iklan

Ini Skill Yang Wajib Dimiliki Pengusaha!

Anda sudah memulai menjalankan sebuah usaha? Jika sudah, maka banyak pelajaran gres yang harus Anda pelajari. Baik dari segi marketing, meningkatkan profit, dan keuntungan pada perjuangan Anda. Selain itu, yang tidak kalah penting dan dilarang terlupakan yaitu mempelajari akuntansi dasar. Hal ini penting, alasannya yaitu setiap bisnis tidak terlepas dari akuntansi dasar.


Akuntansi selalu berkaitan dengan keuangan pada bisnis yang Anda jalankan. Untuk itu, sebagai pengusaha Anda wajib mengetahui dasar-dasar akuntansi, biar bisnis yang Anda jalankan sanggup berjalan lancar, dan sanggup mempunyai keuangan yang teratur. Salah dalam pengelolaan keuangan, maka akan fatal terhadap perjuangan yang Anda jalankan.


Akuntansi yaitu salah satu seni dalam mencatat, mengklarifikasi, mengolah, serta menciptakan ringkasan serta menyajikan laporan keuangan. Hasil selesai dari setiap kegiatan akuntansi yakni pembuatan laporan keuangan. Laporan ini akan menjadi alat penilaian bisnis Anda.


Akuntansi Dasar yang Harus Dikuasai Pebisnis


Tidak semua pebisnis terlahir dengan mempunyai pengetahuan akuntansi yang baik. Ada dari mereka yang lebih menyerahkan duduk kasus akuntansi kepada orang lain, dan si pemilik perjuangan hanya memikirkan bagaimana perjuangan sanggup terus jalan dan berkembang.


Namun, untuk menjadi seorang profesional, Anda diharuskan menguasai bidang dasar akuntansi untuk memantau perkembangan laju bisnis Anda. Berikut hal-hal dasar akuntansi yang wajib Anda ketahui.


Penamaan Akun


Hal dasar yang harus Anda ketahui pertama kali yaitu akun. Akun dalam akuntansi yaitu suatu alat yang dipakai untuk mencatat dan menggolongkan setiap transaksi. Akun ini sangat penting untuk menggolongkan setiap transaksi yang terjadi dalam bisnis.


Transaksi harus dipisahkan. Pertama transaksi debit dan transaksi kredit. Kedua hal tersebut harus dipisahkan oleh sesuai pada akunnya masing-masing. Misal Anda membeli barang dari supplier, bagaimana Anda membayarkannya, apakah debit (cash) atau kredit.


Buat Laporan Dasar


Setelah memahami apa itu akun, maka Anda harus mempelajari wacana laporan. Dalam akuntansi dasar untuk bisnis yang masih dalam tahap berkembang dan transaksi belum begitu banyak, maka Anda cukup memahami tiga laporan dasar.


Ada tiga jenis laporan yang harus diketahui pengusaha pemula, yaitu:


Laporan Neraca


Laporan Neraca yaitu dasarakuntansi yang wajib diketahui oleh para pengusaha. Laporan ini berkhasiat untuk mengetahui bagaimana posisi keuangan bisnis Anda. Selain itu, dalam laporan neraca akan terlihat asset, hutang, dan modal yang dimiliki oleh perjuangan Anda dalam periode tertentu. Dengan adanya laporan ini, maka Anda sanggup mengetahui bagaimana posisi keuangan bisnis Anda.


Laporan Arus Kas


Laporan ini menerangkan bagaimana aliran keuangan masuk dan keluar digambarkan dalam periode tertentu. Dalam laporan ini berisi mengenai dana yang dipakai untuk operasional, dan biaya yang dikeluarkan untuk marketing atau sebagainya.


Laporan Laba Rugi


Mungkin dalam akuntansi dasar, laporan keuntungan rugi yaitu hal yang paling penting dan fundamental yang harus dikuasai oleh pebisnis. Karena sebagai pengusaha Anda harus mempunyai laporan keuntungan dan rugi untuk mengetahui berapa keuntungan dan rugi yang Anda peroleh dalam periode tertentu.


Jurnal


Jurnal bahwasanya menjadi hal yang paling fundamental yang harus dipelajari oleh para pengusaha pemula. Jurnal merupakan catatan pertama yang harus masuk dalam setiap catatan-catatan transaksi yang terjadi setiap hari.


Jika ada yang melaksanakan pembelian, maka pembelian produk tersebut harus masuk dalam catatan dalam jurnal. Setelah dikelompokan, maka setiap catatan tersebut akan dimasukan ke dalam buku besar sebelum menjadi laporan keuangan.


Apa yang Harus Dilakukan Jika Belum Mengerti ?


Sudah mempelajari tiga hal dasar tersebut, kalau Anda masih juga resah apa yang harus Anda lakukan? Tak perlu khawatir, dikala ini sudah cukup banyak cara untuk berguru bagaimana Anda sanggup mendapat ilmu gres secara mudah. Seperti melalui internet, orang lain, dan membaca buku.


Belajar Dari Buku


Anda sanggup mempelajari akuntansi dasar dari buku-buku yang sudah tersedia. Beli saja dua sampai tiga buku wacana dasar akuntansi untuk Anda pelajari. Buku yaitu cara berguru yang paling efektif untuk Anda lakukan dengan mudah.


Bertanya & Belajar Kepada Ahlinya


Jika dengan buku, Anda tidak juga paham. Maka cara selanjutnya yang sanggup dilakukan yaitu dengan bertanya kepada para ahli. Anda sanggup berguru dari teman-teman yang memang sudah mahir dan mempunyai latar belakang pendidikan akuntansi. Sehingga Anda sanggup berguru dari mereka.


Menggunakan Software Akuntansi


Jika Anda sudah berguru namun masih kesulitan dalam menyusun setiap laporan dan jurnal akuntansi, maka sebaiknya Anda memakai software akuntansi untuk menyusun laporan dan jurnal biar lebih akurat. Salah satu software akuntansi yang sanggup Anda gunakan yaitu Accurate Online (AOL). Terlebih AOL sangat cocok dipakai sebagai software akuntansi bagi UKM Di Indonesia alasannya yaitu di dalamnya terdapat fitur-fitur yang user friendly sehingga gampang dipakai oleh orang awam sekalipun.



Sumber http://solusiukm.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ini Skill Yang Wajib Dimiliki Pengusaha!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel