iklan

Membuat Daftar Table Excel Dengan Power Query

Dalam sebuah table yang berisi kumpulan data, dimana sekali waktu kita ingin mengelompokan menurut urutan tertentu, anda sanggup melaksanakan beberapa alternatif untuk melakukannya.
Saya asumsikan disaat kita mendapatkan suatu order dengan banyak nomor PO, dimana didalam PO tersebut terdapat banyak item maka kita perlu melaksanakan rekap daftar PO yang kita terima. Jika ketika barang yang yang akan dikirimkan tersebut didasarkan akan no PO, maka bukanlah hal yang sulit. Tetapi kalau barang yang akan dikirimkan tersebut diambil dari beberapa PO yang ada, maka perlu adanya pencatatan khusus biar tidak terjadi pengiriman yang double atau tidak terkirimnya atas barang tersebut.

Keadaan jual beli ini sanggup temui disaat antara penjual dan pembeli melaksanakan perjanjian sebelumnya. Untuk pihak pembeli tidak terlalu menjadi dilema alasannya sebagai akseptor barang. Namun bagi pihak penjual yang produknya tidak mempunyai stock, hanya sesuai seruan maka perlu perhatian ekstra atas order tersebut. Hal ini biasanya bagi mereka yang mempunyai perjuangan jenis percetakan, pengepakan box / kardus. Berdasarkan kondisi tersebut anda sanggup memakai fungsi query biar memudahkan pekerjaan tersebut. Karena akan secara otomatis akan tersusun sesuai dengan nomor / index yang diberikan.

Cara memakai Power Query di Excel

Anda harus sudah terinstall add ins Power Query Berikut Contoh yang akan saya berikan, dimana dalam gambar awal terdapat kolom yang saya beri highlight berwarna kuning. Setelah anda menentukan daftar yang anda inginkan, berikan penomoran sesuai yang akan anda buat. Selanjutnya Pilih seluruh table, kemudian masuk ke sajian Power Query kemudian pilih icon from table. Dari langkah ini maka akan menampilkan workbook query ibarat di bawah ini :

Jika dilihat dari gambar di atas saya memperlihatkan nomor satu hingga dengan enam, dimana nomor tersebut ialah langkah yang untuk sanggup menghasilkan dengan fungsi query.
1. Source
Adalah menampilkan sumber table sesuai aslinya, dimana untuk nomor yang tidak terisi akan menampilkan keterangan null

2. Unpivot Coloumns sanggup anda lakukan dengan cara masuk ke sajian Transform (2a) kemudian pilih bab yang dilingkari berwarna merah dan selanjutnya anda sanggup menentukan unpivot coloumns, ibarat yang tampak di bawah ini :

3. Added Index berfungsi untuk melaksanakan index terhadap penomoran yang telah dibuat, sehingga kolom yang sebelumnya berisi null tidak akan di tampilkan. Namun ketika anda mengaktifkan Added Index, maka kolom index tersebut akan berpindah ke bab simpulan tabel sehingga anda perlu memindahkan kolom index tersebut ke bab awal table yang sanggup disebut dengan Reorder Coloumns (4).


4. Removed Other Coloumns berfungsi kalau anda ingin menghilangkan bab pada suatu tabel pada workbook query, dengan cara :

5. Changed Type berfungsi kalau anda ingin isi tabel yang ditampilkan sesuai dengan formatnya baik dalam format angka, tanggal / waktu maupun hanya dalam format text. Langkah perubahan type ini sanggup anda lakukan ibarat di bawah ini :

Jika lima langkah tersebut telah anda lakukan maka tahap simpulan ialah dengan masuk ke sajian file - Close & Load. Maka isi tabel akan menghasilkan sesuai angka yang terisi. Hasil dari power query ini ada pada sheet lain, ibarat anda memakai pivot table.

Bila proses pembuatan power query ini berhasil, coba anda hapus nomor pada data aslinya kemudian masuk ke sheet power query dan selanjutnya klik kanan mouse anda kemudian pilih refresh, maka secara otomatis data akan berubah. Dengan demikian anda tidak perlu melaksanakan pengaturan workbook query lagi. Semoga panduan singkat ini sanggup membantu anda.
Sumber http://berbagi73.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Membuat Daftar Table Excel Dengan Power Query"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel