iklan

Pengertian Manajer Berdasarkan Para Andal Serta Tugas, 3 Tingkatan Dan Contohnya

Siapakah manajer itu ? dan apakah tugasnya ? – untuk sanggup memahami kedua pertanyaan berikut silahkan simak artikel akuntansilengkap.com dibawah ini.

 untuk sanggup memahami kedua pertanyaan berikut silahkan simak artikel  Pengertian Manajer Menurut Para Ahli Serta Tugas, 3 Tingkatan dan Contohnya

A. Pengertian Manajer


Secara sederhana manajer yaitu orang yang sanggup mengarahkan atau memimpin orang lain dan bisa bertanggung jawab atas acara (pekerjaan) di suatu organisasi atau perusahaan.

Lebih lanjut, pengertian manajer yaitu orang yang mempunyai pengalaman, pengetahuan serta keterampilan yang baik dan diakui oleh organisasi/perusahaan tersebut untuk sanggup memimpin, mengendalikan mengelola, mengatur serta menyebarkan organisasi dalam rangka mencapai visi (tujuan) perusahaan. (Baca Juga : Inilah 6 Unsur Unsur Manajemen Menurut Para Ahli)

B. Tingkatan-Tingkatan Manajer


Dalam penerapannya pada beberapa organisasi, manajer biasanya dikelompokkan kedalam beberapa kategori manajer ibarat manajer puncak (top management), manajer tingkat mengah (middle management) dan manajer lini pertama (first-line management). Berikut ini penjelasannya:

  1. Manejemen lini pertama (first line management)

Pernahkah mendengar istilah supervisor, manajer area, manajer department dan manajer kantor atau mandor ?. Beberapa pekerjaan tersebur termasuk dalam kelompok manajer lini pertama. Manajer ini merupakan tinggatan paling rendah, sering dikenal dengan manajer operasional. Tugas dan fungsinya ibarat memimpin dan mengawasi pegawai non-manajerial yang terlibat dalam proses produksi.

  1. Manajer tingkat menengah (middle management)

Kali ini misalnya ibarat manajer proyek, manajer divisi , manajer pabrik atau kepala bab termasuk kelompok manajer tingkat menengah. Manajer ini ini berada diantara manajer lini pertama (first line management) dan manajer puncak (top management), kiprah dan fungsinya yaitu sebagai penghubung antara keduanya. (Baca Juga :  6 (enam) Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan)

  1. Manajer puncak (top management)

Contoh dari manajer puncak ibarat Chief Executive Officer (CEO), Chief Information Officer (CIO) dan Chief Financial Officer (CFO). Tugas dan fungisnya manajer puncak yaitu bertugas untuk merencanakan acara maupun taktik organisasi perusahaan secara umum serta mengarahkan jalannya organisasi ataupun perusahaan. Manajer puncak ini dikenal dengan istilah executive officer.

C. Tugas Manajer


Seorang manajer mempunyai tanggungjawab dan kiprah yang sangat strategis dalam perusahaan. Berikut ini yaitu beberapa kiprah yang dilakukan oleh manajer diantaranya :

1. Seorang manajer harus bisa menggali dan menyebarkan sumber daya yang dimiliki organisasi atau perusahaan.

2. Seorang manajer harus bisa memimpin organisasi beserta seluruh administrasi di dalamnya.

3. Seorang manajer harus bisa mengatur dan mengendalikan organisasi.

4. Seorang manajer harus bisa menyebarkan organisasi.

5. Seorang manajer harus bisa mengatasi banyak sekali dilema yang dihadapi organisasi.

6. Seorang manajer harus sanggup mengawasi dan mengendalikan organisasi.

7. Seorang manajer harus bisa menumbuhkan doktrin mengenai langkah dan keputusan yang diambil untuk administrasi perusahaan.

8. Seorang manajer harus mempunyai rasa tanggung jawab terhadap organisasi dan manajemennya.

9. Seorang manajer harus bisa mengevaluasi kegiatan-kegiatan organisasi.

Berdasarkan pernyataan diatas mengatakan bahwa manajer yaitu seseorang yang bisa mengendalikan, memimpin dan menyebarkan organisasi atau perusahaan dalam rangka untuk mencapai tujuan.

Demikianlah pembahasan ihwal Pengertian Manajer Menurut Para Ahli Serta Tugas, 3 Tingkatan dan Contohnya diatas biar dapat dipahami dan bermanfaat. Sekian dan terimakasih.

Baca Juga : 


Sumber http://www.akuntansilengkap.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Manajer Berdasarkan Para Andal Serta Tugas, 3 Tingkatan Dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel