iklan

Tekanan Hidrostatis Zat Cair Dan Referensi Soalnya

Tekanan Hidrostatis zat cair dan teladan soalnya- Hello fellas,,,, berjumpa lagi dalam blog penuh ilmu ini. Adakah yang lagi mencar ilmu Fisika? Mana suaranya??? Nah alasannya yaitu pak guru lagi semangat menjelaskan bahan Fisika, maka pertemuan kali ini akan membahas konsep Tekanan. Pernahkan kalian berenang atau menyelam di bak atau di laut? Apa yang kalian rasakan dikala berada di dasarnya? Kenapa juga kita sering mendengar penyelam di dasar bahari muntah darah jikalau tidak kuat? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka kalian harus mengetahui konsep tekanan, tekanan pada zat cair/ tekanan hidrostatis lebih tepatnya.
Tekanan Hidrostatis zat cair dan teladan soalnya Tekanan hidrostatis zat cair dan teladan soalnya


Dalam kehidupan sehari-hari udara juga menekan kulit pada badan kita sebesar 1 atm (1 atm= 1,01 x 105 Pa) atau lebih dieknal juag sebagai tekanan udara. Betapa insiden fisika berkaitan dekat dengan kejadian sehari-hari.
Tekanan (Pressure) merupakan gaya yang diberikan pada benda tiap satuan luas. Atau sanggup dirumuskan:
P=F/A
Dengan P= tekanan (N/m2)
             F= gaya tekan (N)
            A= luas permukaan (m2)

Jika seseorang menggunakan sepatu yang berhak tinggi (lancip) lalu bangkit di atas tanah yang lembek dibandingkan dengan menggunakan sepatu flat (datar), maka akan lebih dalam yang mana tancapannya? Benar sekali, lebih dalam yang menggunakan sepatu lancip, alasannya yaitu luas permukaannya lebih kecil sehingga tekanannya paling besar.

Ketika suatu benda/ objek/ insan berada di fluida (zat cair), juga akan mengalami tekanan yang lebih dikenal dengan zat cair atau tekanan hidrostatis. Berapa besarnya tekanan ini? Berikut penuruan rumus tekanan hidrostatis:
P=F/A

Karena gaya yang menekan yaitu gaya berat fluida itu sendiri, maka gaya tersebut merupakan gaya berat zat cair F= W= m.g, dengan m merupakan massa fluida, jadi:
P=W/A= m.g/A= ρf.V.g/A= ρf.A.h.g/A= ρf.g.h
PH= ρf.g.h
Dengan PH= tekanan hidrostatis (Pa atau N/m2)
             ρf= massa jenis zat cair (kg/m3)
             g= percepatan gravitasi bumi (m/s2)
             h= kedalaman objek/ benda relative terhadap permukaan zat cair (m)

Dengan demikian terlihat bahwa tekanan hidrostatis dipengaruhi oleh massa jenis fluida/ zat cair tersebut, kedalaman benda relative terhadap permukaan. Hal ini menimbulkan bahwa semakin dalam kita menyelam dalam air, maka akan terasa berat dan sesak alasannya yaitu tekanan hidrostatisnya besar, dna juga bendungan bab bawah lebih tebal, alasannya yaitu tekanan yang paling bawah paling besar, untuk menghindari kejebolan. Nah sudah tahukan kegunaan konsep tekanan dalam Fisika?

Berikut ini teladan soal aplikasi tekanan hidrostatis.
a.      
             Seorang penyelam menyelam ke dasar bak dengan kedalaman 20m. Berapa tekanan hidrostatis yang dirasakan penyelam tersebut?
Jawab: gunakan ρf air  yakni 1000 kg/m3
PH= ρf.g.h
    = 1000. 10. 20 = 200000 Pa
b.      Beni berenang dalam pada kedalaman 10 m dari dasar kolam. Jika ia mencicipi tekanan hidrostatis sebesar 300000 Pa, berapa kedalaman kolam?
Jawab:
Untuk mengetahui kedalaman kolam, maka perlu tahu kedalaman Beni relative terhadap permukaan. Gunakan ρf air  yakni 1000 kg/m3
PH= ρf.g.h
300000=1000.10.h
h= 30m
maka kedalaman bak yaitu 10+ 30= 40m


Mudah dipahami bukan? Ternyata konsep tekanan bekerjasama dekat dengan kehidupan sehari-hari ya. Itulah rumus tekanan hidrostatis zat cair dan teladan soalnya. Semoga bermanfaat dan terus berkunjung ke blog ini ya,,,   karena akan ada pembahasan bahan Fisika lainnya yang lebih menarik dan menantang. See you guys!

Sumber http://laportadoradesuenos.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tekanan Hidrostatis Zat Cair Dan Referensi Soalnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel