iklan

Memanfaatkan Akomodasi Pencarian File Secara Gui Di Debian

Ingin mencari file di Linux tapi malas memakai command prompt? jangan khawatir, Linux juga menyediakan proses pencarian file secara GUI. Tidak banyak orang mengetahui mengenai akomodasi pencarian ini, mungkin alasannya sebagian besar pengguna Linux yaitu “command line lovers”, sehingga tidak banyak yang membahas fitur ini. Tidak percaya? coba aja gunakan keyword ini di google “mencari file di linux” maka sebagian besar akan merujuk pada blog-blog yang menyarankan penggunaan command line “find” atau “locate”.


Ok, intermezo dulu sebelum membahas pencarian linux lewat GUI ini. Sebenarnya judul ini terinspirasi dari postingan blog yang membenci Linux alasannya ketidak-user-friendly-annya, lalu membandingkan dengan sistem operasi Windows yang menurutnya lebih user friendly. Dan dapat ditebak lalu di komentarnya dipenuhi oleh komentar pro dan kontra. Pada level “grass root” rupanya masih jadi topik hangat perdebatan Linux Vs Windows ini, meskipun pada level developer hal ini sudah sedikit berkurang dan mungkin akan segera berakhir (lihat postingan ini).


Ok, eksklusif aja kita bahas mengenai penggunaan fitur pencarian secara GUI di Linux Debian. FYI, aku memakai Linux Debian Squeezy. Untuk memakai fitur pencarian secara GUI di Debian pilih sajian Application->System Tools->File Browser->Go->Search For Files. Kemudian masukan kata kunci file yang ingin dicari, contohnya .jpg lalu tekan enter :


Ingin mencari file di Linux tapi malas memakai command prompt Memanfaatkan akomodasi pencarian file secara GUI di Debian


Untuk pencarian file yang lebih spesifik, dapat menambahkan kriteria pencarian. Sayangnya, untuk pencarian lewat GUI ini gres mendukung pencarian berdasarkan lokasi pencarian (folder/direktori) dan tipe dari file saja (dokumen, musik, presentasi, spreadsheet, txt dll).


Demikian tips kali ini, supaya bermanfaat



Sumber http://jasait.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Memanfaatkan Akomodasi Pencarian File Secara Gui Di Debian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel