi b. Sumpit bambu c. Sedok besi d. Panci
13. Salah satu pola kegiatan masyarakat yang mempengaruhi pembangunan sosial adalah…
a. Pengrajin batik rumahan c. Festifal batik daerah
b. pengrajin batik pabrik d. Festifal kebudayaan
14. Kegiatan produksi yang ramah lingkungan adalah…
a. Pembuatan gula di pabrik c. Daur ulang sampah plastik
b. Pembuatan pabrik sawit d. Penebangan kayu jati
15. Nelayan, petani, perkebunan teh merupakan kegiatan ekonomi yang dilakukan berdasarkan...
a. Kepercayaan msyarakat setempat c. Kondisi geografis lingkungan
b. Kegiatan ekonomi yang berlaku d. Kondisi masyarakat
16. Interaksi insan dengan lingkungan yang baik akan mempengaruhi…
a. Kehidupan manusia c. Pembangunan ekonomi
b. Sosial budaya d. Perkembangan masyarakat
17. Menggambar kisah dengan mengunakan krayon, tehnik menggambar yang dipakai adalah…
a. Tehnik kering b Tehnik basah c. Tehnik semi kering d. Tehnik semi basah
18. Alat yang di gunakan dalam menggambar kisah memakai tehnik berair adalah..
a. Cat air, Tinta cina dan krayon
b. Cat air, Tinta cina dan cat yang memakai air sebagai pengencer
c. Cat air, pensil dan krayon
d. Cat air, Tinta cina dan kapur
19 Teknik menutup gambar dengan memakai satu warna sehingga menimbulkan kesan siluet atau blok disebut..
a. Teknik blok b. Teknik arsir c. Teknik sapuan d. Teknik basah
20. Gambar yang menceritakan sebuah insiden yang mengatakan kegiatan orang atau binatang dalam suatu insiden adalah..a. Gambar tiga dimensi c. Gambar kisah
b. Gambar lukisan d. Gambar berwarna
II. Jawablah perntanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
21. Apa yang di maksud dengan budaya? Sebutkan macam- macam wujud dari budaya!
22. Bagaimana perilaku yang baik terhadap keragaman sosial budaya yang ada?
Teks bacaan no 23 dan 24!
Sistem Tanam Paksa
Pemerintah Kolonial BelandaPada masa kepemimpinan Johanes Van Den Bosch, Belanda memperkenalkan sistem tanam paksa. Sistem tanam paksa pertama kali diperkenalkan di Jawa dan dikembangkan di daerah-daerah lain di luar Jawa. Di Sumatra Barat, sistem tanam paksa dimulai semenjak tahun 1847. Saat itu, penduduk yang telah usang menanam kopi secara bebas dipaksa menanam kopi untuk diserahkan kepada pemerintah kolonial. Sistem yang hampir sama juga dilaksanakan di tempat lain ibarat Minahasa, Lampung, dan Palembang. Kopi merupakan tumbuhan utama di Sumatra Barat dan Minahasa. Adapun lada merupakan tumbuhan utama di Lampungdan Palembang. Di Minahasa, kebijakan yang sama kemudian juga berlaku pada tumbuhan kelapa.
Pelaksanaan tanam paksa banyak terjadi penyimpangan, di antaranya sebagai berikut.
Jatah tanah untuk tumbuhan ekspor melebihi seperlima tanah garapanapalagi jikalau tanahnya subur.
Rakyat lebih banyak mencurahkan perhatian, tenaga, dan waktunya untuk tumbuhan ekspor sehingga banyak yang tidak sempat mengerjakan sawah dan ladang sendiri. Rakyat yang tidak mempunyai tanah harus bekerja melebihi 1/5 tahun. Waktu pelaksanaan tanam paksa ternyata melebihi waktu tanam padi (tiga bulan) lantaran tanaman-tanaman perkebunan memerlukan perawatan terus-menerus. Setiap kelebihan hasil panen dari jumlah pajak yang harus dibayarkan kembali kepada rakyat ternyata tidak dikembalikan kepada rakyat.
Kegagalan panen tumbuhan wajib menjadi tanggung jawab rakyat/petani. Adanya penyimpangan-penyimpangan pelaksanaan tanam paksa mem-bawa jawaban yang memberatkan rakyat Indonesia. Akibat penyim pangan pelaksanaan tanam paksa tersebut antara lain: banyak tanah terbengkalai sehingga panen gagal, rakyat makin menderita, wabah penyakit merajalela, ancaman kelaparan melanda Cirebon dan memaksa rakyat mengungsi ke kawasan lain untuk menyelamatkan diri. Kelaparan andal juga terjadi di Grobogan yang menjadikan banyak kematian sehingga jumlah penduduk menurun tajam.
Tanam paksa yang diterapkan Belanda di Indonesia ternyata menjadikan agresi penentangan. Berkat adanya kecaman dari banyak sekali pihak, risikonya pemerintah Belanda menghapus tanam paksa secara bertahap. Salah satu tokoh Belanda yang menentang sistem tanam paksa ialah Douwes Dekker dengan nama samaran Multatuli. Dia menentang tanam paksa dengan mengarang buku berjudul Max Havelaar. Edward Douwes Dekker mengajukan tuntutan kepada pemerintah kolonial Belanda untuk lebih memperhatikan kehidupan bangsa Indonesia lantaran kejayaan negeri Belanda itu merupakan hasil tetesan keringat rakyat Indonesia. Dia mengusulkan langkah-langkah untuk membalas budi baik bangsa Indonesia. Langkah-langkah tersebut ialah sebagai berikut.
a. Pendidikan (edukasi).
b. Membangun terusan pengairan (irigasi).
c. Memindahkan penduduk dari kawasan yang padat ke kawasan yang jarang penduduknya (transmigrasi).
23. Apakah tanam paksa itu?
24. Apa jawaban penyimpangan tanam paksa?
25. Apakah maksud dari insiden menguap dan menyublim pada perubahan wujud benda? Berikan pola dari kedua insiden tersebut!
26. Sebutkan pola perubahan wujud benda padat menjadi cair!
27. Apakah penyebab terjadinya perlawanan terhadap bangsa portugis? Sebutkan bentuk bentuk perlawanannya!
28. Sebutkan faktor- faktor penyebab gagalnya usaha bangsa Indonesia dalam mengusir penjajah!
29. Apakah yang dimaksud dengan lagu wajib? Sebutkan ciri- ciri dari lagu wajib!
30. Bagaimanakah tempo lagu “Indonesia Raya”? Jelaskan!
Soal Perguruan Tinggi Swasta Tema 7 Subtema 2 DAN 3
I. Berikan tanda silang (x) pada jawaban yang benar !
1. Semboyan yang mengikat keberagaman bangsa menjadi satu kesatuan di ambil dari kalimat“ Bhineka tunggal ika”. Semboyan tersebut berbunyi…
a. Meskipun berbeda- beda, tetapi tetap satu jua.
b. Berbeda- beda tetap satu
c. walaupun berbeda tetap satu juga
d. Walaupun berbeda- beda tetap menjadi kesatuan
2. Sikap dalam menghadapi sahabat yang mempunyai budaya yang berbeda yaitu…
a. Meniru budaya teman. c. Saling menghargai dan menghormati.
b. Saling menghina. d. Membeda- bedakan teman.
3. Gambar di bawah ini mengatakan bahwa di dalam masyarakat Indonesia terdapat….
a. Keragaman Religi c. Keragaman makanan
b. Keragaman pakaian etika d.Keragaman tempat beribadah
4. Unsur- unsur keragaman budaya yang terdapat pada gambar di bawah ini adalah....
a. Sistem kemasyarakatan c. Mata pencaharian
b. Kesenian d. Tehnologi dan peralatan
5. Siapakah yang membacakan teks proklamasi kemerdekaan…
a. Ir Soekarno c. Laksamana Maeda
b. Drs Moh Hatta d. Dr Murwardi
6. Dimana teks proklamasi di bacakan…
a. Rumah Ir Soekarno c. Rumah Laksamana Maeda
b. Rumah Drs Moh Hatta d. Rumah Ir Murwardi
7. Kapan proklamasi kemerdekaan di bacakan…
a. 17 Agustus 1946 c. 17 Agustus 1945
b. 18 Agustus 1946 d. 18 Agustus 1945
8. Bagaimana susunan program pada pembacaan teks proklamasi …
a. Pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan, Pengibaran bendera Merah Putih, dan sambutan Wali Kota Suwiryo dan dr. Muwardi
b. Pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan, sambutan Wali Kota Suwiryo dan dr. Muwardi, dan Pengibaran bendera Merah Putih,
c. Pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan, dan sambutan Wali Kota Suwiryo dan dr. Muwardi
d. Pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan dan sambutan Wali Kota Suwiryo.
9. Ketika suhu benda tinggi, kalor yang dikandung oleh benda juga…
a. Rendah b. Banyak c. Besar d. Kecil
10. Kalor dapat mengubah suhu benda: Air panas mempunyai suhu tinggi. Air hambar mempunyai suhu rendah. Apabila kedua air dicampur, adonan itu akan menghasilkan suhu baru. Suhu rendah akan meningkat lantaran mendapatkan panas yang bersuhu tinggi. Maka akan menghasilkan air…
a. Air Hangat b. Air Panas c. Air Dingin d. Air Es
11. Peristiwa mencair sebagai bentuk perubahan wujud benda lantaran kalor atau panas yaitu…
a. Lilin dipanaskan.
b. Baju berair yang dijemur di bawah sinar matahari
c. Air yang dimasukkan dalam freezer
d. Kapur barus (kamper) yang disimpan dalam lemari pakaian
12. Peristiwa perubahan wujud dari cair menjadi gas melalui perembesan kalor disebut…
a. Penguapan b. Pengembunan c. Pencairan d. Pembekuan
13. Peristiwa heroik di Surabaya yaitu Orang Belanda mengibarkan bendera Merah Putih Biru di atap hotel. Rakyat kemudian menyerbu hotel, menurunkan, dan merobek warna biru bendera itu untuk dikibarkan kembali. Insiden ini terjadi pada tanggal…
a. 26 September 1945 c. 15 Oktober 1945
b. 19 September 1945 d. 6 Oktober 1945
14. Pada tanggal 6 Oktober 1945, para perjaka dari tokoh masyarakat membentuk Angkatan Pemuda Indonesia (API). Anggota API kemudian merebut dan mengambil alih kantor-kantor pemerintahan. Peristiwa ini terjadi di provinsi…
a. Bali b. Aceh c. Surabaya d. Yogyakarta
15. BKR sebagai cikal bakal Tentara Nasional Indonesia dibuat pada tanggal…
a. 22 Agustus 1945 c. 21 Agustus 1945
b. 20 Agustus 1945 d. 23 Agustus 1945
16. Maklumat Pemerintah pada tanggal 5 Oktober 1945 membentuk organisasi yang bernama…
a. Badan Keamanan Rakyat c. Angkatan Militer Negara
b. Tentara Keamanan Rakyat d. Badan Keamanan Negara
17. Garis-garis di lantai yang dilalui oleh penari dari perpindahan tempat satu ke tempat lain pada dikala melaksanakan gerak tari disebut..
a. Pola Garis b . Gerak Tari c. Pola gerak d. Pola lantai
18.Gerakan tari yang mengatakan Pola lantai horizontal adalah…
a. Lurus b.dua bersap c. Melingkar d. segilima
19. Serangkaian gerakan indah dari dalam badan insan disebut…
a. Pola garis b. Gerak tari c. Pola Gerak d. Pola lantai
20. Bentuk karya tari yang terdapat pada gambar di bawah ini adalah..
a. Bentuk tari tunggal c. Bentuk tari berpasangan
b. Bentuk tari kelompok d. Bentuk tari campuran
II. Isilah titik titik dengan jawaban yang sempurna !
21. Sebutkan tugas pancasila dalam keberagaman bangsa!
22. Bagaimana cara melestarikan budaya bangsa?
23. Apakah yang dimaksud dengan surat undangan? Sebutkan dan jelaskan jenis- jenis surat undangan!
24. Sebutkan bagian- cuilan surat yang terdapat pada surat di bawah ini!
25. Salah satu perubahan wujud benda yang disebabkan oleh kalor, yaitu insiden pengkristalan. Apakah yang dimaksud dengan pengkristalan? Sebutkan pola dari pengkristalan!
26. Sebutkan factor- factor yang mempengaruhi insiden pengembunan!
27. Apa yang dibahas dalam Sidang Pertama BPUPKI?
28. Kapan dan pada insiden apa rumusan Pancasila disahkan?
29. Sebutkan macam- macam seni rupa kawasan di Indonesia!
30. Apakah yang dimaksud dengan seni lukis daerah? Sebutkan contohnya!
Demikianlah artikel saya pada kali ini yang sanggup saya bagikan, semoga bermanfaat bagi kita semua. Selamat berguru buat adik-adik yang duduk pada kelas 5 sekolah dasar. Semoga hasil ujian adik-adik pada Perguruan Tinggi Swasta semester genap Tahun pelajaran 2018/2019 menerima hasil yang sangat memuaskan.
Terima kasih atas kunjungan anda, berikan komentar yang bersifat membangun. Sampai jumpa dengan artikel saya selanjutnya.
0 Response to "Soal Pts Kelas 5 Semester 2 Tp 2018/2019 Kurikulum 2013"
Posting Komentar