iklan

Rumus Energi Kinetik

Rumus energi kinetik- Hello,,, berjumpa lagi dalam blog penuh edukasi ini. Masih membahas bahan Fisika asyik tentunya. Setelah pertemuan kemarin kita membahas perihal Energi Potensial, maka kali ini Pak Guru akan membahas perihal kelanjutan konsep energi yakni Energi Kinetik.
Seperti yang telah kita ketahui energi yaitu suatu tenaga yang tersimpan atau ada dan tidak sanggup diciptakan atau dimusnahkan, energi hanya sanggup diubah ke bentuk energi lainya. Hal ini yang nantinya juga memunculkan konsep Hukum Kekekalan Energi.


Energi Kinetik yaitu energi yang muncul akhir benda tersebut bergerak dengan kecepatan lebih dari nol (jika kecepatannya nol maka energi kientiknya bernilai nol/ hanya mempunyai energy potensial), semakin besar kecepatan suatu objek atau benda, maka energi kinetiknya semakin besar, begitu pula sebaliknya.

Energi kinetik bergantung pada massa benda (m), kecepatan benda (v). Energi ini sama menyerupai Energi Potensial yang merupakan besaran skalar. Sehingga rumusan Energi kinetik sanggup dirumuskan sebagai berikut:
Ek=1/2 mv2
Dengan Ek= energi kinetik (joule/ J)
              m= massa benda (kg)
              v= kecepatan (m/s)

Bersama dengan Energi Potensial akan membentuk konsep energi mekanik yang sanggup dirumuskan sebagai berikut:
Em= Ep+Ek

Contoh kasus dengan memakai konsep energi mekanik yakni ketika ebnda dilempar ke atas. Saat benda berada di puncak benda berhenti sesaat, di situ Energi Kinetiknya bernilai nol sedangkan Energi Potensialnya paling besar (ketinggian paling maksimum). Saat benda hingga tanah kembali, Energi potensialnya bernilai nol sedangkan Energi Kinetik bernilai maksimal (kecepatan ketika berada di tanah paling besar). Makara besarnya energi mekanik selalu tetap, hanya saja Energi Potensial dan Kinetiknya yang berubah-ubah sesuai dengan ketinggian dan kecepatan benda.

Contoh energi kinetik yaitu energi yang yang dihasilkan dari benda yang bergerak dengan kecepatan tertentu, bola yang dilempar ke atas dsb.


Bagaimana? Praktis dipahami bukan? Itulah rumus Energi Kinetik. Semoga bermanfaat dan terus berkunjung ke blog ini ya,,,   karena akan ada pembahasan bahan Fisika lainnya yang lebih menarik dan menantang. See you guys!

Sumber http://laportadoradesuenos.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rumus Energi Kinetik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel