iklan

Bisnis Lada Perdu Dan Tips Menghasilkan Lada Hitam Putih

Peluang bisnis lada perdu dan Tips cara panen untuk menghasilkan lada hitam & putih ini merupakan artikel kelajutan dari teknik budidaya lada perdu yang telah kami bahas sebelumnya. Dimana tumbuhan lada perdu merupakan varietas unggul yang lebih efisien, irit alat, irit biaya produksi serta mempunyai produktivitas yang tinggi. Dan varietas ini juga tergolong gampang perawatanya.


Peluang bisnis lada perdu dan Tips cara panen untuk menghasilkan lada hitam  Bisnis Lada Perdu Dan Tips Menghasilkan Lada Hitam  Putih
Potensi bisnis lada perdu

Peluang Bisnis Lada Perdu


Pembahas mengenahi prospek bisnis dan potensi pasar lada bahu-membahu sudah sangat jelas. Jika Anda tinjau dari segi permintaan, Indonesia ialah salah satu Negara yang penghasil lada yang harusnya bisa memenuhi kebutuhan pasar dunia. Namun dalam faktanya dari total pemintaan yang mencapai 400 ribu ton lada, Indonesia gres bisa memproduksi 20% saja atau sekitar 80/90 ribu ton per tahun, belum dikurangi untuk pemenuhan lada dalam negri.


Jadi kurang lebih berkisar 80% kebutuhan lada belum sanggup terpenuhi. Permintaan lada dunia diperkirakan akan terus melonjak, artinya meskipun produksi diperbanyak  harga akan condong mengalami peningkata n terus. Hal ini diperkuat dengan harga kenaikan lada yang terjadi dari tahun ke tahun. Anda bisa lihat hingga ketika  ini harga lada mencapai Rp.180.000/kg, lebih dari 2 kali lipat dibanding 5 tahun lalu, yang hanya berkisar mencapai Rp. 80.000/kg.


Kepala Asosiasi Lada Indonesia Ibu Yuliani Widjaja, juga menyebutkan bahwa “Permintaan lada dunia akan mengalami kenaikan yang setabil, dengan rata-rata 5% per tahunya”. Dengan melihat potensi pasar tersebut kalau Anda ingin budidaya lada maka diperlukan keseriusan menekuni bisnis tersebut, alasannya ialah terang sangat menjanjikan. Vaietas lada perdu merupakan varietas yang sanggup Anda andalkan dengan produksi yang tinggi dengan sistem homogen produksinya akan jauh lebih besar.


Tips Panen Lada Perdu Untuk Menghasilkan Lada Hitam dan Lada Putih


Keunggulan lain dari budidaya lada perdu yaitu cepat produksi, akan tetapi Anda perlu memperhatikan teknik pemanen yang tepat, supaya tidak merusak tumbuhan dan kualitas biji lada yang dihasilkan, selain itu Anda juga harus memahami proses panen budidaya lada perdu apakah akan panen lada hitam atau lada putih.


Peluang bisnis lada perdu dan Tips cara panen untuk menghasilkan lada hitam  Bisnis Lada Perdu Dan Tips Menghasilkan Lada Hitam  Putih
Cara menghasilkan lada hitam dan lada putih

Teknik Panen Lada Perdu


Pada tahun pertama (12 bulan sesudah tanam) tananam lada akan berbuah dan berbunga, akan tetapi sebaiknya bunga dan buah yang terbentuk tersebut Anda buang, alasannya ialah tumbuhan masih dalam fase pertumbuhan, kalau Anda membiarkan hingga siap dipanen hal tersebut sama saja Anda merusak tumbuhan diawal, alasannya ialah tumbuhan belum cukup rimbun dan buah yang dihasilkan kurang sempurna.


Beda halnya ditahun ke dua, sesudah muncul bunga dan buah maka itulah buah lada pertama yang akan Anda nikmati jadinya dari budidaya lada perdu. Proses pembentukan bunga menjadi biji atau buah lada diperlukan waktu selama 9 bulan, hingga buah lada berwarna kuning kemerahan dengan tektur biji berbentuk bundar keras. Cara panen lada dilakukan dengan memetik bab tandan buah ibarat halnya pada buah arena atau kolang kaling. Anda harus memetik dengan hati-hati semoga buah tidak rontok dan kemudian dimasukan kedalam karung.


Namun untuk menghasilkan lada hitam dan lada putih, ada cara pemanenan tersendiri yang perlu Anda lakukan, sebagai berikut :


Lada Hitam


Jika Anda ingin menghasilkan panen berupa lada hitam, maka pemetikan dilakukan disaat buah lada berumur 8 bulan. Dengan ciri-ciri buah lada berwarna kehijauan hingga agak kekuningan dan biasanya sukar untuk dihancurkan dengan tangan. Pemetikan ini disebut sebagai buah masak petik yanag artinya ukuran buah normal dan cukup keras. Proses pemanen biasanya dilakukan dimusim kemarau secara bertahap, dengan memakai karung, kemudian dirontokan dan buah lada dijemur hingga kadar air mencapai 12% dan bermetamorfosis lada hitam.


Lada Putih


Sedangkan kalau Anda menghendaki panen lada putih, maka waktu panen dilakukan pada ketika buah berumur 9 bulan, dimana buah lada berwarna kuning hingga merah. Proses panen dilakukan dengan memetik buah lada yang dalam satu tandannya sudah mulai terlihat buah berwarna merah, kemudian dimasukan kedalam karung. Setelah itu biji lada direndam dengan air yang mengalir selama 10 hari. Setelah itu tiriskan dan bersihkan biji lada dari sisa-sisa kotoran yang masih meleklat hingga benar-benar bersih. Lakukan perendaman kembali pada air mengalir selama 2 hari dan keringkan hingga kadar air mencapai 12% dan menghasilakan lada putih yang mempunyai wangi menyengat.


Usaha Budidaya lada perdu merupakan salah satu peluang perjuangan yang bisa Anda coba. Tentunya untuk menjalakan bisnis lada perdu ini, Anda membutuhkan banyak sumber informasi, baik dari praktisi, panduan dan juga dari banyak sekali sumber lainya. Artikel mengenahi Tips Teknik Budidaya Lada Perdu Silahkan Anda: Baca disini, Untuk analisis bisnis lada perdu selama periode 5 tahun, kami akan kembali menghadirkan untuk Anda. Berikan komentar Anda kalau Anda ingin tahu lebih terang mengenahi bisnis lada perdu.




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bisnis Lada Perdu Dan Tips Menghasilkan Lada Hitam Putih"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel