iklan

Cara Menanam Kacang Tanah Di Pot, Panen Bagus

 


Cara menanam kacang tanah di pot merupakan salah satu cara menanam yang semakin populer  bagi mereka yang memiliki hobi bercocok tanam, dan menjadi solusi bagi yang memiliki lahan sempit. Cara menanam di pot merupakan cara paling terkenal untuk membudidayakan tumbuhan menyerupai sayuran, buah buahan, tumbuhan bumbu dan tumbuhan jenis kacang kacangan serta masih banyak lagi jenis tumbuhan lainnya yang sanggup dibudidayakan dengan cara menanam di pot.


Bagi penggemar mengkonsumsi kacang tanah maka kita sanggup mecoba sendiri dengan cara menanam kacang tanah di pot sehingga kita tidak membeli kacang tanah di pasar. Kita tidak perlu kuatirkan lagi dengan kondisi tidak memiliki lahan luas lantaran sanggup menanam di pot. Tanaman kacang tanah termasuk kedalam tumbuhan legum atau polong polongan dan temasuk kedalam keluarga Fabaceae dengan nama latin Arachis Hypogaea L.


Kacang tanah sanggup dijadikan sebagai makanan kudapan dengan cara mengolahnya menjadi kacang rebus, kacang goreng, kacang bawang, dan sanggup juga dibentuk selai, rempeyek kacang, untuk perhiasan bumbu pecel dan masih banyak lagi kudapan camilan yang memakai materi dari kacang tanah ini.


Kacang tanah berasal dari Amerika Selatan tepatnya dari Brazillia. Tanaman kacang tanah memiliki bentuk daun berukuran kecil tersusun secara beragam dan merupakan tumbuhan perdu dengan ketinggian tumbuhan sekitar 50 cm. Kacang tanah memiliki manfaat bagi badan kita yaitu sebagai sumber vitamin, zat besi, lemak tak jenuh serta protein nabati.


Berikut tahapan tahapan yang sanggup kita pelajari perihal bagaimana cara menanam kacang tanah di pot, supaya kita sanggup mendapat tumbuhan kacang tanah yang sehat dan menghasilkan panen bagus.


Cara menanam kacang tanah dan persiapan pembibitan kacang tanah


Tahap pertama kita harus menentukan benih kacang tanah yang bagus, dalam kondisi gres dan merupakan varietas unggul, bibit nampak mengkilat, tidak keriput dan tidak dalam keadaan cacat,  sehingga bibit ini nantinya sanggup menghasilkan tumbuhan kacang tanah yang daya tumbuhnya sehat serta tumbuhan kacang tanah ini sanggup tumbuh dengan tinggi yang maksimal.


Cara menanam kacang tanah di pot merupakan salah satu cara menanam yang semakin populer  b Cara menanam kacang tanah di pot, panen bagus
Media semai dari kapas

Cara pembibitan kacang tanah sanggup memakai kapas sebagai media semainya. Berikut cara menyemai bibit kacang tanah dengan memakai media semai kapas :



  • Redam benih kacang tanah kedalam air hangat selama beberapa menit, supaya sanggup merangsang pengecambahan bibit kacang tanah.

  • Setelah itu ambil kapas dan rendam kapas kedalam air hangat supaya zat kimia yang terdapat dalam kapas hilang.

  • Letakan kapas yang sudah direndam dengan air hangat tadi kedalam piring plastik, sehabis itu bibit benih kacang tanah diletakkan kedalam kapas tadi dan basahi kapas dengan sedikit air.

  • Letakan piring plastik daerah mengecambahkan bibit kacang tanah tadi ditempat yang teduh tetapi tetap sanggup terkena sinar matahari. Setelah beberapa hari biasanya bibit kacang tanah sudah mulai berkecambah dan bibit kacang tanah siap dipindahkan untuk ditanam di pot.


Cara menanam kacang tanah dan persiapan media tanam


Untuk memulai menanam bibit kacang tanah yang sudah berkecambah maka kita perlu mempersiapkan media tanam terlebih dahulu dan media tanam harus kita buat terlebih dahulu supaya tingkat kesuburan tanah sanggup meningkat.


Cara meningkatkan kesuburan tanah ini sanggup dilakukan dengan mencampurkan 1 sachet natural Glio dengan 50 kg pupuk sangkar dan tanah. Setelah media tanam tercampur dengan rata maka kita masukkan media tanah kedalam pot yang sudah kita persiapkan.


Kemudian berikan perhiasan pupuk makro pada media tanam 1 ahad sebelum masa tanam yaitu dengan memakai 1 botol Super Nasa yang dilarutkan dengan 1 liter air, kemudian ambilah 200 cc adonan tadi dan larutkan kembali dengan 50 liter air. Selanjutnya siramkan larutan terakhir tadi pada media pot secukupnya dan jangan hingga menggenang.


Cara menanam kacang tanah dan proses penanaman kacang tanah


Cara menanam kacang tanah di pot merupakan salah satu cara menanam yang semakin populer  b Cara menanam kacang tanah di pot, panen bagus
Proses menanam kacang tanah

Proses selanjutnya kita sanggup mulai melaksanakan penanaman kacang tanah di media tanam di pot yang sudah kita persiapkan. Penanaman bibit kacang tanah dilakukan dengan kedalaman kira kira 3 cm, kemudian letakkan pot ditempat yang teduh namun juga sanggup terkena sinar matahari.





Cara menanam kacang tanah dan proses perawatan tumbuhan kacang tanah


Setelah proses menanam bibit kacang tanah di pot selesai maka kita harus melaksanakan proses perawatan tumbuhan kacang tanah ini supaya tumbuhan kacang tanah sanggup tumbuh dengan baik dan terhindar dari serangan hama maupun penyakit.


Ada beberapa macam tahapan perawatan yang sanggup kita lakukan terhadap tumbuhan kacang tanah yaitu :



  • Penyiraman


Penyiraman pada tumbuhan kacang tanah sanggup kita lakukan secara rutin supaya kondisi media tanam sanggup selalu lembab dan tidak hingga kekeringan, lantaran kondisi media tanam akan kuat terhadap kesuburan media tanamnya. Akan tetapi jikalau tumbuhan kacang tanah mulai berbunga maka penyiraman sebaiknya sanggup dihindari supaya tidak mengganggu proses penyerbukannya.



  • Penyulaman


Penyulaman sanggup kita lakukan dengan menggantikan bibit tumbuhan kacang tanah yang tidak tumbuh maupun yang mati  dengan bibit atau benih yang baru. Penyulaman ini harus dilakukan dengan segera supaya tumbuhan kacang tanah tumbuhnya sanggup merata.



  • Penyiangan dan pembubunan


Penyiangan terhadap gulma atau tumbuhan liar yang tumbuh disekitar tumbuhan kacang tanah sanggup kita lakukan secara rutin dengan cara mencabut gulma atau tumbuhan liar tadi. Tujuan dari penyiangan ini yaitu semoga nutrisi yang seharusnya untuk tumbuhan kacang tanah  tidak diserap oleh gulma atau tanamn liar tadi. Proses pembubunan juga harus kita lakukan yaitu dengan menimbun pada belahan perakaran tumbuhan kacang tanah dengan tanah.



  • Pemupukan


Pemupukan terhadap tumbuhan kacang tanah sanggup dilakukan dengan menunjukkan pupuk POC NASA dan HORMONIK, kedua pupuk ini berkhasiat untuk meningkatkan kesuburan dari tumbuhan kacang tanah. Dengan cara mencampurkan dosis sebanyak 3 tutup POC NASA dan 1 tutup HORMONIK kemudian semprotkan pada tumbuhan kacang tanah, dan ini dilakukan pada ketika kacang tanah berumur 1 ahad sehabis masa tanam. Penyemprotan ini sanggup dilakukan 2 ahad sekali, namun demikian jangan melaksanakan penyemprotan jikalau tumbuhan kacang tanah mulai berbunga lantaran akan mengganggu proses penyerbukan.



  • Pengendalian hama dan penyakit


Pengendalian hama dan penyakit merupakan pemeliharaan dan perawatan lainnya terhadap tumbuhan kacang tanah, supaya tidak mengganggu pertumbuhan kacang tanah yang kita tanam.


Ada beberapa macam hama dan penyakit yang sanggup menyerang tumbuhan kacang tanah kita, yaitu :



  • Uret : ulat ini akan menyerang tumbuhan kacang tanah pada belahan akar, polong dan batangnya sehingga tumbuhan kacang tanah akan menjadi layu. Cara mengatasinya yaitu dengan melaksanakan penyiangan secara intensif, menunjukkan pupuk sangkar matang dan menyiramkan pestona kedalam tanah serta mencabut tumbuhan kacang tanah yang sudah mati.

  • Ulat penggulung daun : ulat ini akan menciptakan daun mejadi menggulung dan mengering, cara mengatasinya yaitu dengan memakai pestona

  • Ulat grayak : ulat ini akan menyerang secara berkelompok dengan cara memakan daun daun serta tulang tumbuhan kacang tanah. Cara mengatasinya yaitu dengan membersihkan gula, menggilir tumbuhan dan menanam tumbuhan kacang tanah secara serentak, atau sanggup juga dengan menyemprotkan Natural Vitura.

  • Ulat jengkal : ulat ini menyerang belahan daun tumbuhan kacang tanah dan cara mengatasinya yaitu dengan menyemprotkan Pestona.

  • Kumbang daun : kumbang daun akan memakan daun dan pucuk tumbuhan dan cara mengatasinya yaitu  dengan menyemprotkan Pestona

  • Penyakit layu : Penyakit ini disebabkan oleh basil Xantho, onas solanacearum sehingga mengakibatkan daun menjadi terkulai dan hasilnya mati, dan akan menciptakan akar tumbuhan menjadi busuk. Cara mengatasinya yaitu dengan pergiliran tanaman, memakai bibit varietas unggul dan unutuk pencegahannya sanggup memakai pupuk Natural Glio.

  • Penyakit sapu setan : Penyakit ini disesbabkan oleh virus Mycoplasma sehingga mengakibatkan bunga berubah warna menjadi hijau bau tanah dan berbentuk menyerupai daun kecil kecil, cabang dan ruas batang menjadi pendek serta adanya rimbunan daun daun kecil. Cara mengatasinya yaitu dengan mencabut tumbuhan kacang tanah dan memusnahkannya. Pembersihan terhadap tumbuhan inang serta melaksanakan penyemprotan Pestona atau Natural BVR.

  • Penyakit bercak daun  : Penyakit ini disebabkan oleh jamur Cercospora personata dan Cercospora arachidicola. Penyakit ini akan menjadikan bercak bercak pada batang dan daun, sehingga warnanya menjadi coklat dan hitam berukuran 1 s/d 5 cm.  Cara mengatasinya yaitu dengan menunjukkan Natural Glio pada masa tanam untuk pencegahannya.

  • Penyakit gapong : Penyakit ini disebabkan oleh Nematoda sehingga mengakibatkan polong menjadi kosong dan berakhir menjadi busuk. Cara mengatasinya yaitu dengan memakai nematosa untuk membasminya secara langsung.

  • Penyakit Scierotium : Penyakit yang disebabkan oleh Cendawan Scierotium yaitu mengakibatkan tumbuhan menjadi layu. Cara mengatasinya yaitu pada ketika menyirami tumbuhan kacang tanah jangan hingga menggenang, tumbuhan yang terjangkit penyakit tersebut segera dibakar. Pencegahannya sanggup dilakukan yaitu dengan memakai Natural Glio pada ketika awal masa tanam.

  • Penyakit karat : Penyakit ini disebabkan oleh cendawan Puccinia arachidis Speg, penyakit ini menjadikan bercak bercak berwarna coklat muda atau coklat menyerupai karat pada daunnya, dan daun akan gugur sebelum waktunya. Cara mengatasinya yaitu dengan mencabut secara eksklusif tumbuhan yang terjangkit kemudian kita bakar dan untuk pencegahannya sanggup memakai Natural Glio.


Cara menanam kacang tanah dan masa panennya


Cara menanam kacang tanah di pot merupakan salah satu cara menanam yang semakin populer  b Cara menanam kacang tanah di pot, panen bagus
Panen kacang tanah

Biasanya tumbuhan kacang tanah mulai sanggup dipanen sehabis tumbuhan kacang tanag berumur 3 hingga 4 bulan untuk yang umur pendek dan umur 5 hingga 6 bulan untuk umur panjang. Hal ini tergantung dari jenis kacang tanah yang kita tanam.


Berikut ciri ciri dari kacang tanah yang sudah sanggup kita panen yaitu :



  • Batang tumbuhan kacang tanah sudah mengeras

  • Daunnya sudah mulai menguning dan berguguran

  • Polong kacang tanah telah berisi penuh dan keras jikalau ditekan

  • Warna polong menjelma coklat kehitam hitaman


Demikianlan cara menanam kacang tanah di pot yang sanggup kita lakukan sendiri di rumah, dimana hasil panennya nanti sanggup kita konsumsi sendiri maupun sanggup kita budidayakan dengan menanam kacang tanah untuk tujuan bisnis.



Sumber https://kebunbelakang.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menanam Kacang Tanah Di Pot, Panen Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel