iklan

4 Ciri-Ciri Teks Eksemplum Berdasarkan Beberapa Sumber

 Teks ekseplum merupakan sebuah teks yang berisi perihal pengalaman hidup seseorang atau t 4 Ciri-Ciri Teks Eksemplum Menurut Beberapa Sumber

4 Ciri-Ciri Teks Eksemplum

ayoksinau.com – Teks ekseplum merupakan sebuah teks yang berisi perihal pengalaman hidup seseorang atau teks yang menceritakan sebuah sikap tokoh dalam cerita, yang biasnya dalam teks memuat perihal pengenalan tokoh dalam cerita, lalu menceritakan kejadian yang di alami oleh tokoh, serta interprestasi yang di timbulkan oleh tokoh.

            Semua orang niscaya pernah menciptakan teks eksemplum baik kaum hawa dan kaum hawa, mulai dari anak-anak, remaja bahkan orang dewasa. Cara menciptakan teks eksemplum sangat mudah, tetapi ada beberapa hal yang harus de perhatikan biar teks tersebut bisa di pahami dan di mengerti oleh pembaca. Di antaranya yaitu ciri-ciri dari teks eksemplum, struktur dari teks serta unsur kebahasaan yang mendukung teks menjadi sebuah teks yang sempurna.

            Ada beberapa ciri khas dari teks eksemplum yang sanggup di bedakan dengan teks lainnya, seperti.

  • Teks berisi perihal terjadinya kejadian yang tidak di inginkan atau tidak terduga
  • Memiliki struktur teks yang lengkap
  • Urutan kejadian atau kejadian yang lengkap dan jelas
  • Dalam teks eksemplum memakai bahasa naratif

Membuat teks eksemplum biar mejadi sebuah teks yang menarik dan bisa menarik perhatian pembaca, maka harus di perhatikan struktur yang ada dalam teks supaya teks menjadi teks yang utuh dan gampang di pahami oleh pembaca. Berikut yaitu struktur teks eksemplum.

  • Pertama yaitu orientasi atau bab awal pada teks, pada bab ini teks berisi perihal pengenalan tokoh
  • Insiden atau kejadian ialah bab teks yang mengandung perihal permasalahan atau kejadian yang sedang di alami oleh tokoh. Bagian ini yaitu bab inti dari sebuah teks eksemplum, apabila pada bab ini tidak terperinci maksud yang di sampaikan oleh penulis maka seorang pembaca akan merasa kebingungan.
  • Interprestasi merupakan bab teks yang terakhir yang berisi perihal pesan moral, evalusi, amanat yang di sampaikan oleh tokoh serta akhir dari problem di hadapi oleh tokoh.

Membuat teks eksemplum hampir sama ibarat menciptakan teks lain pada umumnya, yang banyak memakai unsur kebahasaan yaitu konjungsi atau kata hubung. Konjungsi atau kata hubung dalam teks eksemplum mempunyai unsur-unsur yang harus di perhatikan oleh penulis biar teks yang dibentuk bisa di mengerti oleh pembaca.

  • Di dalam teks memakai kalimat yang komplek
  • Menggunakan konjungsi atau kata hubung
  • Menggunakan kata rujukan, kata acuan ialah kata yang merujuk pada kata lainnya yang telah di pergunakan sebelumnya
  • Menggunakan kata kerja atau verba, dimana kata kerja ini ialah kata yang menyangkut perihal suatu tindakan, pengalaman, atau keberadaan suatu subjek atau objek tertentu.

Untuk menciptakan teks eksemplum yang padu dan gampang untuk di pahami oleh pembaca, maka penulis harus benar-benar teliti memperhatikan semua bab yang menyangkut teks eksemplum biar menjadi sebuah teks yang tepat .

Demikian gosip penting mengenai Ciri – ciri teks eksemplum, diperlukan bisa menjadi pandangan gres anda semua. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya :


Sumber https://www.ayoksinau.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Ciri-Ciri Teks Eksemplum Berdasarkan Beberapa Sumber"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel