iklan

Mengenal Banyak Sekali Jenis Product Key Windows

Terdapat banyak sekali cara untuk mengaktivasi Windows 8. Untuk mengaktivasi Windows, Anda membutuhkan sebuah product key. Tidak usah jauh-jauh, bahkan pada dikala proses instalasi Windows 8 RTM, Anda diminta untuk memasukkan product key yang telah didapatkan, dan secara default langkah ini tidak sanggup di-bypass, kecuali melalui sebuah trik yang telah saya berikan. Pada artikel ini, saya akan membahas mengenai banyak sekali jenis product key untuk produk Windows, khususnya Windows 7 dan 8.


Artikel ini ditulis oleh Danny (JasaIT). Dilarang keras menyalin keseluruhan atau bab dari artikel ini tanpa mencantumkan link orisinil artikel ini.


Secara umum, product key Windows sanggup dibagi menjadi 5 macam, dibedakan menurut cara Anda mendapatkannya:

a) Retail key

Retail key didapatkan bila Anda membeli Windows di toko-toko retail. Satu key berlaku hanya untuk satu mesin. Validasi bersifat online, sehingga bila key Anda telah dipakai orang lain, maka Anda tidak sanggup menggunakannya lagi untuk mengaktivasi Windows.

b) MSDN key

MSDN key hanya sanggup diperoleh bila Anda mempunyai susukan ke situs MSDN. Satu key sanggup dipakai untuk 10 mesin yang berbeda. Validasi dilakukan secara online. Sewtelah seluruh kuota key diguanakan, maka key tersebut tidak sanggup dipakai lagi.

c) Multiple Activation Key (MAK) key

MAK key biasa hanya untuk institusi atau forum yang membeli lisensi produk Windows secara Volume License (VL). MAK Key dibatasi untuk jumlah mesin yang telah ditentukan. Validasi key sanggup dilakukan secara online atau lewat telepon.

d) OEM key

OEM keys ialah key yang telah diintegrasi ke dalam sistem Windows yang akan diaktivasi dikala digunakan, biasanya terintegrasi pada penjualan notebook yang mempunyai OS Windows. Jadi, sudah teraktivasi secara otomatis begitu Windows di-install.

e) Key Management Service (KMS) key

KMS key hanya sanggup diaktivasi online melalui server KMS yang telah ditetapkan oleh Microsoft, dan tidak sanggup diaktivasi melalui telepon. Setelah Anda mengaktivasi key ini, setiap 6 bulan sekali Anda harus mengaktivasi ulang Windows lewat KMS server.


Dari kelima jenis product key di atas, hanya KMS key yang menciptakan status aktivasi Windows menjadi bersifat sementara (temporary) sesudah divalidasi, yaitu harus diaktivasi secara online setiap 6 bulan sekali. Keempat product key yang lainnya menciptakan status Windows Anda menjadi teraktivasi secara permanen, artinya key cukup sekali saja dimasukkan untuk mengaktivasi Windows. Hal yang pelu diperhatikan ialah bila Anda mengubah konfigurasi komputer, contohnya motherboard komputer Anda diganti, maka status Windows yang sudah teraktivasi sanggup menjadi hilang dan Anda perlu memasukkan key untuk mengaktivasinya lagi. Namun, bila Anda hanya menambahkan hard disk, memory, atau mengganti kartu grafis dan CPU, status aktivasi biasanya tidak akan hilang.


 Artikel ini ditulis oleh Danny (JasaIT). Dilarang keras menyalin keseluruhan atau bab dari artikel ini tanpa mencantumkan link orisinil artikel ini.


Cara mengaktivasi Windows secara umum ada 2 cara, yaitu aktivasi lewat internet (online activation) dan lewat telepon (phone activation). Untuk mengaktivasi Windows 8 Core, Anda hanya sanggup mengaktivasi secara online  alasannya ialah KMS key tidak sanggup dipakai untuk Windows 8 Core. Windows 8 Pro dan Enterprise sanggup diaktivasi secara online atau telepon.



Sumber http://jasait.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengenal Banyak Sekali Jenis Product Key Windows"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel