Macam Bentuk Pasar
Macam Bentuk Pasar - Menurut Sifat Luas Wilayah Organisasi Waktu dan Jenis Barang yaitu Pasar merupakan sarana acara ekonomi yang paling penting. Bentuk-bentuk pasar sanggup diklasifikasikan sebagai berikut.
Bentuk Pasar berdasarkan Sifat/Wujud Barang dan Cara Penyerahannya
Berdasarkan sifat barang dan cara penyerahannya, pasar dibedakan menjadi:
a. Pasar konkret
Pasar konkret, yaitu pasar di mana barang yang diperjualbelikan benar-benar ada dan penjual dan pembeli bertemu langsung.
Ciri-ciri pasar konkret:
1) transaksi dilakukan secara tunai,
2) barang sanggup dibawa/diambil ketika itu juga,
3) barang yang diperjualbelikan benar-benar ada/nyata,
4) penjual dan pembeli bertemu langsung.
b. Pasar abstrak
Pasar abstrak, yaitu pasar di mana barang yang diperjualbelikan tidak tersedia secara pribadi dan antara penjual dan pembelinya tidak bertemu secara langsung.
Ciri-ciri pasar abstrak:
1) penjual dan pembeli berada di tempat yang berbeda dan berjauhan jaraknya,
2) transaksi dilandasi oleh rasa saling percaya,
3) barang yang diperjualbelikan tidak tersedia, hanya pola saja,
4) transaksi dilakukan dalam partai besar.
Contoh pasar abnormal yang lagi demam isu terutama bagi masyarakat kalangan atas kini ini yaitu belanja barang secara on line lewat internet.
Bentuk Pasar berdasarkan Luas Wilayah Kegiatannya
Berdasarkan luas wilayah kegiatannya, pasar sanggup dibedakan menjadi:
a. Pasar regional
Pasar regional yaitu pasar yang daerah pemasarannya meliputi beberapa negara pada wilayah tertentu. Pasar ini biasanya di bawah naungan wadah kolaborasi regional, contohnya di daerah Asia Tenggara dibuat AFTA.
b. Pasar internasional
Pasar internasional adala pasar yang daerah pemasarannya meliputi seluruh daerah dunia. Pasar ini juga disebut pasar dunia, alasannya yaitu menjual produk-produk yang diharapkan oleh semua masyarakat dunia, contohnya pasar kopi di Brasil, pasar wol di Sidney, Australia.
c. Pasar lokal
Pasar lokal yaitu pasar yang daerah pemasarannya hanya meliputi daerah tertentu, dan pada umumnya mengatakan barang yang diharapkan masyarakat di sekitarnya. Misalnya Pasar Klewer di Solo yang menyediakan banyak sekali jenis kain batik, alasannya yaitu masyarakat di Solo dan sekitarnya banyak yang mengenakan batik.
d. Pasar nasional
Pasar nasional yaitu pasar yang daerah pemasarannya meliputi wilayah satu negara. Pasar ini menjual barang-barang yang diharapkan oleh masyarakat negara tersebut.
Bentuk Pasar berdasarkan Organisasi Pasar atau Hubungan antara Pembeli dan Penjual
Berdasarkan organisasi pasar, pasar sanggup dibedakan menjadi:
a. Pasar persaingan tepat (perfect competition market)
Pasar persaingan tepat yaitu pasar yang terdapat banyak penjual dan pembeli, sehingga harga tidak sanggup ditentukan oleh masing-masing penjual/pembeli.
1) penjual dan pembeli bebas keluar masuk pasar tanpa hambatan,
2) pengetahuan penjual dan pembeli perihal pasar sempurna,
3) penjual dan pembeli banyak,
4) barang yang diperjualbelikan bersifat homogen.
b. Pasar persaingan tak sempurna (imperfect competition market)
Pasar persaingan tidak tepat yaitu pasar di mana jumlah pembeli lebih banyak dibandingkan dengan jumlah penjualnya, sehingga pasar dikuasai oleh satu atau beberapa penjual saja.
Adapun ciri-cirinya sebagai berikut.
1) terdapat kendala untuk memasuki pasar,
2) pengetahuan pembeli perihal pasar terbatas,
3) jumlah penjual sedikit,
4) barang yang diperjualbelikan bermacam-macam.
Bentuk pasar yang termasuk pasar persaingan tidak sempurna, di antaranya:
a. Pasar monopoli
b. Pasar duopoli
c. Pasar oligopoli
d. Pasar monopolistik
Menurut Waktu Penyelenggaraannya
Berdasarkan waktu penyelenggaraannya, pasar sanggup dibedakan menjadi:
a. Pasar harian
Pasar harian yaitu pasar yang dilakukan setiap hari. Contohnya pasar-pasar tradisional di lingkungan rumah yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari, pasar induk, di jakarta, dan lain-lain.
b. Pasar mingguan
Pasar mingguan yaitu pasar yang dilakukan hanya setiap seminggu sekali. Biasanya nama pasar ini diambil dari nama hari pelaksanaan, contohnya Pasar Senin, Pasar Minggu, Pasar Rebo, dan lain-lain.
c. Pasar bulanan
Pasar bulanan yaitu pasar yang dilakukan sebulan sekali. Pasar bulanan biasanya terdapat di sekitar pabrik dan dibuka setiap kali karyawan pabrik tersebut mendapatkan gaji.
d. Pasar tahunan
Pasar tahunan yaitu pasar yang dilakukan setahun sekali. Pasar ini diselenggarakan berkaitan dengan program atau acara dan sering digunakan sebagai ajang festival atau promosi. Contohnya Pekan Raya Jakarta (PRJ), Pasar Sekaten di Jogjakarta dan Solo.
Menurut Jenis Barang yang Diperjualbelikan
Berdasarkan jenis barang yang diperjualbelikan, pasar dibedakan menjadi:
a. Pasar barang distribusi
Pasar barang distribusi yaitu pasar yang menjual faktorfaktor produksi. Misalnya bursa tenaga kerja, pasar modal, pasar mesin-mesin produksi, dan lain-lain.
b. Pasar barang konsumsi
Pasar barang konsumsi yaitu pasar yang menjual barangbarang yang secara pribadi sanggup dikonsumsi/dipakai. Contohnya pasar buah, pasar ikan, pasar pakaian, dan lain-lain.
Sumber http://ekonomisku.blogspot.com/
0 Response to "Macam Bentuk Pasar"
Posting Komentar