iklan

Faktor Yang Mempengaruhi Perbedaan Kebutuhan Manusia

Faktor yang Mempengaruhi Perbedaan Kebutuhan Manusia - Adalah Contoh Kebutuhan setiap insan akan berubah dan berbeda bergantung dari faktor yang memengaruhinya.


Faktor-faktor tersebut, di antaranya keadaan lingkungan alam, kebudayaan, waktu, agama, pendapatan, dan adat istiadat.

1. Keadaan Lingkungan Alam
Keadaan lingkungan alam di suatu tempat sanggup memengaruhi tingkat kebutuhan masyarakat yang tinggal di tempat tersebut. Misalnya, masyarakat yang tinggal di kawasan pegunungan atau kutub utara akan membutuhkan pakaian dan selimut yang tebal.

Sebaliknya, bagi masyarakat yang tinggal di kawasan gurun atau pantai, mereka tidak terlalu membutuhkan pakaian atau selimut yang tebal. Mereka cenderung nyaman menggunakan pakaian yang tipis.

Faktor yang Mempengaruhi Perbedaan Kebutuhan Manusia Faktor yang Mempengaruhi Perbedaan Kebutuhan Manusia


2. Peradaban atau Kebudayaan
Kebutuhan insan juga berubah seiring dengan perkembangan kebudayaan. Misalnya, dahulu telepon seluler (handphone) merupakan barang glamor yang tidak semua orang sanggup memilikinya. Namun sekarang, handphone sudah menjadi alat kebutuhan telekomunikasi yang biasa bagi semua orang, baik yang tinggal di kota besar maupun pelosok desa. Mulai dari orang tua, remaja, bahkan siswa sekolah sudah menggunakan handphone untuk alat berkomunikasi.

3. Waktu
Perubahan waktu juga sanggup menjadikan kebutuhan berubah. Misalnya, kau tumbuh seiring dengan waktu dari bayi hingga kini sudah menjadi siswa SMP. Tentunya, ukuran pakaian dan sepatu kau saat masih kecil sudah tidak cukup lagi jikalau kau pakai sekarang. Oleh alasannya itu, kau perlu membeli baju atau sepatu gres yang sesuai dengan pertumbuhan tubuh kamu. Dengan demikian, kebutuhan seseorang di masa kemudian akan berbeda dengan kebutuhannya sekarang.

4. Agama dan Adat Istiadat
Agama dan adat istiadat juga sanggup memengaruhi kebutuhan orang yang menganut agama tersebut. Misalnya, umat Islam membutuhkan mukena, sajadah, al- Quran, dan tasbih untuk melakukan ibadah agamanya. Umat Kristen membutuhkan kitab Injil, perlengkapan natal, lambang salib, dan rosario dalam beribadahnya.

Faktor yang Mempengaruhi Perbedaan Kebutuhan Manusia Faktor yang Mempengaruhi Perbedaan Kebutuhan Manusia




Sebelumnya mengenai Manusia Sebagai Makhluk Yang Bermoral ini sanggup menambah pengetahuan anda.


5. Pendapatan
Kebutuhan seseorang pada umumnya akan berubah seiring dengan pendapatan yang diperolehnya. Dengan pendapatan yang meningkat, daya belinya juga akan meningkat sehingga kebutuhannya juga akan semakin banyak. Misalnya, Pak Hasibuan seorang karyawan perusahaan swasta, beliau mempunyai pendapatan Rp1.000.000 per bulan. Dengan pendapatannya, beliau hanya bisa memenuhi kebutuhan pokok. Namun, saat pendapatannya naik menjadi Rp1.200.000, Pak Hasibuan selain bisa memenuhi kebutuhan pokoknya, beliau pun bisa memenuhi kebutuhan lainnya, menyerupai menabung dan rekreasi.


Sumber http://ekonomisku.blogspot.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Faktor Yang Mempengaruhi Perbedaan Kebutuhan Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel