iklan

Cara Menanam Jagung Manis, Perhatikan 8 Langkah Berikut

 Anda tentu saja bisa melakukan budidaya jagung cantik Cara Menanam Jagung Manis, Perhatikan 8 Langkah Berikut
gambar cara menanam jagung manis

Cara menanam jagung cantik cukup mudah, sanggup dilakukan oleh siapa saja. Anda tentu saja bisa melakukan budidaya jagung manis. Usaha budidaya ini sanggup Anda gunakan untuk kegiatan sampingan, bahkan untuk menambah pendapatan keluarga.


Hal terpenting yang perlu Anda pahami sebagai langkah awal cara menanam jagung cantik ialah ketekunan. Sebuah usaha jika dilakukan dengan serius, fokus, serta sungguh-sungguh niscaya akan memperoleh hasil yang optimal.


Untuk mengetahui cara menanam jagung manis, ada baiknya Anda untuk terlebih dahulu, deskripsi ihwal jenis tumbuhan jagung cantik :



  • Siklus hidup jagung cantik berkisar antara umur 60 hingga 150 hari semenjak bibit jagung cantik ditanam

  • Ketinggian dari tumbuhan jagung cantik berkisar antara 1 meter hingga 3 meter tergantung dari varietas bibit jagung manis.

  • Mengalami dua siklus pertumbuhan sekaligus, yaitu vegetatif pada fase pertama, dan generatif pada fase berikutnya.

  • Akar jagung cantik termasuk jenis akar serabut

  • Batang jagung cantik beruas, dan tegak.


Inilah 8 Tahap cara menanam jagung cantik :


1. Mendapatkan Benih Jagung Manis

Tahap pertama dalam cara menanam jagung cantik ialah pengadaan bibit jagung manis. Usahakan untuk mendapat bibit jagung cantik yang berkualitas tinggi, benih merupakan hasil dari indukan varietas unggul, bebas dari segala jenis penyakit serta cacat fisik, dan hasil panen berlimpah.


Untuk mendapat benih jagung cantik yang berkualitas tersebut, sebaiknya Anda mendapatkannya pada petani jagung cantik yang sudah sering melaksanakan budidaya jagung cantik serta mempunyai hasil panen yang berlimpah. Sebab cara menanam jagung cantik meskipun dilakukan dengan cara yang benar, akan percuma saja jikalau ternyata bibit yang Anda tanam berkualitas rendah.


2. Mengolah Lahan Tanam

Cara menanam jagung cantik selanjutnya ialah mempersiapkan lahan sebagai media untuk menanam jagung manis.  Berikut cara – cara yang sanggup Anda lakukan :



  • Cangkul lahan untuk menghasilkan tanah yang gembur, lalu diamkan selama 1 ahad untuk dianginkan.

  • Bersihkan juga lahan dari gulma berbarengan dengan pada ketika mencangkul lahan.

  • Untuk tanah yang mempunyai kadar asam yang tinggi, yaitu PH kurang dari 5, sanggup ditambahkan kapur dolomit dengan takaran 1 ton per 2 hektar lahan.

  • Berikan juga pupuk sangkar sebagai nutrisi tanah biar lahan mempunyai tingkat kesuburan yang baik untuk cara menanam jagung manis.

  • Untuk cara menanam jagung manis, Anda tidak perlu menciptakan bedengan, hanya saja dibuatkan drainase untuk anutan air hujan biar tidak menggenangi lahan setiap jarak 4 meter.

  • Buatkan lubang tanam tugalan dengan kedalaman 4 hingga 5 cm, dengan jarak antar lubang tanam berkisar antara 30 x 60 cm.


3. Cara Menanam Jagung Manis

Setelah lahan siap, langkah berikutnya ialah memasukkan bibit kedalam lubang tanam yang sudah dibuat. Cara menanam jagung cantik yang baik sebaiknya dimulai pada awal ekspresi dominan penghujan, serta setiap satu lubang tanam baiknya hanya diisi satu benih tumbuhan jagung manis.


4. Penyulaman Tanaman

Setelah benih ditanam berusia satu minggu, cek pertumbuhan tumbuhan jagung cantik Anda. Gantilah beberapa bibit yang tidak tumbuh tepat dengan bibit yang gres untuk menghasilkan pertumbuhan tumbuhan yang seragam. Cara menanam jagung cantik pada tahap ini dinamakan sebagai tahap penyulaman tanaman.


5. Penyiangan dan Pembumbunan Tanaman

Setelah tumbuhan berusia 2 ahad semenjak masa tanam, bersihkan rumput – rumput liar yang tumbuh disekitar tumbuhan dengan cara dicabut memakai tangan maupun dengan cangkul kecil. Membersihkan gulma dengan cara alami dan tidak memakai pestisida ialah cara menanam jagung cantik yang lebih dilanjurkan untuk hasil panen yang maksimal.


 Anda tentu saja bisa melakukan budidaya jagung cantik Cara Menanam Jagung Manis, Perhatikan 8 Langkah Berikut
cara menanam jagung cantik (pembubuhan dan penyiangan tanaman)

 Anda tentu saja bisa melakukan budidaya jagung cantik Cara Menanam Jagung Manis, Perhatikan 8 Langkah Berikut
gambar cara menanam jagung cantik (pemeliharaan tanaman)

Lakukan juga pembumbunan tumbuhan biar batang tumbuhan tidak gampang roboh dengan cara mengumpulkan tanah-tanah disekitar tumbuhan ke arah akar tumbuhan jagung cantik hingga terbentuk gundukan tanah untuk menguatkan tanaman. Proses pembumbunan dalam cara menanam jagung cantik sanggup dilakukan sesudah tumbuhan berusia kurang lebih 1 bulan sesudah ditanam.


6. Penyiraman

Cara menanam jagung cantik sesudah beberapa tahap diatas, juga dibutuhkan tindakan penyiraman secara rutin terlebih jikalau menghadapi ekspresi dominan kemarau. Tujuan dari penyiraman itu sendiri ialah untuk menjaga kelembaban lahan dan biar tumbuhan tidak kekurangan kadar air yang dibutuhkan tumbuhan untuk proses pertumbuhan.


7. Pemupukan Susulan

Lahan juga perlu dilakukan pemupukan sususan dengan memakai pupuk sangkar maupun bubuk buatan untuk menjaga keadaan tanah tetap subur dan kaya akan unsur hara. Cara menanam jagung cantik untuk tahap pemupukan sususlan tersebut sanggup dilakukan pada ketika usia tumbuhan jagung berumur 2 bulan semenjak benih ditanam.


8. Panen Jagung Manis

Tahap pemanenan jagung cantik bervariasi tergantung dari jenis varietas jagung cantik yang Anda tanam, suhu cuaca lingkungan lahan, serta ketinggian tanah lokasi lahan juga turut memilih waktu pemanenan.


Cara menanam jagung cantik pada dataran rendah, umumnya sanggup dipanen lebih cepat dibandingkan dengan cara menanam jagung cantik pada dataran tinggi. Dan jikalau ekspresi dominan hujan, panen jagung cantik sanggup lebih usang dibandingkan dengan ekspresi dominan kemarau. Namun demikian rata – rata umur tanam jagung cantik hingga siap dipanen ialah berkisar antara 60 hingga 150 hari tergantung banyak sekali faktor tersebut.


Kami informasikan untuk Anda cara menanam jagung cantik sebagai embel-embel pengetahuan dan informasi. Selamat berbahagia, jalani acara hari dengan semangat tinggi.




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menanam Jagung Manis, Perhatikan 8 Langkah Berikut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel