iklan

Tips Sederhana Menanam Alpukat Miki Juaranya Buah Alpukat

Siapa sih yang tidak kenal dengan buah alpukat? Anda niscaya salah satu penggemar buah ini. Alpukat yaitu flora buah yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Alpukat sering dipakai sebagai adonan makanan ringan es. Baik itu es campur ataupun es buah. Budidaya alpukat ketika ini sudah banyak dilakukan oleh beberapa Negara. Salah satunya yaitu Indonesia. Bagaimana dengan alpukat miki? apakah Anda sudah mengetahui perihal buah alpukat ini?


Siapa sih yang tidak kenal dengan buah alpukat Tips Sederhana Menanam Alpukat Miki Juaranya Buah Alpukat
Alpukat Mentega / Miki

Dahulu alpukat sering dikenal dengan tumbuhan keras dengan masa berbuah yang sangat lama. Alpukat akan berbuah sekitar 7 tahun sehabis masa tanam. Akan tetapi kini ini ada varietas gres dari buah alpukat. Yaitu alpukat miki. Alpukat jenis ini mempunyai masa berbuah yang lebih singkat, sekitar 3 – 4 tahun. Selain mempunyai keunggulan cepat berbuah, alpukat miki tahan terhadap serangan ulat dan mempunyai tekstur daging buah yang tebal dan tanpa serat. Tanaman alpukat miki ini cocok dijadikan tumbuhan perkebunan ataupun tumbuhan pekarangan rumah.


Manfaat buah alpukat : Manfaat Buah Alpukat Untuk Anda Ibu Hamil. Baca Di Sini…


Alpukat miki merupakan varieras alpukat unggul dataran rendah. Alpukat miki ini dikembangkan oleh Pusat Kajian Buah – Buahan Tropika IPB. Penelitian dilakukan oleh Dr Sobir dibantu oleh beberapa teman – teman beliau. Alpukat miki mempunyai sifat genjah. Dengan ukuran buah yang besar dengan berat sanggup mencapai 400 – 600 gr perbuah. Tampilan daging buah alpukat miki tebal dan berwarna kuning. Memiliki rasa manis bebas getir. Buah alpukat ini tidak disukai oleh ulat pengganggu tanaman. Karena kulit buah yang keras dan susah ditembus oleh hama penganggu.


Bibit Alpukat Mentega Miki


Budidaya alpukat miki ini sangat gampang dilakukan. Hal pertama yang harus Anda pikirkan yaitu mengenai bibitnya. Untuk mendapat bibit alpukat ini sanggup Anda peroleh melalui okulasi. Okulasi yaitu cara terbaik untuk memperoleh bibit dengan sifat induk yang sama persis. Proses okulasi dilakukan dengan cara menyambung pucuk alpukat miki dengan tunas dari biji alpukat jenis lain. Proses penyambungan sanggup dilakukan ketika tunas berusia dua bulan atau dengan tinggi sekitar 50 cm. Atau sanggup juga dengan tehnik sambung pucuk.


Siapa sih yang tidak kenal dengan buah alpukat Tips Sederhana Menanam Alpukat Miki Juaranya Buah Alpukat
Sambung Pucuk

Perbanyakan buah alpukat : Tehnik Okulasi Untuk Budidaya Alpukat..


Budidaya Alpukat Miki


Ada beberapah hal yang harus Anda pertimbangkan dan perhatikan sebelum melaksanakan budidaya alpukat. Salah satunya yaitu mengenai daerah pertumbuhan tumbuhan alpukat. Alpukat miki sangat cocok ditanam di dataran tinggi. Dengan ketinggian maksimal sekitar 1.500 meter di atas permukaan laut. Hal lain yang harus Anda perhatikan yaitu pemupukan disaat tumbuhan ini muda. Tanaman alpukat muda harus dipupuk dengan memakai daun – daun yang berguguran atau sanggup juga memakai kompos semoga pertumbuhannya lebih cepat. Cepatnya pertumbuhan akan mempercepat juga kemungkinan tumbuhan alpukat untuk berbuah.


Jika Anda mempunyai luas lahan satu hektar maka Anda sanggup menanam kurang lebih sekitar 800 – 1.000 pohon alpukat. Tergantung dari jarak tanam yang telah Anda tentukan. Jarak tanam pada tumbuhan alpukat biasanya berbeda – beda mulai dari 2 x 2 m, 3 x 3 m, 5 x 5 m, hingga 10 x 10 m.


Untuk menghasilkan buah yang berkualitas anggun Anda harus memperhatikan proteksi pupuk yang cukup, cukup air, drainase yang baik dan penanganan ketika panen sangat memilih hasilnya. Ciri buah yang baik sanggup Anda lihat dari kulit yang tidak retak dan tidak mengeluarkan getah yang muncul pada ketika buah jatuh ketika panen. Dalam satu tahun pohon alpukat miki sanggup menghasilkan 100 hingga 500 buah. Buah alpukat miki dijual dalam beberapa kelas / grade. Tergantung dari tiap – tiap petani. 


Siapa sih yang tidak kenal dengan buah alpukat Tips Sederhana Menanam Alpukat Miki Juaranya Buah Alpukat
Bibit Alpukat

Cara Memelihara Tanaman Alpukat Miki


Ada beberapa tips dalam pemeliharaan alpukat miki. Antara lain yaitu penyiangan, penggemburan tanah, penyiraman, pemangkasan dan pemupukan. Kami akan menjelaskan kelima tips diatas.



  • Penyiangan merupakan hal yang harus sering dilakukan, sebab gulma yaitu tentangan dalam mendapat unsur hara tanaman. Gulma sanggup juga menjadi daerah bersarangnya penyakit dan hama. Lakukan penyiangan secara rutin.

  • Penggemburan tanah harus sering dilakukan sebab tanah yang setiap hari Anda siram usang kelamaan akan menjadi padat dan udara di dalamnya semakin sedikit, sehingga akar tumbuhan menjadi terhambat dalam perembesan unsur hara yang ada di dalam tanah. Untuk menghindari hal tersebut perlu menggemburkan tanah disekitar tanaman. Lakukan dengan perlahan semoga akar tumbuhan tidak putus.

  • Penyiraman perlu dilakukan setiap hari. Apalagi bibit tumbuhan yang gres membutuhkan banyak air untuk perkembangannya. Penyiraman tumbuhan alpukat baiknya dilakukan pada pagi dan sore hari. Jika hujan maka penyiraman tidak perlu dilakukan.

  • Pemangkasan tumbuhan perlu Anda lakukan pada cabang yang pertumbuhannya terlalu rapat atau ranting mati. Lakukan pemangkasan dengan perlahan semoga luka yang terjadi sewaktu pemangkasan tidak menjadikan nanah penyakit. Sebaiknya tutup luka bekas pemangkasan dan diberi fungisida.

  • Pemupukan hendaknya dilakukan dengan teratur. Sistem perakaran pada tumbuhan alpukat miki, khususnya rambut akarnya sangat sedikit dan pertumbuhan akar kurang ekstensif. Maka pupuk yang diberikan hendaknya dilakukan dengan kontinyuitas dengan takaran yang kecil. Jumlah pupuk yang Anda berikan sangat tergantung umur tumbuhan alpukat. Jika jadwal pemupukan dengan sistem tahunan maka pupuk yang dipakai yaitu pupuk urea ( 45% ), TSP ( 50% ), dan KCL ( 60% ). Pada tumbuhan dengan umur muda ( umur sekitar 1 – 4 tahun ) maka komposisi pupuk yaitu Urea 0,27 – 1,1 kg/pohon, TSP 0,5 – 1 kg/ pohon, dan KCL 0,2 – 0,83 kg/pohon. Sedangkan untuk tumbuhan umur produksi sekitar umur 3 – 4  tahun lebih diberikan Urea 2,22 – 3,55 kg/pohon, TSP 3,2 kg/pohon, dan KCL 4kg/pohon. Pemupukan sebaiknya Anda berikan 4 kali dalam setahun. Agar pemupukan lebih efisien maka pupuk sebaiknya diletakkan bersahabat dengan akar. Caranya dengan menanamkan pupuk ke dalam lubang. Lubang dengan kedalaman 30 – 40 cm. Lubang tersebut dibentuk persis di bawah tepi tajuk tumbuhan dengan bentuk melingkari tanaman.


Siapa sih yang tidak kenal dengan buah alpukat Tips Sederhana Menanam Alpukat Miki Juaranya Buah Alpukat
Tehnik Pemupukan Alpukat

Budidaya alpukat miki sangat gampang dilakukan. Tetapi Anda harus lakukan dengan telaten semoga hasil yang diinginkan sanggup tercapai. 


Manfaat lain dari buah alpokat : Manfaat Alpokat Menjaga Kulit Anda. Baca Di Sini…


Sumber gambar : facebook alpukat miki, dunia hijau,.


 




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Sederhana Menanam Alpukat Miki Juaranya Buah Alpukat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel