iklan

8 Pengertian Komunikasi Pemasaran Dan Bentuknya

Pengertian Komunikasi Pemasaran dan Bentuknya  8 Pengertian Komunikasi Pemasaran dan Bentuknya

AkuntansiLengkap.com – Pengertian Komunikasi Pemasaran dan Bentuknya | Dalam keseharian kita selalu melaksanakan komunikasi kepada orang-orang di lingkungan kita. Dalam dunia pemasaran komunikasi yang efektif menjadi modal penting perusahaan guna memberikan pesan merek kepada publik demi mencapai tujuan perusahaan.

Tahukah kamu?

Tayangan iklan baik di media cetak maupun elektronik merupakan suatu bentuk komunikasi pemasaran oleh perusahaan untuk memberikan pesan kepada masyarakat luas.  

Berikut ini ialah pengertian komunikasi pemasaran berdasarkan para ahli.

Pengertian Komunikasi Pemasaran Menurut Para Ahli


1. Philip Kotler (2001) komunikasi pemasaran ialah suatu proses perencanaan dan menjalankan konsep, harga, promosi, serta distribusi sejumlah barang atau jasa guna membuat pertukaran yang bisa memuaskan tujuan individu dan organisasi. (Baca juga: 10 Strategi Pemasaran Produk )

2. Terence Shimp, mendefinisikan komunikasi pemasaran (marketing communication) ialah bab penting dalam keseluruhan misi pemasaran serta penentu suksesnya pemasaran.

3. Sutisna dalam Amir Purba, dkk menyatakan bahwa komunikasi bisnis pemasaran ialah perjuangan untuk memberikan pesan kepada publik terutama konsumen berupa saran wacana perbedaan produk di pasar.

4. William G Nickles menyatakan bahwa komunikasi pemasaran ialah suatu proses pertukaran info yang dilakukan secara persuasif sehingga proses pemasaran bisa berjalan secara efektif dan efisien.

5. Soemanagara (2006) menyatakan bahwa komunikasi pemasaran merupakan komunikasi yang bertujuan untuk memperkuat taktik pemasaran guna meraih segmentasi yang luas.

6. Prisgunanto menyatakan komunikasi pemasaran dibawah periklanan namun ketika ini komunikasi pemasaran muncul sebagai suatu bentuk elemen promosi dari marketing mix yang melibatkan komunikasi antar organisasi dan sasaran khalayak guna meningkatkan performa pemasaran.

7. Morrisan, komunikasi pemasaran proses pengembangan relasi dengan konsumen dengan cara mengamati kebutuhan dan cita-cita konsumen yang dilanjutkan dengan pengembangan suatu produk (product) guna memuaskan kebutuhan konsumen dan memperlihatkan penawaran harga (price) serta melaksanakan distribusi supaya tersedia di daerah (place) yang menjadi pasar produk yang bersangkutan.

Kesimpulan Komunikasi Pemasaran

Dari beberapa definisi komunikasi pemasaran sanggup disimpulkan bahwa komunikasi bisnis ialah cara perusahaan atau administrasi perusahaan semoga sanggup bersentuhan pribadi dengan konsumen demi memperlihatkan produk dan pelayanan yang efektif dan sempurna guna. 

Baca juga:

  1. 3 Jenis Strategi Pemasaran dan Contoh “Lengkap”
  2. Pengertian Riset Pemasaran : Tujuan, Metode dan Objek
  3. Pengertian Bauran Pemasaran dan 7 Variabel

Bentuk Bentuk Komunikasi Pemasaran (Marketing Communication Mix)


Komunikasi pemasaran memiliki beberapa bentuk upaya perusahaan dalam menjalankan komunikasi pemasaran diantaranya :

  • Hubungan kemasyarakatan (Public Relation)
  • Penjualan Perorangan / Wiraniaga (Personal Selling)
  • Periklanan (Advertising)
  • Pemasaran Interaktif (Interactive / Internet Marketing)
  • Pemasaran Langsung (Direct Marketing)

Demikian artikel mengenai 8 Pengertian Komunikasi Pemasaran dan Bentuknya, semoga bermanfaat bagi pembaca,  dan Terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂

Kunjungi artikel terkait:

  1.  Peluang Usaha Ternak Menguntungkan dan Menghasilkan
  2. Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli “Unsur dan Jenisnya Lengkap”
  3. 10 Prospek Kerja Jurusan Akuntansi “Terbaru”
  4. 4 Pengertian Modal Dalam Akuntansi “Menurut Ahli dan Jenisnya”
  5. Pengertian, Tujuan dan Contoh Jurnal Penutup dan Jurnal Pembalik

Sumber http://www.akuntansilengkap.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "8 Pengertian Komunikasi Pemasaran Dan Bentuknya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel