iklan

Komputerisasi Akuntansi Pada Ukm Yang Masih Jarang Dilakukan Di Indonesia

Perkembangan teknologi warta ketika ini sudah menghipnotis semua bidang, termasuk pada bidang akuntansi. Hampir seluruh perusahaan, ketika ini sudah memulai memakai teknologi akuntansi untuk pencatatan semua data keuangan. Tentunya dengan kehadiran teknologi warta cukup membantu perusahaan. Lalu bagaimana komputerisasi akuntansi pada UKM?


Sepertinya UKM di Indonesia belum mau memulai memakai teknologi warta untuk mengolah data keuangan mereka. Para pelaku UKM berpikir bahwa penggunaan teknologi dalam akuntansi hanya meribetkan mereka, dan sebagian besar dari pelaku UKM, mungkin, tidak melek dalam teknologi. Sehingga masih banyak UKM yang tidak memakai teknologi dalam mengolah data keuangan dalam bisnis mereka.


Mengapa UKM Belum Mau Menggunakan Teknologi Akuntansi?


Enggan Belajar Menggunakan Teknologi


Sebagian besar pelaku UKM yang ada di Indonesia bukanlah generasi milennial yang melek teknologi. Sehingga tidak terlalu tertarik dalam penggunaan teknologi dalam perjuangan mereka, ibarat komputerisasi akuntansi. Sehingga sangat sulit untuk menerapkan teknologi kepada pelaku UKM untuk beralih kepada pengguna komputerisasi untuk bisnis. Seharusnya dalam mengelola akuntansi, mereka sanggup beralih untuk memanfaatkan teknologi akuntansi yang sudah cukup berkembang ketika ini.


Belum Perlu


Banyak pengusaha UKM yang merasa mereka belum memerlukan teknologi keuangan untuk bisnis yang mereka jalankan. Karena, mereka menganggap bisnis yang mereka kelola belum begitu besar, sehingga semua masih sanggup ditangani dengan manual. Hal ini yang menjadi hambatan mengapa banyak pelaku UKM yang belum mau memakai teknologi.


Memerlukan Budget yang Besar


Permasalahan lain yang sering ditemukan mengapa komputerisasi akuntansi masih jarang dilakukan di Indonesia oleh para pelaku UKM yaitu problem budgeting. Pelaku UKM merasa, bahwa budget yang dikeluarkan untuk pengalihan dari manual ke teknologi memerlukan budget yang cukup besar. Terlebih, mereka juga merasa bahwa UKM yang mereka bangkit belum mempunyai laba yang cukup besar, sehingga menyulitkan mereka dalam pengalihan teknologi tersebut.


Ketiga alasan tersebut mungkin menjadi alasan mengapa pelaku UKM masih jarang memakai teknologi keuangan untuk menjalankan bisnis mereka. Disinilah pemerintah wajib melaksanakan pendampingan biar UKM mau merubah haluan mereka dari manual untuk memakai teknologi.


Padahal, bila pelaku UKM melihat potensi perkembangan teknologi yang ada selama ini, maka mereka akan mendapat beberapa laba yang cukup signifikan. Karena terdapat banyak manfaat yang sanggup diperoleh oleh pelaku UKM dalam mengelola keuangan memakai teknologi.


Keuntungan Komputerisasi Akuntansi


Ada banyak sekali laba yang sanggup didapatkan oleh para pelaku UKM dengan mengalihkan pengolahan keuangan mereka ke komputer. Salah satunya dengan penggunaan software akuntansi yang cukup banyak di Indonesia. Dalam memakai software akuntansi ini, ada banyak sekali pilihan biar software sanggup menjadi hal membantu para pelaku UKM.


Posisi Keuangan Terlihat


Keuntungan yang sanggup diperoleh dari penggunaan teknologi warta sanggup memudahkan Anda sebagai pelaku UKM untuk melihat diposisi mana keuangan perjuangan Anda. Apakah sedang dalam keadaan rugi atau sedang dalam keadaan untung. Hal inilah yang menjadi keunggulan dari teknologi keuangan yang ada ketika ini.


Karena software akuntansi, ibarat Accurate, software akuntansi yang cukup terkenal di Indonesia tersebut, sanggup menggambarkan posisi ibarat apa keuangan UKM Anda ketika ini, sesudah Anda memasukan transaksi yang terjadi selama periode tertentu dalam perjuangan milik Anda. Hal ini lah yang akan memudahkan pekerjaan Anda ketika ingin memantau kondisi keuangan.


Data Keuangan Dapat Dipantau


Salah satu laba lain yang sanggup diperoleh dari mengolah data keuangan mengunakan komputerisasi yaitu sanggup dipantau secara real time. Inilah salah satu laba yang sanggup Anda peroleh dari pengunaan sistem komputerisasi akuntansi.


Jika Anda melakukanya secara manual, sudah niscaya Anda harus bolak balik ke kantor untuk melihat data keuangan perjuangan Anda. Ataupun Anda harus membawa tumpukan kertas tersebut ke rumah untuk memantau data keuangan Anda.


Tentunya hal tersebut sangat merepotkan Anda. Dengan memakai Accurate apa lagi bila Anda memakai Accurate online (AOL), Anda sanggup mengakses dengan smartphone milik Anda. Meskipun Anda tidak sedang di daerah usaha, namun Anda tetap sanggup melihat data keuangan perjuangan yang sudah di update oleh pegawai Anda.


Irit Biaya & Sebagi Investasi Masa Depan


Dengan penggunaan software akuntansi, Anda sanggup mengirit biaya perjuangan dan sebagai investasi teknologi untuk masa depan. Apa lagi bila Anda memakai software Accurate, merupakan satu-satunya software akuntansi yang menunjukkan harga murah dengan fitur premium yang cocok untuk UKM.


Dengan penggunaan komputerisasi dalam sistem akuntansi, bergotong-royong cukup mengirit biaya. Karena Anda tidak perlu membeli kertas, tinta printer, dan menyewa jasa akuntan. Bahkan software Accurate sanggup Anda pelajari dengan mudah, meskipun Anda tidak mempunyai pengetahuan dalam bidang akuntansi sehingga sangat menekan budget.


Dengan laba tersebut, maka Anda sanggup mulai beralih dari sistem manual ke sistem komputerisasi akuntansi biar Anda sanggup lebih gampang dalam mengolah data keuangan perusahaan dan memajukan perjuangan Anda.



Sumber http://solusiukm.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Komputerisasi Akuntansi Pada Ukm Yang Masih Jarang Dilakukan Di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel