iklan

Cara Budidaya Jagung Bagus Dengan Sempurna Sesuai Dengan Tekniknya

Cara Budidaya Jagung Manis Dengan Tepat Sesuai Dengan Tekniknya


Sedulurtani.com Jagung merupakan salah satu masakan pokok yang mempunyai potensi cukup tinggi untuk dibudidayakan, terutama yaitu jagung manis. Baca juga : Klasifikasi dan Mofologi Lengkap Tanaman Jagung Manis


Lain halnya dengan jagung biasa yang dipanen ketika sudah tua, jagung cantik pada umumnya dipanen ketika bijinya masih muda.


Dimana jagung cantik biasa dijual dalam bentuk jagung bakar, rebus, maupun dijadikan serut jagung. Oleh alasannya ialah itu, jagung cantik harus dipanen dalam keadaan muda.


Sementara itu, di Indonesia jagung manis pada awalnya dikenal sebagai produk impor dalam bentuk kemasan kaleng. Tanaman jagung manis mulai diusahakan secara komersil semenjak tahun 1980.


Hingga dikala ini, produksi jagung semakin meluas seiring berdirinya swalayan-swalayan yang menampung  produksi tersebut.


Akan tetapi untuk mendapat produk jagung manis yang berkualitas dan bisa bersaing, maka dibutuhkan pengetahuan mencakup syarat tumbuh dan juga teknik budidayanya.


Dengan mengetahui hal tersebut maka diharapkan budidaya jagung manis yang dilakukan akan berhasil dan mendapat produk berkualitas. Sehingga secara tidak eksklusif hal tersebut akan sanggup menaikan nilai jual jagung yang kita budidayakan.


Pada pertemuan kali ini Sedulurtani.com ingin menyebarkan isu terkait, Cara Budidaya Jagung Manis Dengan Tepat Sesuai Dengan Tekniknya. Berikut ini ialah tahapan-tahapan dari budidaya jagung manis.


Cara Budidaya Jagung Manis Dengan Tepat Sesuai Dengan Tekniknya Cara Budidaya Jagung Manis Dengan Tepat Sesuai Dengan Tekniknya
Cara Budidaya Jagung Manis Dengan Tepat Sesuai Dengan Tekniknya


1. Syarat Tumbuh


Sama halnya dengan tumbuhan lain bahwa langkah pertama dalam melaksanakan budidaya jagung manis, yaitu kita harus tahu syarat tumbuh dari tumbuhan tersebut. Dimana jagung cantik akan berproduksi dengan baik apabila kondisi lingkungannya cocok dengan syarat tumbuhnya.


Tanaman jagung manis cocok dibudidayakan pada jenis tanah lempung berpasir, lempung berliat, ataupun tanah gambut. Selain itu juga sanggup dibudidayakan pada jenis tanah banyak mengandung materi organik.


Tanaman jagung agak toleran terhadap asam dan basa, dimana keasaman tanah yang idelal untuk budidaya jagung, yaitu pada pH 5-8. Akan tetapi pH optimum untuk budidaya tumbuhan jagung antara 6-7.


Budidaya Jagung manis menghendaki suplay air yang cukup selama animo tanam. Suplay air yang berlebihan sehingga menciptakan lahan dalam kondisi tergenang akan membawa dampak jelek terhadap pertumbuhan tanaman.


Cekaman air pada tumbuhan jagung cantik sanggup mengakibatkan penyakit amis tongkol, menghambat pertumbuhan tongkol, dan menurunkan tinggi tanaman.


Sementara itu, selain tanah hal yang perlu diperhatikan terkait syarat tumbuh tumbuhan jagung cantik ialah iklim yang sesuai. Tanaman jagung manis sanggup menyesuaikan diri dengan baik pada daerah beriklim hangat, akan tetapi tidak sesuai pada iklim tropis basah.


Tanaman jagung manis sangat cocok apabila dibudidayakan pada daerah yang mempunyai ketinggian 0-900 mdpl. Ketinggian juga kuat terhadap umur panen tumbuhan jagung manis. Dimana semakin tinggi tempatnya maka umur panenya pun akan semakin panjang.


Sebagai rujukan tanaman jagung yang ditanaman pada lahan dengan ketinggian 10-30 mdpl mempunyai umur panen sekitar 60-62 hari. Sedangkan jagung cantik yang ditanam pada ketinggian  700-900 mdpl mempunyai umur panen antara 75-90 hari.


Selain ketinggian, umur panen jagung cantik juga dipengaruhi oleh suhu. Jagung cantik sanggup diusahakan pada kondisi lingkungan dengan suhu antara 16-35oC .


Akan tetapi, suhu udara yang optimum untuk pertumbuhan jagung manis, yaitu 21-30oC. Sedangkan suhu tanah yang optimum untuk perkecambahan biji antara 21-27oC.


2. Persiapan Benih


Seperti yang kita ketahui bahwa jagung manis merupakan jagung bibit unggul (antara jagung tipe flint dan tipe dent). Oleh alasannya ialah itu biji dari pertanaman jagung cantik tidak bisa dipakai sebagai benih untuk ditanam kembali.


Di Indonesia telah banyak hibrid jagung cantik yang mempunyai kualitas tinggi. Seperti halnya, Bonanza, Bright Jean, Honey Jean, Sugar 73, Sugar 75, Super Sweet, dan Sweet Boy 02.


Bentuk biji jagung manis berbeda dengan jagung biasa, dimana bijinya keriput dan mempunyai berat lebih ringan dibanding jagung biasa.


Bibit bibit unggul secara umum sanggup menghasilkan tumbuhan yang lebih kekar dan produksinya lebih tinggi jikalau dibandingkan benih yang konvensional. Sebelum ditanam benih sanggup diberikan perlakuan fungisisda terlebih dahulu agar resisten terhadap penyakit.


3. Persiapan Lahan


Sebelum melaksanakan persiapan lahan untuk budidaya jagung pastikan bahwa lahan sebelumnya tidak ditanami tumbuhan dari famili yang sama yaitu Poaceae.


Untuk menjaga kemurnian benih yang dihasilkan maka hendaknya lahan harus bebas dari tumbuhan jagung varietas lain (diisolasi). Hal tersebut dikarenakan jagung mempunyai presentase penyerbukan silang yang sangat tinggi.


Isolasi sanggup dilakukan dengan dua cara, yaitu isolasi waktu dan isolasi jarak. Dimana isolasi waktu dilakukan dengan membedakan waktu tanam jagung cantik dengan varietas lain, paling tidak 30 hari.


Sedangkan isolasi jarak sanggup dilakukan dengan cara memisakkan jagung cantik dengan varietas lain paling tidak sejauh 400m.


Persiapan lahan diawali dengan membersihkan lahan dari sisa-sisa tumbuhan dan juga gulma serta sampah-sampah menyerupai plastik. Baru lalu tanah digemburkan dengan cara dicangkul sedalam 25-30 cm sambil  dibentuk bedengan.


Usahakan bedengan dibentuk dengan arah utara-selatan agar terkena sinar matahari secara merata.


Lebar bedengan, yaitu 1 m dengan tinggi 25-30 cm dan panjang menyesuaikan kondisi lahan. Buat jarak antar bedengan sekitar 30-50 cm, dan setiap bedengan terdiri dari 2 larik tanaman.


Jika tanah dalam kondisi asam maka perlu dilakukan pengapuran memakai dolomit untuk menaikan pH agar optimum. Pengapuran sanggup dilakukan setiap 4 tahun sekali dengan takaran yang tergantung dari keasaman tanah.


Akan tetapi secara umum takaran 1,5ton ha-1 sudah cukup untuk menaikan pH menjadi optimum dalam budidaya jagung manis.


4. Penanaman


Penanaman jagung manis sanggup dilakukan secara eksklusif pada lahan dengan cara ditugal sedalam 2½- 5cm. Pada setiap lubang ditanam 2-3 biji jagung cantik lalu ditutup kembali memakai tanah.


Jarak tanam jagung manis bervariasi tergantung dari kesuburan tanah. Akan tetapi pada umumnya jarak tanam jagung cantik yang dianjurkan yaitu 25cm x 75cm. Selain itu tanam juga 5% dari benih yang ditanam untuk dipakai sebagai bibit cadangan dalam penyulaman.


5. Pemupukan


Pemberian pupuk sangkar dilakukan bersamaan dengan pengolahan lahan, paling tidak 1 ahad sebelum tanam. Pupuk sangkar yang diberikan sanggup berupa kotoran unggas yang mempunyai kandungan N cukup tinggi, ataupun rumansia.


Selain menyediakan materi organik, pupuk sangkar mempunyai kemampuan yang baik didalam memperbaiki struktur tanah.


Jagung merupakan tumbuhan yang menghendaki pemupukan yang tinggi. Oleh alasannya ialah itu pada jenis tanah-tanah berat dibutuhkan pupuk N sebanyak 110-120 kg ha-1.


Pupuk N ini diberikan secara sedikit demi sedikit agar ketersediaan pupuk sepanjang pertumbuhan tetap terjamin.


Pada pemupukan awal dikala tanam 1/3 bab dan sehabis tumbuhan berumur 4-5 ahad 2/3 bagian. Sementara itu, tawaran pemupukan untuk fospor ialah 45-112kg ha-1 dan kalium 60 kg ha-1.


Pupuk ini diberikan dalam alur antar barisan dengan kedalaman sekitar 5-10 cm agar tidak gampang menguap. Selain itu jarak pemupukan sekitar 15 cm dari tanaman.


6. Pemeliharaan


Dalam melaksanakan budidaya jagung cantik tindakan penyiangan perlu dilakukan dengan cara membersihkan gulma dan sisa-sisa tumbuhan yang menjadi inang dari patogen maupun penyakit.


Selain itu penyiraman juga perlu dilakukan apabila keadaan lahan kering. Akan tetapi jikalau kondisi lahan tergenang alasannya ialah curah hujan yang tinggi, maka perlu diperbaiki agar lahan tidak tergenang air.


Kemudian pembumbunan juga perlu dilakukan yaitu dengan cara menaikan tanah pada bab perakaran dipangkal batang. Pembumbunan ini bertujuan untuk memperkokoh tumbuhnya batang tumbuhan jagung manis.


Baca juga :



Demikian artikel tentang, Cara Budidaya Jagung Manis Dengan Tepat Sesuai Dengan Tekniknya. Semoga sanggup menjadi referensi bagi anda yang ingin melaksanakan budidaya jagung manis.

Follow juga Facebook saya di Facebook




Sumber https://www.sedulurtani.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Budidaya Jagung Bagus Dengan Sempurna Sesuai Dengan Tekniknya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel