iklan

Perilaku Insan Dalam Memenuhi Kebutuhan

Perilaku Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan - Dalam sejarah perkembangannya, insan telah mengalami evolusi yang cukup panjang. Kita mengenal adanya insan Pitecantropus Erectus, Megantropus, dan Homo Sapiens. Hampir sama dengan perkembangan manusia, kebutuhan insan pun terus mengalami perubahan. Untuk memenuhi kebutuhan ini, insan harus berusaha, yaitu dengan bekerja.





Perilaku Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan Perilaku Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan


Dahulu, untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, insan makan hanya mengandalkan materi kuliner yang telah disediakan oleh alam. Misalnya, dengan memakan buah-buahan yang jatuh dari pohon atau berburu hewan yang ada di hutan. Namun, seiring dengan bertambahnya populasi insan dan meningkatnya jumlah kebutuhan, insan tidak lagi mengandalkan hidupnya dari alam. Mereka mulai berpikir dan beralih dengan memelihara hewan yang selama ini diburunya dan mengumpulkan materi kuliner yang diperolehnya dari hutan.

Proses pemenuhan kebutuhan insan tidak hanya beternak dan mengumpulkan makanan, insan mulai mengenal bertani dan bercocok tanam. Dengan cara inilah diharapkan semua kebutuhannya sanggup dipenuhi. Namun, kebutuhan insan terus berkembang tidak lagi sebatas memenuhi kebutuhan, tetapi didasari harapan lain, menyerupai tujuan mencari uang.

Dalam perekonomian yang maju menyerupai kini ini, uang menjadi alat utama dalam memenuhi segala kebutuhan. Dengan uang, orang sanggup membeli barang atau jasa yang diperlukannya. Misalnya, orangtuamu bekerja mencari uang yang dipakai untuk biaya sekolah, seragam, transportasi, dan biaya kebutuhan hidup lainnya.

Apakah kebutuhan dan harapan sama? Jika ditinjau dari ilmu ekonomi, kedua istilah tersebut mempunyai makna yang berbeda. Kebutuhan yaitu harapan untuk mendapat barang atau jasa yang disertai kemampuan untuk membayarnya dan jikalau kebutuhan ini tidak dipenuhi, akan menyebabkan dampak negatif. Sebaliknya, jikalau harapan tidak dipenuhi, tidak akan menyebabkan dampak negatif. Makan dan minum merupakan salah satu teladan kebutuhan yang jikalau tidak dipenuhi akan menawarkan dampak negatif. Adapun jikalau keinginanmu untuk berlibur ke luar negeri tidak dipenuhi tidak akan menyebabkan dampak negatif.

Perilaku Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan Perilaku Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan



Mengenai postingan sebelumnya yaitu Faktor Yang Mempengaruhi Perbedaan Kebutuhan Manusia ini sanggup menambah pengetahuan anda.


Kebutuhan setiap insan akan berubah dan berbeda bergantung dari faktor yang memengaruhinya.

Faktor-faktor tersebut, di antaranya keadaan lingkungan alam, kebudayaan, waktu, agama, pendapatan, dan adat istiadat.
1. Keadaan Lingkungan Alam
2. Peradaban atau Kebudayaan
3. Waktu
4. Agama dan Adat Istiadat
5. Pendapatan


Sumber http://ekonomisku.blogspot.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perilaku Insan Dalam Memenuhi Kebutuhan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel