iklan

Pengusaha Wajib Tahu! Tujuan Akuntansi Untuk Ukm

Bisnis yang dijalankan dengan baik yakni bisnis yang tidak bisa dilepaskan dari akuntansi. Namun banyak pebisnis, terutama pelaku UKM yang tidak menerapkan sistem akuntansi pada perjuangan mereka. Banyak yang menganggap bahwa akuntansi belum perlu dilakukan kalau bisnis masih kecil, padahal akuntansi mempunyai tujuan tersendiri bagi UKM. Ada banyak tujuan akuntansi untuk UKM, pastinya akan menguntungkan bagi pelaku UKM.


Sebelumnya kita sudah pernah membahas mengenai tugas akuntansi bagi UKM. Selain peran, akuntansi juga mempunyai tujuan bagi UKM. Karena akuntansi bukan hanya berperan untuk perusahaan besar saja, melainkan juga sanggup dipakai untuk segala jenis perjuangan skala besar maupun skala kecil.


Namun seringkali pebisnis UKM mengabaikan akuntansi, padahal akuntansi mempunyai fungsi yang cukup banyak dan akan sangat membantu berjalannya perjuangan Anda. Tanpa menjalankan akuntansi, Anda akan sangat sulit melihat sudah sejauh mana perjuangan yang Anda miliki sudah berkembang.


Jika Anda mengetahui secara pasti, bahwa akuntansi mempunyai tugas penting untuk mengatasi problem yang dialami oleh pelaku UKM secara umum, yakni sulitnya mendapat susukan modal dari pemerintah. Hal ini disebabkan oleh pelaku UKM yang masih ‘buta’ terhadap akuntansi. Sehingga mereka tidak mempunyai kemampuan dalam membuat laporan keuangan.


Tujuan Akuntansi Untuk UKM


Mengetahui Keuntungan


Dengan menerapkan sistem akuntansi yang baik, Anda akan mengetahui jumlah keuntungan yang Anda dapatkan pada periode tertentu. Hal ini akan membantu Anda, bagaimana mengelola hasil keuntungan tersebut. Hal terpenting, jangan hingga keuntungan yang Anda dapatkan tersebut hanya dipakai untuk kepentingan pribadi.


Dengan santunan akuntansi, jumlah keuntungan yang Anda peroleh akan terlihat. Dan keuntungan diperoleh dari sumber perjuangan yang mana akan terlihat. Sehingga dengan proses akuntansi, Anda sanggup memilih banyak sekali taktik gres untuk membuatkan perjuangan dari hasil proses akuntansi tersebut.


Memiliki Rencana Keuangan


Adanya tujuan akuntansi untuk UKM, akan mendorong Anda untuk menciptakan rencana keuangan dan mempunyai rencana keuangan. Rencana keuangan akan bisa selalu dipantau dengan melihat kondisi keuangan yang ada. Sehingga apa yang ingin Anda lakukan ke depan akan terarah, mempunyai tujuan yang jelas, dan memudahkan Anda untuk fokus membuatkan perjuangan dari UKM menjadi perjuangan besar.


Mengetahui Arus Kas


Jangan fokus pada keuntungan saja, dikala Anda mempunyai keuntungan maka Anda harus lebih aktif utnuk mengatur arus kas perjuangan yang Anda miliki. Hal ini sering diabaikan oleh pelaku UKM. Karena mereka hanya memandang keuntungan saja, tanpa melihat hal lain dari sisi keuangan ibarat modal yang sudah dikeluarkan, utang yang dimiliki, dan persediaan barang.


Kesulitan yang sering timbul dari pelaku perjuangan yakni mengola arus kas. Padahal perjuangan yang dijalankan sudah mempunyai catatan akuntansi yang baik. Disinilah Anda sebagai pengusaha diperlukan pengetahuan mengenai arus kas.


Sebagai Sumber Informasi


Sumber infomasi dalam perjuangan bisa didapatkan dari catatan-catatan transaksi yang baik. Namun terkadang pemilik bisnis enggan mencatat setiap transaksi yang ada. Mungkin yang dicatat hanya transaksi masuk, namun untuk stok persediaan, transaksi keluar, dan uang keluar jarang sekali dilakukan pencatatan. Tujuan akuntansi untuk UKM sebagai sumber isu mengenai keadaan perjuangan dikala ini. Karena hampir setiap perjuangan tidak mempunyai sumber isu keuangan yang jelas.


Tujuan akuntansi juga bisa untuk melihat potensi perjuangan yang Anda miliki dan bagaimana mendapat keuntungan yang lebih besar, serta meningkatkan jumlah penjualan produk yang lebih baik lagi. Dan juga perubahan-perubahan yang ada pada sumber ekonomi.


Menyajikan Laporan Keuangan


Laporan keuangan yakni hasil final dari seluruh aktivitas akuntansi. Laporan inilah yang mempunyai tugas penting menginformasikan kondisi dan posisi keuangan perjuangan yang Anda miliki. Tanpa mempunyai laporan keuangan, maka Anda akan sangat sulit mengakses sumber dana yang diberikan oleh pemerintah. Inilah tujuan akuntansi untuk UKM yang harus diketahui oleh pelaku UKM.


Laporan keuangan sangat jarang dimiliki oleh para pelaku UKM, hal ini disebabkan pelaku UKM yang tidak memahami cara menciptakan laporan tersebut. Namun, sekarang Anda bisa menciptakan laporan keuangan dengan mudah, yakni memakai software akuntansi online ibarat Accurate Online (AOL). AOL akan membantu Anda sebagai pelaku UKM untuk menciptakan laporan keuangan yang bisa dilakukan dari smartphone Anda.


Sehingga kita mengetahui tujuan akuntansi pada UKM milik Anda. Tanpa adanya akuntansi, maka UKM milik Anda akan sangat sulit dalam membuatkan perjuangan yang Anda jalankan dan melihat keuntungan serta kerugian yang dialami. Karena tidak adanya isu keuangan mengenai keuangan yang Anda jalankan.


Tujuan akuntansi untuk UKM selanjutnya sanggup dipakai sebagai ajaran untuk diberikan kepada pihak eksternal perusahaan ibarat investor dan pemerintah. Hal ini dilakukan supaya UKM yang Anda jalankan bisa gampang dalam mendapat suntikan modal perjuangan yang lebih banyak lagi untuk membuatkan perjuangan yang Anda miliki.



Sumber http://solusiukm.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengusaha Wajib Tahu! Tujuan Akuntansi Untuk Ukm"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel